backup og meta
Kategori
Cek Kondisi
Tanya Dokter
Simpan

9 Manfaat Jambu Monyet untuk Kesehatan Jantung hingga Imunitas

Ditinjau secara medis oleh dr. Patricia Lukas Goentoro · General Practitioner · Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI)


Ditulis oleh Zulfa Azza Adhini · Tanggal diperbarui 16/01/2024

    9 Manfaat Jambu Monyet untuk Kesehatan Jantung hingga Imunitas

    Jambu monyet atau sering juga disebut dengan jambu mete merupakan buah tropis yang banyak dikonsumsi di Indonesia. Selain rasanya yang lezat, buah ini dapat mencegah berbagai penyakit, seperti diabetes hingga penyakit jantung. Simak manfaat jambu monyet bagi tubuh selengkapnya pada artikel ini. 

    Kandungan gizi jambu monyet

    Jambu monyet (Anacardium occidentale) memiliki bentuk buah khas yang membedakannya dengan jambu air.

    Buahnya berbentuk lonjong dengan warna merah atau kuning. Bagian bawahnya terdapat biji yang menggantung. Nah, biji inilah yang digunakan untuk membuat kacang mete

    Jambu monyet atau dikenal juga dengan sebutan cashew apple dapat dikonsumsi secara langsung atau digunakan untuk membuat minuman beralkohol. 

    Buah ini juga dikenal memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan berkat kandungan zat gizi di dalamnya. Berikut ini daftar kandungan zat gizi di dalam 100 gram jambu monyet. 

    • Air: 82,6 gram (g).
    • Kalori: 64 kkal.
    • Protein: 0,7 g.
    • Lemak: 0,6 g.
    • Karbohidrat: 16 g.
    • Serat: 1,2 g.
    • Kalsium: 4 miligram (mg).
    • Kalium: 107 mg.
    • Fosfor: 13 mg.
    • Natrium 12 mg.

    Jambu mete juga mengandung vitamin C hingga 3 – 5 kali lebih tinggi dibandingkan dengan buah sitrun seperti jeruk atau lemon. Sebanyak 100 gram buah jambu monyet mengandung sekitar 197 mg vitamin C.

    Daftar manfaat jambu monyet bagi kesehatan

    Berikut ini beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari mengonsumsi jambu mete untuk kesehatan.

    1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

    Salah satu manfaat jambu monyet untuk kesehatan adalah meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hal ini berkat kandungan vitamin C yang tinggi.

    Paparan radikal bebas yang berlebihan dari lingkungan dan makanan tidak sehat dapat melemahkan sistem imun tubuh, sehingga tubuh rentan terkena penyakit. 

    Vitamin C dapat berperan sebagai antioksidan yang bisa melawan radikal bebas. Dengan begitu, kinerja sistem kekebalan tubuh dapat terus terjaga.

    2. Sumber energi selama berolahraga

    Sebuah studi terbitan jurnal International Society of Sports Nutrition melakukan penelitian untuk mengetahui apakah ekstrak jambu monyet dapat meningkatkan penggunaan lemak sebagai energi selama berolahraga. 

    Hasil penelitian menunjukkan konsumsi suplemen jambu monyet dapat meningkatkan pembakaran lemak selama latihan intensitas tinggi pada individu yang sering berolahraga maupun yang jarang berolahraga. 

    Pembakaran lemak tersebut membantu menyediakan energi bagi otot untuk digunakan selama berolahraga. 

    Efek jambu mete ini diketahui berasal dari kandungan vitamin C di dalamnya. Vitamin C meningkatkan produksi carnitine, yakni senyawa dalam sel otot rangka dan jantung yang berperan dalam produksi energi.

    3. Memiliki sifat antibakteri

    Buah jambu monyet juga mengandung senyawa flavonoid dan tanin yang bersifat antibakteri. Hal ini dijelaskan dalam studi pada jurnal GSC Biological and Pharmaceutical Science.

    Dalam penelitian tersebut, ekstrak sari jambu mete diketahui dapat menghambat pertumbuhan bakteri Salmonella typhimurium, yakni bakteri yang dapat menyebabkan penyakit demam tifoid atau tipes.

    Meskipun begitu, penelitian ini masih dilakukan dalam uji laboratorium. Dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui apakah ekstrak jambu mete dapat digunakan sebagai obat tradisional untuk mencegah penyakit tipes, 

    4. Berpotensi mengobati tukak lambung

    Tukak lambung adalah gangguan pada sistem pencernaan yang terjadi akibat adanya luka di dinding lambung.

    Kondisi ini terjadi akibat produksi asam lambung berlebih yang mengikis dinding lambung dan menyebabkan peradangan. 

    Penelitian dalam Journal of Ethnopharmacology mengungkapkan bahwa jambu monyet atau cashew apple berpotensi digunakan dalam pengobatan herbal tukak lambung dengan cara menurunkan peradangan pada lambung.

    Namun, penelitian ini baru dilakukan pada hewan dan belum diuji coba pada manusia.

    5. Menghindari makan berlebihan

    Potensi lain jambu monyet yang ditemukan dalam penelitian adalah mengendalikan nafsu makan. Manfaat ini mungkin dapat membantu Anda untuk menurunkan berat badan

    Penelitian dalam jurnal Food and Function mengungkapkan bahwa jambu mete dapat meningkatkan rasa kenyang pada tikus dan mencegah makan berlebihan.

    Karena masih hasil pengujian pada hewan, belum diketahui secara pasti apakah jambu mete juga dapat memberikan efek pengendalian nafsu makan yang sama pada manusia.

    6. Baik untuk penderita diabetes 

    Diabetes tipe 2 adalah penyakit yang ditandai dengan kadar gula darah melebihi batas normal. Kondisi ini terjadi karena resistensi insulin, yakni kondisi ketika sel-sel di dalam tubuh tidak dapat menggunakan insulin untuk menyerap glukosa.

    Buah jambu monyet memiliki kandungan senyawa tanin yang dapat membantu meningkatkan penyerapan glukosa di dalam darah.

    Selain itu, tanin merupakan sumber antioksidan untuk membantu mengurangi risiko stres oksidatif di tubuh yang menjadi salah satu faktor pemicu penyakit diabetes. 

    7. Menjaga kesehatan jantung

    mencegah penyakit jantung keturunan

    Salah satu penyebab penyakit jantung adalah kadar kolesterol yang tinggi. Kolesterol LDL yang menumpuk dapat menyumbat pembuluh darah, sehingga aliran darah yang mengalirkan oksigen dan nutrisi ke otot jantung pun terhambat.

    Studi dalam The FASEB Journal menunjukkan bahwa mengonsumsi jambu monyet punya manfaat membantu untuk mengontrol kadar kolesterol dalam darah. 

    Buah ini dapat mengurangi kolesterol LDL serta trigliserida di dalam darah. Selain itu, buah ini dapat meningkatkan kolesterol HDL yang berfungsi mencegah penyempitan pembuluh darah akibat penumpukan lemak. 

    Sayangnya, percobaan ini baru dilakukan pada hewan dan belum diuji coba pada manusia. 

    8. Memelihara kesehatan tulang

    Buah jambu monyet mengandung kalium yang dapat membantu meningkatkan penyerapan kalsium pada tulang.

    Kalsium merupakan mineral penting yang dibutuhkan untuk memelihara kesehatan tulang dan gigi.

    Mineral ini juga dapat mengurangi risiko osteoporosis, yakni penyakit yang disebabkan oleh menurunnya kepadatan mineral tulang. 

    9. Mempercepat penyembuhan luka

    Studi yang diterbitkan dalam jurnal Experimental Biology and Medicine mengungkapkan bahwa jambu mete dapat membantu mempercepat proses penyembuhan luka

    Buah jambu monyet memiliki sifat anti inflamasi yang dapat membantu mengurangi peradangan pada luka. 

    Selain itu, buah ini memiliki sifat antibakteri yang mampu mencegah munculnya infeksi pada luka. 

    Kandungan vitamin C didalam buah ini juga dapat membantu meningkatkan produksi kolagen di kulit untuk memperbaiki jaringan kulit yang rusak dan menutup luka.

    Itulah ulasan mengenai kandungan serta manfaat jambu monyet. Perlu Anda ingat, potensi kesehatan dari buah ini masih didapatkan dari penelitian pada hewan.

    Ringkasan

    • Jambu monyet memiliki beragam kandungan zat gizi, seperti antioksidan, vitamin C, kalium, fosfor, dan natrium.
    • Kandungan vitamin C buah ini 3 – 5 lebih banyak dari jeruk atau lemon.
    • Buah bermanfaat untuk menjaga sistem kekebalan tubuh, memelihara kesehatan jantung dan tulang, hingga mempercepat penyembuhan luka. 

    Catatan

    Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

    Ditinjau secara medis oleh

    dr. Patricia Lukas Goentoro

    General Practitioner · Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI)


    Ditulis oleh Zulfa Azza Adhini · Tanggal diperbarui 16/01/2024

    advertisement iconIklan

    Apakah artikel ini membantu?

    advertisement iconIklan
    advertisement iconIklan