backup og meta
Kategori
Cek Kondisi
Tanya Dokter
Simpan

Minum Air Es Setelah Berolahraga, Baik Atau Tidak?

Ditinjau secara medis oleh dr. Patricia Lukas Goentoro · General Practitioner · Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI)


Ditulis oleh Larastining Retno Wulandari · Tanggal diperbarui 07/09/2023

Minum Air Es Setelah Berolahraga, Baik Atau Tidak?

Setelah berpanas-panasan dan berolahraga secara intensif, biasanya Anda merasa haus. Air dingin rasanya bisa membantu mengatasi panas dan haus. Namun, ada beberapa mitos terkait minum air es setelah olahraga. Lantas, bagaimana faktanya?

Apakah boleh minum air es setelah olahraga?

Tentu saja boleh, bahkan air es lebih dianjurkan diminum setelah latihan atau aktivitas fisik berat daripada air biasa atau air hangat.

Ada beberapa keuntungan minum air dingin setelah melakukan berbagai jenis olahraga, berikut penjelasan lengkapnya.

1. Mencegah suhu tubuh terlalu panas

Olahraga membuat suhu inti tubuh meningkat sehingga menyebabkan Anda berkeringat dan bisa kekurangan cairan. 

Penelitian terbitan International Journal of Clinical and Experimental Medicine (2013) menemukan bahwa minum air es bisa menjaga suhu inti tubuh tidak terlalu panas. 

Suhu inti tubuh yang tidak terlalu panas akan lebih lancar mengontrol keluarnya keringat. Hal ini membantu mencegah kekurangan cairan atau dehidrasi.

2. Mengurangi kelelahan berlebih

minum air es setelah olahraga untuk cegah kepanasan

Minum air es setelah olahraga membantu mengembalikan stamina tubuh.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Journal of the International Society of Sports Nutrition (2012) menemukan bahwa air es mencegah lonjakan suhu inti tubuh yang bisa membuat tubuh terasa lebih lelah.

Suhu inti tubuh yang tinggi bisa menyebabkan dehidrasi. Akibatnya, volume darah berkurang sehingga oksigen tidak terdistribusi dengan baik ke seluruh tubuh. Anda pun merasa lelah atau kekurangan energi. 

Selain itu, dehidrasi juga menyebabkan ketidakseimbangan beberapa elektrolit, sehingga otot lemas dan kram yang memperparah rasa lelah.

3. Mencegah dehidrasi lebih baik

Minum air es setelah olahraga ternyata lebih disukai daripada air biasa atau air hangat. Anda jadi mengonsumsi lebih banyak air.

Studi menemukan bahwa mengonsumsi air dingin membuat seseorang minum 50% lebih banyak. Minum lebih banyak tentu saja mengembalikan cairan yang hilang setelah olahraga dan mengatasi dehidrasi.

Bila tidak kunjung diatasi, dehidrasi bisa menimbulkan berbagai komplikasi serius, seperti heatstroke, gagal ginjal, kejang, dan penurunan volume darah secara drastis.

4. Membantu membakar kalori

Minum air dingin setelah olahraga bisa membakar kalori lebih baik daripada minum air biasa atau hangat. Tubuh mengeluarkan energi lebih banyak untuk menyesuaikan suhu dingin air dengan suhu tubuh.

Sebuah penelitian terbitan Journal of Clinical and Diagnostic Research (2013) menjelaskan minum 1,5 liter air dingin membantu menurunkan berat badan karena adanya pembakaran kalori ini. 

Meski begitu, kalori yang terbakar sangatlah sedikit. Ini bukan cara efektif untuk mengurangi berat badan. Cara pembakaran lemak yang paling efektif adalah dengan berolahraga.

Berapa suhu air yang baik untuk diminum setelah berolahraga?

asam lambung boleh minum es, air dingin untuk asam lambung

Walaupun boleh minum air dingin setelah olahraga, jangan sampai terlalu dingin.

Anda juga mungkin pernah mendengar larangan untuk minum air es setelah berolahraga karena perbedaan suhu yang drastis membuat tubuh “kaget”.

Mengonsumsi air terlalu dingin memang sebaiknya dihindari untuk mencegah penyempitan pembuluh darah mendadak. 

American College of Sports Medicine menganjurkan untuk mengonsumsi air bersuhu 15° – 21° Celsius. Suhu ini relatif aman bila dikonsumsi jumlah besar.

Jika suhu air minum terlalu dingin, tubuh mungkin akan mengalami reaksi berikut ini.

1. Gejala pada saluran pencernaan

Bila Anda minum terlalu banyak air es setelah olahraga, memang ada kemungkinan pembuluh darah menyempit (vasokonstriksi). 

Vasokonstriksi menahan aliran darah ke permukaan kulit sehingga mencegah pelepasan panas. Namun, hal ini juga mengganggu saluran pencernaan sehingga bisa mengakibatkan kembung, perut nyeri, dan pusing.

2. Menghambat proses pencernaan

Air dingin bisa menghambat proses peristaltik, yakni gerakan otot secara berulang-ulang saat mencerna makanan.

Hal ini bisa mengganggu proses penyerapan zat gizi dan air, padahal zat gizi diperlukan untuk proses pemulihan setelah olahraga.

Rangkuman

  • Minum air es setelah olahraga menurunkan suhu tubuh setelah olahraga.
  • Suhu terlalu dingin bisa mempersempit pembuluh darah dan menyebabkan masalah pencernaan.
  • Konsumsi air dengan suhu sejuk, yaitu 15 – 21° Celsius.
  • Pastikan minum air dengan cukup, minum air terlalu banyak justru memicu buang air kecil berlebih yang mengurangi kadar elektrolit.

Catatan

Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Ditinjau secara medis oleh

dr. Patricia Lukas Goentoro

General Practitioner · Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI)


Ditulis oleh Larastining Retno Wulandari · Tanggal diperbarui 07/09/2023

advertisement iconIklan

Apakah artikel ini membantu?

advertisement iconIklan
advertisement iconIklan