6 Manfaat Kesehatan dari Gelatin, Bahan Pembuat Kenyal Puding

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 21 Desember 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Anda suka bikin puding atau hidangan pentutup lainnya? Anda pasti sudah akrab dengan penggunaan gelatin. Biasanya tersedia dalam bentuk bubuk, bahan masakan ini berguna untuk menghasilkan tekstur yang kenyal dan cukup padat. Selain bisa mengenyalkan makanan, ternyata gelatin punya banyak manfaat hebat untuk kesehatan tubuh, lho.

Apa itu gelatin?

Sebelum mengetahui manfaatnya, Anda harus tahu dulu apa itu gelatin. Gelatin adalah ekstrak protein dari hewan seperti sapi atau ikan. Bahan ini dibuat dengan merebus tulang hewan, tulang lunak, dan kulit untuk mengekstrak kandungan kolagen. Kolagen adalah protein berserat yang menghubungkan otot, tulang, dan kulit pada hewan.

Kolagen yang diolah akan berubah menjadi zat tanpa rasa dan tanpa warna. Bahan ini bisa larut dalam air panas sehingga bisa dipakai untuk mengolah puding, kue, saus, sup, atau hidangan lainnya.

Manfaat gelatin untuk kesehatan

1. Membentuk otot

Asam amino adalah senyawa penyusun protein yang sangat penting untuk membangun massa otot. Meskipun tubuh manusia dapat membuat beberapa jenis asam amino, kebanyakan orang tetap perlu mendapatkan tambahan asam amino melalui makanan.

Asam amino yang terkandung dalam bahan masakan ini berbeda-beda, tergantung pada metode persiapan dan jaringan hewan yang digunakan.

2. Mengurangi nyeri sendi

Banyak penelitian telah mengamati seberapa ampuh ekstrak protein hewani ini sebagai pengobatan masalah sendi dan tulang, seperti osteoarthritis. Osteoarthritis adalah salah satu jenis peradangan sendi yang paling umum. Penyakit ini terjadi saat bantalan tulang rawan diantara sendi rusak, sehingga menimbulkan rasa nyeri dan kaku.

Dalam sebuah penelitian, 80 orang penderita osteoarthritis diberi suplemen gelatin dan obat plasebo (obat kosong, tidak ada kandungan apa pun) selama dua bulan lebih. Hasilnya, peserta yang mendapatkan suplemen ini melaporkan rasa nyeri dan kekakuan sendi berkurang secara signifikan dibandingkan dengan mereka yang mendapatkan obat plasebo.

3. Menjaga kesehatan kulit dan rambut

Suplemen yang sama ternyata menunjukkan hasil yang baik untuk memperbaiki kerusakan pada kulit dan rambut. Kandungan kolagen dalam suplemen tersebut terbukti bisa membuat kulit jadi lebih kenyal dan lembap.

Penelitian lain juga menunjukkan bahwa konsumsi gelatin mampu meningkatkan ketebalan dan pertumbuhan rambut, pada orang dengan masalah alopecia (kebotakan) sekalipun.

4. Memperbaiki fungsi otak dan kesehatan mental

Gelatin sangat kaya akan asam amino glycine, yaitu zat alami yang memiliki kaitan dengan fungsi otak. Sebuah penelitian menemukan bahwa mengonsumsi glycine bisa meningkatkan daya ingat dan konsentrasi secara signifikan.

Konsumsi glycine juga dikaitkan dengan kemajuan dari penanganan berbagai gangguan kesehatan mental, contohnya skizofrenia.

5. Menurunkan berat badan

Jangan takut gemuk mengonsumsi gelatin. Bahan masakan ini rupanya justru bisa membantu Anda mengendalikan berat badan dengan cara menekan nafsu makan. Nafsu makan sendiri bisa muncul akibat produksi hormon tertentu dalam tubuh.

Nah, kandungan alami dalam bahan masakan yang satu ini ternyata berhasil meningkatkan kadar hormon yang berfungsi untuk menurunkan selera makan. Anda pun jadi kenyang lebih lama setelah makan hidangan dari gelatin.

Namun, tetap perhatikan kadar kalorinya. Misalnya dari tambahan gula, susu, atau bahan lainnya yang digunakan saat mengolah hidangan.

6. Meningkatkan fungsi sistem pencernaan

Bahan masakan serba guna ini bisa membantu pencernaan dengan berbagai cara. Misalnya, asam amino mampu mempertahankan kesehatan lapisan mukosa di lambung.

Glycine juga dapat merangsang produksi cairan lambung yang dapat membantu proses pencernaan. Selain itu, gelatin bersifat mengikat air sehingga dapat membantu makanan bergerak secara efisien dalam sistem pencernaan.

Kalkulator BMI

Benarkah berat badan Anda sudah ideal?

Ayo Cari Tahu!
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Kenali Tanda dan Cara Mengatasi Anak Hiperaktif

Sebagai orangtua, Anda perlu tau bedanya anak yang aktif dan hiperaktif. Yuk, kenali tanda dan cara mengatasi anak hiperaktif!

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Riska Herliafifah
Kesehatan Anak, Parenting 4 Maret 2021 . Waktu baca 6 menit

Mengapa Sebagian Orang Mudah Dihipnotis, Sementara yang Lain Tidak?

Anda mungkin waspada ketika berjalan sendirian, takut dihipnotis oleh orang tak dikenal. Tahukah Anda tidak semua orang mudah dihipnotis?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Penyakit Saraf Lainnya 4 Maret 2021 . Waktu baca 4 menit

7 Manfaat Kesehatan yang Bisa Anda Dapat dari Buah Mangga

Kandungan mangga yang manis dan asam menyegarkan menjadikan buah musiman ini bintangnya rujak. Apa saja manfaat mangga untuk kesehatan?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Fakta Gizi, Nutrisi 4 Maret 2021 . Waktu baca 6 menit

9 Bahaya yang Bisa Terjadi Jika Nekat Bikin Tato di Mata

Tertarik ingin mata Anda berwarna tidak hanya warna putih saja? Tato mata bisa jadi jawabannya. Sebelum lakukan, cari tahu dulu bahayanya di sini!

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Yuliati Iswandiari
Kesehatan Mata, Penyakit Mata 3 Maret 2021 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

cara pakai termometer

Mengenal 4 Jenis Termometer yang Paling Umum, dan Cara Pakainya

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 5 Maret 2021 . Waktu baca 3 menit
apa itu lucid dream

Sedang Mimpi Tapi Sadar? Begini Penjelasan Fenomena Lucid Dream

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Rr. Bamandhita Rahma Setiaji
Dipublikasikan tanggal: 5 Maret 2021 . Waktu baca 5 menit

Mata Kucing Pada Anak? Waspada Gejala Kanker Mata

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 5 Maret 2021 . Waktu baca 5 menit
berhenti minum pil kb

7 Hal yang Bisa Terjadi Pada Tubuh Jika Anda Berhenti Minum Pil KB

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 4 Maret 2021 . Waktu baca 5 menit