home

Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

3 Cara Mudah Mengeluarkan Permen Karet yang Tertelan

3 Cara Mudah Mengeluarkan Permen Karet yang Tertelan

Mengunyah permen karet jadi aktivitas selingan favorit bagi kebanyakan orang untuk mengusir ngantuk. Lainnya mungkin memilih mengunyah permen karet untuk menghilangkan ngidam rokok atau mencegah asam lambung naik. Namun, apa jadinya jika permen karet justru tertelan utuh-utuh? Adakah cara mengeluarkannya?

Bahayakah jika permen karet tertelan?

Selama ini Anda mungkin beranggapan bahwa permen karet yang tertelan akan melekat dalam perut selama-lamanya. Semakin sering menelan permen karet, akan semakin banyak yang melekat dan menumpuk sehingga akhirnya menutupi lambung. Hiiiyyy… Seram, ya?

Padahal, kenyataannya tidak seperti itu. Permen karet memang tidak bisa dipecah dan dicerna oleh tubuh seperti nasi, namun tetap bisa dikeluarkan.

Ketika Anda menelannya, permen karet akan ikut bergerak dari lambung menuju usus seperti makanan lainnya namun tetap dalam bentuk utuh. Di dalam usus, permen karet utuh tersebut akan bergabung bersama feses, dan akhirnya dibuang ke luar melalui anus saat Anda BAB.

Cara mudah mengeluarkan permen karet yang tertelan

obat pencahar untuk anak sembelit

Setelah membaca penjelasan di atas, tidak perlu lagi takut membayangkan perut Anda akan lengket dan tertutupi oleh permen karet. Permen karet yang tertelan bisa saja dikeluarkan, tapi mungkin butuh waktu lebih lama daripada makanan biasa.

Umumnya permen karet bisa keluar dengan cara alami sekitar 1-4 hari setelah tertelan (bukan 7 tahun seperti apa kata rumor yang beredar di masyarakat). Namun adakah cara mempercepatnya?

1. Banyak minum air putih

Banyak-banyaklah minum air putih untuk memperlancar BAB agar permen karet yang tertelan bisa cepat keluar. Namun, sebisa mungkin hindari minuman berkafein seperti kopi dan minuman energi yang justru dapat membuat sembelit.

2. Banyak makan buah dan sayur

Pilihlah makanan yang tidak menyebabkan Anda sembelit, misalnya buah, sayur, dan biji-bijian utuh yang tinggi serat. Asupan serat bisa membantu melancarkan pencernaan.

Beberapa makanan yang dapat Anda konsumsi untuk memperlancar buang air besar adalah alpukat, apel, pir, pisang, brokoli, wortel, bayam, kacang merah, oat, yogurt, dan beras merah.

Alternatifnya, Anda bisa minum jus buah atau jus sayuran murni tanpa gula (bisa diganti dengan pemanis alami seperti madu atau ekstrak vanila).

3. Olahraga

Semakin Anda rutin olahraga, semakin lancar peredaran darah dalam tubuh termasuk ke sistem pencernaan. Jika sirkulasi darah dalam sistem pencernaan lancar, maka lambung semakin memperbanyak produksi enzim pencernaan. Usus pun akan lebih mudah berkontraksi menggerakkan feses hingga ke anus untuk dibuang.

Selain itu, rutin olahraga juga membantu tubuh mengendalikan produksi hormon progesteron yang dapat memicu sembelit. Penurunan kadar hormon progesteron dapat membantu melancarkan pergerakan makanan dalam usus Anda.

Anda bisa coba olahraga kardio yang mudah seperti jalan cepat 30 menit, jogging, berenang, hingga yoga.

Bagaimana jika tidak keluar juga?

Sangat jarang permen karet gagal keluar secara alami. Jika susah dikeluarkan, Anda mungkin bisa “membantu” memperlancar BAB dengan minum obat pencahar.

Meski begitu tercatat pada kasus langka bahwa permen karet yang tertelan bisa menyebabkan saluran pencernaan tersumbat.

Gejala-gejala yang mungkin muncul jika Anda mengalami penyumbatan usus adalah:

  • Sembelit kronis, disertai sakit kram perut yang sering muncul
  • Tidak bisa buang angin
  • Tidak merasa lapar
  • Muntah-muntah
  • Mungkin terjadi pembengkakan pada perut

Penyumbatan usus akibat menelan permen karet mungkin saja terjadi jika Anda memang sejak awal sedang sembelit, permen karet yang tertelan cukup banyak, atau ditelan bersamaan dengan makanan lain yang sulit dicerna.

Jika Anda mengalami gejala penyumbatan usus, segera pergi ke dokter. Pada tahap ini dokter mungkin akan merekomendasikan tindakan pembedahan untuk mengangkat permen karet dan benda lainnya yang menyebabkan penyumbatan di perut. Namun,prosedur ini akan dilakukan jika kondisi tubuh Anda cukup sehat.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

What happens if you swallow gum? https://www.healthline.com/health/swallowed-gum. Accessed on December 13, 2018.

My 6-year-old daughter accidentally swallowed a wad of chewing gum. Should I be concerned? https://www.mayoclinic.org/digestive-system/expert-answers/faq-20058446.  Accessed on December 13, 2018.

Bowel Obstruction: What is it and how is it treated? https://www.webmd.com/digestive-disorders/what-is-bowel-obstruction#1. Accessed on December 13, 2018.

Fact or Fiction?: Chewing Gum Takes Seven Years to Digest. https://www.scientificamerican.com/article/fact-or-fiction-chewing-gum-takes-seven-years-to-digest/. Accessed on December 13, 2018.

 

 

Foto Penulis
Ditulis oleh Aprinda Puji Diperbarui 25/12/2018
Ditinjau oleh dr. Yusra Firdaus