home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

4 Hal Penting yang Wajib Anda Lakukan Setelah Berolahraga

4 Hal Penting yang Wajib Anda Lakukan Setelah Berolahraga

Persiapan sebelum olahraga memang sangat penting. Namun, ritual beres-beres setelah olahraga juga tak kalah penting. Jangan sampai setelah berolahraga keras Anda langsung buru-buru ganti baju dan pergi ke kantor atau cari makan. Ada beberapa hal penting yang harus dilakukan supaya olahraga Anda membuahkan hasil yang efektif dan tubuh terhindar dari cedera. Simak informasi lengkapnya di bawah ini.

Apa saja yang wajib dilakukan setelah olahraga?

1. Pendinginan (peregangan otot)

Kalau sebelum mulai olahraga Anda tidak lupa melakukan pemanasan, maka seusai berolahraga Anda juga wajib melakukan pendinginan, alias peregangan otot. Pendinginan paling baik dilakukan segera selama otot-otot Anda masih cukup panas.

Menurut seorang pakar kedokteran olahraga dari Hospital for Special Surgery di Amerika Serikat, dr. Jordan D. Metzl, otot-otot Anda butuh waktu kira-kira hingga empat puluh menit sampai jadi lebih rileks. Ketika mulai mendingin, otot-otot Anda akan berkontraksi (menegang). Jika pada saat tersebut Anda baru melemaskannya, Anda malah berisiko mengalami cedera otot seperti terkilir. Jadi, pastikan Anda sudah melakukan peregangan sebelum otot-otot mendingin dan berkontraksi.

Lebih lanjut, dr. Jordan Metzl menyarankan untuk meregangkan otot selama paling sebentar sepuluh menit. Anda bisa melakukan peregangan sederhana selama lima menit, dilanjutkan dengan peregangan dengan busa rolling.

2. Mandi dan ganti baju

Jangan berlama-lama mengenakan pakaian olahraga Anda yang basah oleh keringat. Segera ganti baju dan pakaian dalam Anda kalau sudah selesai berolahraga. Pasalnya, pakaian yang lembap karena keringat akan jadi tempat yang ideal bagi jamur, bakteri, dan kuman untuk berkembang biak. Anda pun jadi lebih rentan kena infeksi kulit dan jerawatan. Seorang spesialis kulit, dr. Neal Schultz, merekomendasikan Anda untuk langsung ganti baju paling lambat setengah jam sesudah berolahraga untuk mencegah pertumbuhan jamur, bakteri, atau kuman.

Namun, akan lebih baik lagi kalau Anda sempat mandi dulu. Usahakan untuk mandi dengan air yang sejuk, bukan air hangat atau panas. Pasalnya, air dingin bisa membantu meredakan peradangan dan mempercepat pemulihan setelah olahraga.

3. Minum air

Untuk menggantikan cairan yang hilang selama Anda berolahraga, jangan lupa minum air yang cukup. Selama olahraga jantung Anda juga bekerja jauh lebih keras dan membutuhkan oksigen lebih banyak. Jadi Anda harus segera mengisi asupan oksigen lagi lewat air minum.

Tidak perlu langsung menenggak air banyak-banyak setelah olahraga. Anda boleh minum pelan-pelan secara bertahap. Pasalnya, minum air terlalu banyak dan terlalu cepat juga berisiko. Misalnya minum segelas air dulu sebelum peregangan otot, segelas setelah peregangan, dan satu gelas terakhir setelah Anda mandi atau ganti baju.

4. Isi perut

Mengisi perut setelah olahraga adalah hal yang sering diabaikan, entah karena sibuk atau karena belum lapar. Padahal, makan setelah berlatih itu penting untuk memperbaiki dan membangun kembali otot-otot yang tadi sudah bekerja keras.

Kira-kira setengah jam setelah berolahraga, tubuh Anda membutuhkan asupan karbohidrat dan protein yang cukup untuk memulihkan otot-otot. Maka, saat ini jadi momen yang baik karena asupan gizi tersebut akan langsung diolah untuk membangun otot, bukan cuma disimpan jadi cadangan lemak.

Jadi, pilih menu makanan yang kaya protein seperti daging ayam, telur, bubur gandum, daging ikan, yogurt, susu, dan keju.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

3 Things You Need to Do Immediately After a Workout. http://www.shape.com/fitness/tips/3-things-you-need-do-immediately-after-workout. Diakses pada 17 Juli 2017.

8 Things to Do Before and After a Workout to Get Better Results. http://www.self.com/story/8-things-to-do-before-and-after-a-workout-to-get-better-results. Diakses pada 17 Juli 2017.

The Exact Amount of Water You Need to Drink After a Workout. http://www.prevention.com/fitness/fitness-tips/how-stay-hydrated-after-your-workout Diakses pada 17 Juli 2017.

Foto Penulis
Ditinjau oleh dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh Irene Anindyaputri
Tanggal diperbarui 23/07/2017
x