home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Penyebab dan Ciri-Ciri Kekurangan Vitamin E yang Perlu Anda Kenali

Penyebab dan Ciri-Ciri Kekurangan Vitamin E yang Perlu Anda Kenali

Tubuh membutuhkan vitamin E untuk menjalankan fungsinya. Beberapa manfaat vitamin E yang paling dikenal yaitu mencegah penuaan dini dan menjaga kesehatan kulit. Kekurangan vitamin E dapat menimbulkan gangguan pada fungsi-fungsi tersebut.

Kekurangan vitamin E dikenal juga sebagai defisiensi vitamin E. Kondisi ini sebetulnya sangat langka, tapi bukan berarti boleh diabaikan. Inilah mengapa Anda perlu mengenal ciri-cirinya dan memahami cara mengatasinya.

Penyebab kekurangan vitamin E

polip benjolan di usus adalah

Mengacu Angka Kecukupan Gizi (AKG) yang diterbitkan Kementerian Kesehatan RI, kebutuhan vitamin E untuk orang berusia 13 tahun ke atas yaitu 15 mikrogram dalam sehari. Pada perempuan lansia, kebutuhan ini menjadi 20 mikrogram per hari.

Kebanyakan orang dapat memenuhi kebutuhan vitamin ini dengan menyantap makanan sumber vitamin E. Makanan dengan kandungan vitamin E yang paling baik di antaranya minyak nabati dan kacang-kacangan.

Ada pula pilihan lain dengan mengonsumsi suplemen vitamin E. Namun, orang dengan tubuh yang bugar tanpa gangguan kesehatan serius sebenarnya tidak perlu meminum suplemen. Makanan saja sudah cukup untuk memenuhi kebutuhannya.

Kasus defisiensi biasanya terjadi akibat kelainan metabolisme atau penyerapan lemak akibat penyakit celiac, fibrosis kistik, atau penyakit pencernaan lainnya. Jarang sekali ada kasus defisiensi yang disebabkan oleh pola makan rendah vitamin E.

Ada pula kasus defisiensi langka akibat kelainan genetik yang diwariskan. Dua kondisi yang telah diketahui yakni abetalipoproteinemia bawaan dan familial isolated vitamin E deficiency.

Ciri-ciri kekurangan vitamin E

penyebab neuropati

Kurangnya asupan vitamin E dapat menimbulkan tanda-tanda berikut.

1. Ataksia

Ataksia merupakan gangguan koordinasi otot yang disebabkan oleh masalah pada otak. Kondisi ini terjadi bila bagian tertentu dari saraf otak mengalami kerusakan. Akibatnya, penderita tidak bisa mengendalikan keseimbangan serta gerak tangan dan kakinya.

Defisiensi vitamin E dapat merusak saraf otak yang disebut saraf Purkinje. Hal ini menghambat pengiriman sinyal antara otak dengan otot anggota gerak. Jika sinyal tidak sampai ke otot, penderita dapat mengalami kesulitan saat bergerak dan berjalan.

2. Lemah otot

Vitamin E sangat penting bagi sistem saraf pusat. Sistem ini mengatur sebagian besar fungsi tubuh dan pikiran. Setiap gerakan yang Anda lakukan secara sadar berawal dari sinyal-sinyal yang dikirimkan oleh otot atau sumsum tulang belakang.

Sebagai antioksidan, salah satu fungsi vitamin E yaitu melindungi sel saraf dan otot dari radikal bebas. Kekurangan vitamin E dapat membuat sel-sel tersebut lebih rentan mengalami kerusakan. Ciri utamanya yaitu otot menjadi lemah dan lunglai.

Apa Itu Antioksidan dan Kenapa Penting Bagi Tubuh Kita?

3. Kebas dan rasa geli

Selain menghambat pengiriman sinyal, kerusakan saraf dapat mengganggu sinyal yang akan dikirimkan. Sinyal yang seharusnya membuat otot bergerak mungkin malah menimbulkan rasa geli atau membuat tangan dan kaki terasa kebas (mati rasa).

Ini merupakan tanda dari kekurangan vitamin E yang cukup serius. Jika tidak ditangani, penderita berisiko mengalami berbagai komplikasi. Salah satunya adalah kematian jaringan pada kaki karena penderita tidak menyadari terdapat luka pada kakinya.

4. Penglihatan terganggu

Vitamin E termasuk antioksidan kuat yang melindungi berbagai sel tubuh, tidak terkecuali sel mata. Jika seseorang mengalami defisiensi vitamin E yang parah, sel-sel penyusun mata berisiko lebih tinggi mengalami kerusakan akibat radikal bebas.

Sel-sel penerima cahaya yang terdapat pada retina lama-kelamaan juga dapat menjadi lemah. Bila kondisi ini sudah sangat parah dan tidak segera ditangani, penderita dapat mengalami gangguan penglihatan atau bahkan kebutaan.

6 Makanan untuk Menjaga Kesehatan Mata, Selain Wortel

5. Sistem imun melemah

Sifat antioksidan pada vitamin E juga melindungi sel-sel kekebalan tubuh dari dampak radikal bebas. Apabila asupan vitamin E tidak memadai, sel-sel kekebalan tubuh Anda tidak memiliki perlindungan yang cukup sehingga rentan mengalami gangguan.

Salah satu penelitian dalam jurnal Aging and Disease menyebutkan bahwa kekurangan vitamin E dapat menurunkan fungsi beberapa sel pada sistem imun, terutama pada lansia. Sebagai dampaknya, risiko infeksi pun menjadi lebih tinggi.

Dampak kekurangan vitamin E pada ibu hamil

dampak kekurangan vitamin e keguguran

Ibu hamil yang kurang mendapatkan asupan vitamin E berisiko mengalami komplikasi yang lebih berat. Menurut satu penelitian dalam American Journal of Clinical Nutrition, komplikasi yang umumnya terjadi yaitu keguguran.

Janin yang tidak mendapatkan cukup asupan vitamin E selama dalam kandungan juga lebih berisiko cacat lahir. Ini karena vitamin E berperan penting dalam perkembangan organ-organ pada janin.

Meski begitu, kasus keguguran maupun cacat lahir akibat defisiensi vitamin E tersebut sangat langka. Anda bisa mencegah hal ini dengan mengonsumsi makanan kaya vitamin E dan meminum suplemen bila perlu.

health-tool-icon

Kalkulator Kebutuhan Kalori

Gunakan kalkulator ini untuk menentukan berapa kebutuhan kalori harian Anda berdasarkan tinggi, berat badan, usia, dan aktivitas sehari-hari.

Laki-laki

Wanita

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Vitamin E. (2020). Retrieved 24 February 2021, from https://www.mayoclinic.org/drugs-supplements-vitamin-e/art-20364144

Vitamin E. (2020). Retrieved 24 February 2021, from https://ods.od.nih.gov/factsheets/VitaminE-HealthProfessional/#h3

Abetalipoproteinemia. (2020). Retrieved 24 February 2021, from https://rarediseases.info.nih.gov/diseases/5/abetalipoproteinemia

Ataxia with vitamin E deficiency. (2020). Retrieved 24 February 2021, from https://rarediseases.info.nih.gov/diseases/8595/ataxia-with-vitamin-e-deficiency

Vitamin E. (2020). Retrieved 24 February 2021, from https://www.hsph.harvard.edu/nutritionsource/vitamin-e/

Kemnic TR, Coleman M. Vitamin E Deficiency. [Updated 2020 Jul 10]. In: StatPearls [Internet]. Treasure Island (FL): StatPearls Publishing; 2021 Jan-. Available from: https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK519051/

Pae, M., Meydani, S. N., & Wu, D. (2012). The role of nutrition in enhancing immunity in aging. Aging and disease, 3(1), 91–129.

Foto Penulis
Ditulis oleh Yuliati Iswandiari pada 01/04/2021
Ditinjau oleh dr. Tania Savitri - Dokter Umum
x