home
close

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

10 Makanan yang Dapat Memperkuat Memori

10 Makanan yang Dapat Memperkuat Memori

Otak merupakan bagian tubuh terpenting karena fungsi vital tubuh, seperti bernapas, memonitor tekanan darah, hingga pelepasan hormon dikendalikan melalui otak. Namun sayangnya, otak Anda ternyata tidak bisa melawan proses alamiah tubuh manusia, yaitu proses penuaan. Terlebih, semakin bertambah usia Anda, maka akan semakin menurun kemampuan otak.

Salah satu penyakit yang sering dialami seseorang karena faktor usia adalah Alzheimer yang merupakan kondisi kelainan yang ditandai dengan penurunan daya ingat, penurunan kemampuan berpikir dan berbicara, serta perubahan perilaku pada penderita akibat gangguan di dalam otak yang sifatnya progresif atau perlahan-lahan.

Kabar baiknya adalah National Institutes of Health telah menemukan bukti bahwa makanan, diet, atau gaya hidup dapat mencegah penyakit Alzheimer.

Oleh karena itu, berikut adalah makanan yang dapat mempertajam otak untuk mencegah terjadinya penurunan daya ingat akibat faktor usia:

1. Blueberry

Blueberry mengandung antioksidan yang dapat berfungsi dalam melawan radikal bebas dan mencegah kerusakan otak. Buah ini juga dapat berfungsi dalam meningkatkan memori otak, serta menghentikan perlambatan fungsi motorik, keseimbangan dan koordinasi. Bahkan, studi terbaru menemukan bahwa blueberry, stroberi, dan buah acai dapat membantu Anda dalam mencegah dan memperlambat penurunan fungsi kognitif akibat faktor usia.

2. Kopi

Tanpa Anda sadari, kopi telah terbukti dalam meningkatkan memori otak. Bahkan, konsumsi kopi dalam jangka waktu yang panjang telah dikaitkan dengan penurunan risiko Alzheimer. Namun yang perlu menjadi catatan adalah, konsumsi kopi akan baik untuk otak Anda asalkan Anda tidak meminumnya secara berlebihan, dan tidak memakai gula.

3. Kacang tanah dan selai kacang

Meskipun keduanya tinggi lemak, kacang tanah dan selai kacang termasuk dalam sumber makanan yang mengandung lemak sehat, terlebih di dalamnya terdapat kandungan vitamin E yang dapat mencegah kehilangan memori. Kedua makanan tersebut dapat membantu menjaga jantung dan otak Anda agar tetap sehat dan berfungsi dengan optimal. Jangan lupa pilih selai kacang tanpa gula, ya.

4. Ikan

Salmon, mackerel, tuna, dan ikan lainnya ternyata kaya akan asam lemak omega-3 yang dapat mempertajam memori, dan juga asam docosahexaenoic (DHA) yang sangat penting untuk fungsi normal dari neuron.

5. Alpukat

Salah satu buah yang mengandung lemak sehat adalah alpukat. Selain itu, alpukat juga dapat membantu aliran darah berjalan lancar sampai ke otak, mengurangi tekanan darah tinggi dan membantu jantung tetap sehat. Sebuah studi juga telah menemukan bahwa makanan yang kaya akan vitamin E, termasuk alpukat dapat menurunkan risiko terkena Alzheimer.

6. Biji-bijian

Biji-bijian, termasuk biji bunga matahari, mengandung vitamin E yang dapat meningkatkan kinerja otak. Selain itu, biji rami dan labu biji labu mengandung zinc, yang membantu Anda berpikir jernih dan meningkatkan memori otak.

7. Sayuran berdaun hijau tua

Bayam dan brokoli merupakan sumber vitamin E dan asam folat yang baik untuk dikonsumsi dalam meningkatkan memori otak. Namun meskipun asam folat baik untuk dikonsumsi, Anda perlu menurunkan kadar asam amino yang dikenal sebagai homosistein dalam darah karena tingginya kadar homosistein dapat memicu kematian sel-sel saraf di otak, tetapi asam folat membantu memecah kadar homosistein. Selain itu, tingkat homosistein yang tinggi juga telah dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit jantung.

8. Apel

Sering kali, ketika Anda makan apel, Anda akan mengupas kulitnya terlebih dahulu baru memakan daging buahnya. Padahal, kulit apel kaya akan quercetin dan antioksidan yang dapat berperan dalam mengurangi risiko terjadinya Alzheimer. Terlebih, apel merah yang sering Anda konsumsi juga mengandung anthosianin, jenis antioksidan lain yang dapat meningkatkan memori otak.

9. Bawang

Bahan makanan lain yang juga mengandung antyosianin dan quercetin adalah bawang merah, sementara bawang putih dan bombay hanya mengandung quercetin.

10. Cokelat

Selain enak untuk dikonsumsi, coklat ternyata juga dapat meningkatkan memori otak Anda karena kandungan antioksidan didalamnya.

Jangan lupa olahraga

Namun, hal yang perlu Anda ingat adalah meskipun Anda sudah mengkonsumsi makanan yang sehat dan dapat meningkatkan memori otak; Anda tetap perlu untuk berolahraga. Karena berdasarkan sebuah studi, olahraga juga dapat membantu Anda dalam mencegah Alzheimer dan dapat membantu dalam memertajam fungsi otak Anda.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Novi Sulistia Wati Diperbarui 10/11/2020
Fakta medis diperiksa oleh Admin HHG
x