backup og meta
Kategori
Cek Kondisi
Tanya Dokter
Simpan

Mengulik 7 Manfaat Kedelai Hitam bagi Kesehatan

Ditinjau secara medis oleh dr. Andreas Wilson Setiawan · General Practitioner · None


Ditulis oleh Diah Ayu Lestari · Tanggal diperbarui 02/02/2024

    Mengulik 7 Manfaat Kedelai Hitam bagi Kesehatan

    Anda mungkin sudah tak asing lagi dengan kacang kedelai hitam alias black soy bean, salah satu bahan baku kecap ini ternyata memiliki beragam manfaat untuk kesehatan. Apa saja? Simak selengkapnya di bawah ini!

    Kandungan zat gizi kedelai hitam

    Bentuk black soy bean hampir sama dengan jenis kacang kedelai lainnya, tapi warna kulitnya hitam pekat. 

    Selain digunakan sebagai bahan pembuatan kecap, kedelai hitam telah lama dikonsumsi untuk pengobatan tradisional. Hal ini berkat kandungan zat gizi di dalamnya.

    Berikut ini kandungan zat gizi di dalam 100 gram kacang kedelai hitam.   

    • Kalori: 92 kkal.
    • Protein: 8,46 gram (g).
    • Lemak: 4,62 g.
    • Karbohidrat: 6,15 g.
    • Serat: 5,4 g.
    • Gula 0,77 g.
    • Kalsium: 62 miligram (mg).
    • Zat besi: 2 mg.
    • Magnesium: 46 mg.
    • Fosfor: 115 mg.
    • Kalium: 238 mg.
    • Natrium: 23 mg.
    • Zinc: 1,73 mg.

    Beragam manfaat kacang kedelai hitam

    Inilah berbagai manfaat kacang kedelai hitam yang bisa Anda peroleh.

    1. Memiliki sifat antioksidan

    Kacang kedelai hitam dikenal memiliki sifat antioksidan yang tinggi. Ini berasal dari kandungan antosianin di dalamnya yang memiliki sifat antioksidan kuat.

    Antosianin merupakan senyawa yang memberikan warna hitam pada kulit kacang kedelai hitam. Ada juga kandungan antioksidan lainnya seperti tanin, isoflavon, dan asam fenolik. 

    Antioksidan dapat membantu tubuh melawan radikal bebas yang menyebabkan kerusakan pada sel tubuh.

    2. Menurunkan risiko penyakit jantung

    menjaga jantung sesuai umur

    Salah satu manfaat kedelai hitam untuk kesehatan adalah membantu menurunkan risiko penyakit jantung.

    Studi yang diterbitkan dalam jurnal Nutrients mengungkapkan kedelai hitam dapat meningkatkan fungsi pembuluh darah dengan menurunkan stres oksidatif.

    Tidak hanya itu, dalam penelitian tersebut juga disebutkan konsumsi kacang kedelai ini dapat membantu menurunkan tekanan darah

    Kedelai hitam juga mengandung quercetin yang diketahui mampu menurunkan kadar kolesterol LDL. Tingginya kolesterol LDL berkaitan dengan berbagai risiko penyakit jantung.

    3. Berpotensi mencegah kanker

    Sebuah studi dalam jurnal Journal of Physics Conference Series melakukan penelitian untuk mengetahui efek kedelai hitam dalam mencegah penyakit kanker kolorektal.

    Hasil penelitian menyebutkan bahwa kedelai hitam mengandung berbagai jenis antioksidan yang berpotensi sebagai agen terapi kanker. 

    Kedelai hitam mengandung flavonoid, alkaloid, saponin, tanin dan glikosida yang dapat menghambat pertumbuhan sel kanker dalam tubuh. 

    Namun, tidak manfaat ini tidak lantas membuat konsumsi kedelai hitam menggantikan pengobatan kanker secara medis. 

    4. Baik bagi penderita diabetes

    Kacang kedelai hitam memiliki kandungan gula yang rendah, sehingga tidak akan menyebabkan lonjakan gula darah saat dikonsumsi. 

    Penelitian dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry juga menunjukkan ekstrak kacang kedelai hitam dapat menurunkan gula darah dengan meningkatkan sensitivitas insulin.

    Akan tetapi, penelitian ini masih diuji coba pada hewan, sehingga masih dibutuhkan penelitian tambahan untuk membuktikan khasiat ini lebih lanjut.

    5. Memelihara kesehatan tulang

    Manfaat lain dari kedelai hitam adalah membantu memelihara kesehatan tulang. Kedelai hitam mengandung berbagai mineral yang penting untuk menjaga kesehatan tulang.  

    Jenis kacang kedelai ini mengandung kalsium dan magnesium yang berfungsi menjaga kepadatan mineral tulang serta menjaga agar struktur tulang tetap kokoh. 

    Tidak hanya itu, kandungan kalium di dalam black soybean juga menjaga kadar kalsium agar tidak terbuang melalui urine serta mengurangi risiko osteoporosis.

    6. Menurunkan berat badan

    ikan tilapia bantu turunkan berat badan

    Kedelai hitam termasuk makanan yang rendah kalori. Anda bisa memilih makanan dari olahan kedelai hitam sebagai menu untuk program menurunkan berat badan.

    Tidak hanya rendah kalori, kacang kedelai hitam juga mengandung protein dan serat yang cukup tinggi. 

    Protein dan serat lama dicerna oleh tubuh, sehingga dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Efek ini membantu mengendalikan nafsu makan. Dengan begitu, asupan kalori harian Anda menjadi lebih terkontrol.

    7. Memiliki sifat antibakteri

    Kedelai hitam juga memiliki sifat antibakteri yang mampu menghambat pertumbuhan bakteri Escherichia coli dan Campylobacter jejuni. Kedua bakteri ini merupakan penyebab umum diare.

    Jadi, kacang kedelai ini bisa menjadi pilihan obat alami untuk meredakan gejala diare seperti nyeri perut, BAB menerus, dan feses encer.

    Semua manfaat tersebut bisa Anda dapatkan dengan mulai memasukkan olahan kedelai hitam dalam menu makanan sehari-hari. 

    Selama tidak ada reaksi alergi ataupun efek pada pencernaan, kedelai hitam dapat menjadi salah satu sumber pangan yang baik untuk kesehatan.

    Kesimpulan


    • Kacang kedelai hitam mengandung berbagai zat gizi yang baik untuk kesehatan seperti protein, serat, kalsium, kalium, serta antioksidan.
    • Dibandingkan jenis kedelai lainnya, kedelai hitam memiliki sifat antioksidan yang lebih kuat berkat kandungan antosianin yang melimpah.
    • Mengonsumsi kedelai hitam dapat membantu menjaga kesehatan tulang, jantung, pencernaan, hingga berpotensi mencegah kanker. 

    Catatan

    Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

    Ditinjau secara medis oleh

    dr. Andreas Wilson Setiawan

    General Practitioner · None


    Ditulis oleh Diah Ayu Lestari · Tanggal diperbarui 02/02/2024

    advertisement iconIklan

    Apakah artikel ini membantu?

    advertisement iconIklan
    advertisement iconIklan