4 Hal Penting yang Wajib Anda Lakukan Setelah Berolahraga

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 18 Desember 2020 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Persiapan sebelum olahraga memang sangat penting. Namun, ritual beres-beres setelah olahraga juga tak kalah penting. Jangan sampai setelah berolahraga keras Anda langsung buru-buru ganti baju dan pergi ke kantor atau cari makan. Ada beberapa hal penting yang harus dilakukan supaya olahraga Anda membuahkan hasil yang efektif dan tubuh terhindar dari cedera. Simak informasi lengkapnya di bawah ini.

Apa saja yang wajib dilakukan setelah olahraga?

1. Pendinginan (peregangan otot)

Kalau sebelum mulai olahraga Anda tidak lupa melakukan pemanasan, maka seusai berolahraga Anda juga wajib melakukan pendinginan, alias peregangan otot. Pendinginan paling baik dilakukan segera selama otot-otot Anda masih cukup panas.

Menurut seorang pakar kedokteran olahraga dari Hospital for Special Surgery di Amerika Serikat, dr. Jordan D. Metzl, otot-otot Anda butuh waktu kira-kira hingga empat puluh menit sampai jadi lebih rileks. Ketika mulai mendingin, otot-otot Anda akan berkontraksi (menegang). Jika pada saat tersebut Anda baru melemaskannya, Anda malah berisiko mengalami cedera otot seperti terkilir. Jadi, pastikan Anda sudah melakukan peregangan sebelum otot-otot mendingin dan berkontraksi.  

Lebih lanjut, dr. Jordan Metzl menyarankan untuk meregangkan otot selama paling sebentar sepuluh menit. Anda bisa melakukan peregangan sederhana selama lima menit, dilanjutkan dengan peregangan dengan busa rolling.

2. Mandi dan ganti baju

Jangan berlama-lama mengenakan pakaian olahraga Anda yang basah oleh keringat. Segera ganti baju dan pakaian dalam Anda kalau sudah selesai berolahraga. Pasalnya, pakaian yang lembap karena keringat akan jadi tempat yang ideal bagi jamur, bakteri, dan kuman untuk berkembang biak. Anda pun jadi lebih rentan kena infeksi kulit dan jerawatan. Seorang spesialis kulit, dr. Neal Schultz, merekomendasikan Anda untuk langsung ganti baju paling lambat setengah jam sesudah berolahraga untuk mencegah pertumbuhan jamur, bakteri, atau kuman.

Namun, akan lebih baik lagi kalau Anda sempat mandi dulu. Usahakan untuk mandi dengan air yang sejuk, bukan air hangat atau panas. Pasalnya, air dingin bisa membantu meredakan peradangan dan mempercepat pemulihan setelah olahraga.

3. Minum air

Untuk menggantikan cairan yang hilang selama Anda berolahraga, jangan lupa minum air yang cukup. Selama olahraga jantung Anda juga bekerja jauh lebih keras dan membutuhkan oksigen lebih banyak. Jadi Anda harus segera mengisi asupan oksigen lagi lewat air minum.

Tidak perlu langsung menenggak air banyak-banyak setelah olahraga. Anda boleh minum pelan-pelan secara bertahap. Pasalnya, minum air terlalu banyak dan terlalu cepat juga berisiko. Misalnya minum segelas air dulu sebelum peregangan otot, segelas setelah peregangan, dan satu gelas terakhir setelah Anda mandi atau ganti baju.

4. Isi perut

Mengisi perut setelah olahraga adalah hal yang sering diabaikan, entah karena sibuk atau karena belum lapar. Padahal, makan setelah berlatih itu penting untuk memperbaiki dan membangun kembali otot-otot yang tadi sudah bekerja keras.

Kira-kira setengah jam setelah berolahraga, tubuh Anda membutuhkan asupan karbohidrat dan protein yang cukup untuk memulihkan otot-otot. Maka, saat ini jadi momen yang baik karena asupan gizi tersebut akan langsung diolah untuk membangun otot, bukan cuma disimpan jadi cadangan lemak.

Jadi, pilih menu makanan yang kaya protein seperti daging ayam, telur, bubur gandum, daging ikan, yogurt, susu, dan keju.

Normal Kah Detak Jantung Anda?

Kalkulator detak jantung kami bisa memperkirakan berapa target detak jantung saat olahraga yang perlu Anda capai.

Coba Hitung!
active

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

7 Penyebab Hidung Meler serta Cara Mengatasinya

Hidung ingusan memang sangat menganggu Anda. Berikut tips yang bisa dilakukan di rumah untuk meringankan hidung meler, entah karena flu atau alergi.

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Kesehatan THT, Gangguan Hidung 19 Januari 2021 . Waktu baca 9 menit

6 Penyebab Urat Anda Menonjol dan Terlihat Jelas di Kulit

Urat menonjol pada permukaan kulit memang kerap ditemui pada orang berusia lanjut. Lalu apa artinya kalau masih muda sudah mengalami kondisi ini?

Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Kesehatan, Informasi Kesehatan 19 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

Pertolongan Pertama untuk Mengatasi Keracunan Makanan

Keracunan makanan dapat berujung pada kematian. Pelajari pertolongan pertama untuk menagtasi keracunan makanan di sini sebelum terlambat.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: dr. Ivena
Pertolongan Pertama, Hidup Sehat 19 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit

Mengenal Fungsi Testis, Anatomi, dan Risiko Penyakit yang Menyertainya

Fungsi testis sangat penting sebagai salah satu bagian organ reproduksi pria. Kenali anatomi testis normal dan risiko penyakit yang menyertai berikut ini.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Adinda Rudystina
Kesehatan Pria, Kesehatan Penis 19 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit

Direkomendasikan untuk Anda

buah zakar gatal

4 Penyebab Buah Zakar Anda Gatal dan Ingin Terus Digaruk

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 20 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
suplemen herbal yang harus dihindari menjelang operasi

Hati-hati, 8 Suplemen Herbal Ini Tak Boleh Dikonsumsi Sebelum Masuk Ruang Operasi

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 20 Januari 2021 . Waktu baca 3 menit
kayu manis

Konsumsi Kayu Manis Berlebihan, Hati-hati Risikonya untuk Kesehatan

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 20 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
cara tahan lama

Berbagai Cara Agar Pria Tahan Lama Saat Berhubungan Seks

Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 19 Januari 2021 . Waktu baca 3 menit