10 Makanan yang Dapat Memperkuat Memori

Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 10 November 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Otak merupakan bagian tubuh terpenting karena fungsi vital tubuh, seperti bernapas, memonitor tekanan darah, hingga pelepasan hormon dikendalikan melalui otak. Namun sayangnya, otak Anda ternyata tidak bisa melawan proses alamiah tubuh manusia, yaitu proses penuaan. Terlebih, semakin bertambah usia Anda, maka akan semakin menurun kemampuan otak.

Salah satu penyakit yang sering dialami seseorang karena faktor usia adalah Alzheimer yang merupakan kondisi kelainan yang ditandai dengan penurunan daya ingat, penurunan kemampuan berpikir dan berbicara, serta perubahan perilaku pada penderita akibat gangguan di dalam otak yang sifatnya progresif atau perlahan-lahan.

Kabar baiknya adalah National Institutes of Health telah menemukan bukti bahwa makanan, diet, atau gaya hidup dapat mencegah penyakit Alzheimer.

Oleh karena itu, berikut adalah makanan yang dapat mempertajam otak untuk mencegah terjadinya penurunan daya ingat akibat faktor usia:

1. Blueberry

Blueberry mengandung antioksidan yang dapat berfungsi dalam melawan radikal bebas dan mencegah kerusakan otak. Buah ini juga dapat berfungsi dalam meningkatkan memori otak, serta menghentikan perlambatan fungsi motorik, keseimbangan dan koordinasi. Bahkan, studi terbaru menemukan bahwa blueberry, stroberi, dan buah acai dapat membantu Anda dalam mencegah dan memperlambat penurunan fungsi kognitif akibat faktor usia.

2. Kopi

Tanpa Anda sadari, kopi telah terbukti dalam meningkatkan memori otak. Bahkan, konsumsi kopi dalam jangka waktu yang panjang telah dikaitkan dengan penurunan risiko Alzheimer. Namun yang perlu menjadi catatan adalah, konsumsi kopi akan baik untuk otak Anda asalkan Anda tidak meminumnya secara berlebihan, dan tidak memakai gula.

3. Kacang tanah dan selai kacang

Meskipun keduanya tinggi lemak, kacang tanah dan selai kacang termasuk dalam sumber makanan yang mengandung lemak sehat, terlebih di dalamnya terdapat kandungan vitamin E yang dapat mencegah kehilangan memori. Kedua makanan tersebut dapat membantu menjaga jantung dan otak Anda agar tetap sehat dan berfungsi dengan optimal. Jangan lupa pilih selai kacang tanpa gula, ya.

4. Ikan

Salmon, mackerel, tuna, dan ikan lainnya ternyata kaya akan asam lemak omega-3 yang dapat mempertajam memori, dan juga asam docosahexaenoic (DHA) yang sangat penting untuk fungsi normal dari neuron.

5. Alpukat

Salah satu buah yang mengandung lemak sehat adalah alpukat. Selain itu, alpukat juga dapat membantu aliran darah berjalan lancar sampai ke otak, mengurangi tekanan darah tinggi dan membantu jantung tetap sehat. Sebuah studi juga telah menemukan bahwa makanan yang kaya akan vitamin E, termasuk alpukat dapat menurunkan risiko terkena Alzheimer.

6. Biji-bijian

Biji-bijian, termasuk biji bunga matahari, mengandung vitamin E yang dapat meningkatkan kinerja otak. Selain itu, biji rami dan labu biji labu mengandung zinc, yang membantu Anda berpikir jernih dan meningkatkan memori otak.

7. Sayuran berdaun hijau tua

Bayam dan brokoli merupakan sumber vitamin E dan asam folat yang baik untuk dikonsumsi dalam meningkatkan memori otak. Namun meskipun asam folat baik untuk dikonsumsi, Anda perlu menurunkan kadar asam amino yang dikenal sebagai homosistein dalam darah karena tingginya kadar homosistein dapat memicu kematian sel-sel saraf di otak, tetapi asam folat membantu memecah kadar homosistein. Selain itu, tingkat homosistein yang tinggi juga telah dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit jantung.

8. Apel

Sering kali, ketika Anda makan apel, Anda akan mengupas kulitnya terlebih dahulu baru memakan daging buahnya. Padahal, kulit apel kaya akan quercetin dan antioksidan yang dapat berperan dalam mengurangi risiko terjadinya Alzheimer. Terlebih, apel merah yang sering Anda konsumsi juga mengandung anthosianin, jenis antioksidan lain yang dapat meningkatkan memori otak.

9. Bawang

Bahan makanan lain yang juga mengandung antyosianin dan quercetin adalah bawang merah, sementara bawang putih dan bombay hanya mengandung quercetin.

10. Cokelat

Selain enak untuk dikonsumsi, coklat ternyata juga dapat meningkatkan memori otak Anda karena kandungan antioksidan didalamnya.

Jangan lupa olahraga

Namun, hal yang perlu Anda ingat adalah meskipun Anda sudah mengkonsumsi makanan yang sehat dan dapat meningkatkan memori otak; Anda tetap perlu untuk berolahraga. Karena berdasarkan sebuah studi, olahraga juga dapat membantu Anda dalam mencegah Alzheimer dan dapat membantu dalam memertajam fungsi otak Anda.

Kalkulator BMI

Benarkah berat badan Anda sudah ideal?

Ayo Cari Tahu!
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?

Baca Juga:

    Yang juga perlu Anda baca

    5 Manfaat Berkebun Bagi Kesehatan Fisik dan Mental

    Meski berpeluh keringat, berkebun ternyata punya segudang manfaat bagi kesehatan tubuh dan juga jiwa. Apa saja manfaat berkebun untuk kesehatan?

    Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Yuliati Iswandiari
    Kesehatan Mental, Stres dan Depresi 31 Desember 2020 . Waktu baca 3 menit

    Kopi untuk Kemampuan Seks, Bermanfaat atau Sebaliknya?

    Anda mungkin sudah sering minum kopi untuk menyegarkan pikiran. Namun, tahukah Anda bahwa ternyata ada manfaat kopi untuk seks?

    Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
    Kesehatan Seksual, Tips Seks 30 Desember 2020 . Waktu baca 3 menit

    Teh atau Kopi, Mana yang Lebih Sehat?

    Keduanya sama-sama mengandung kafein, namun memiliki efek yang sama pada tubuh. Sebenarnya, mana yang lebih sehat, teh atau kopi?

    Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
    Fakta Gizi, Nutrisi 30 Desember 2020 . Waktu baca 4 menit

    7 Makanan dan Minuman yang Bisa Tingkatkan Daya Pikir dan Kinerja Otak

    Banyak orang harus berpikir keras di kantor atau sekolah tiap hari. Tujuh makanan untuk otak ini bisa jadi menu sehari-hari agar kinerja otak makin dahsyat.

    Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Annisa Hapsari
    Kesehatan Otak dan Saraf 29 Desember 2020 . Waktu baca 6 menit

    Direkomendasikan untuk Anda

    minum kopi sebelum olahraga

    3 Manfaat yang Bisa Didapat dari Minum Kopi Sebelum Olahraga

    Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
    Dipublikasikan tanggal: 21 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
    gemetar setelah minum kopi

    Gemetar Setelah Minum Kopi? Mungkin Anda Overdosis Kafein

    Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
    Dipublikasikan tanggal: 14 Januari 2021 . Waktu baca 3 menit
    4 Alternatif Pengganti Kopi Anda di Pagi Hari

    4 Alternatif Sehat Pengganti Kopi di Pagi Hari

    Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
    Ditulis oleh: Monika Nanda
    Dipublikasikan tanggal: 5 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit
    cepat tua

    Cek Menu Harian Anda: 9 Makanan Ini Membuat Anda Tampak Cepat Tua

    Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Yuliati Iswandiari
    Dipublikasikan tanggal: 1 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit