home

Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

Tak Hanya Enak, Ada 5 Manfaat Ikan Bandeng untuk Tubuh, Lho!

Tak Hanya Enak, Ada 5 Manfaat Ikan Bandeng untuk Tubuh, Lho!

Ada banyak jenis ikan sehat yang bisa Anda nikmati sebagai lauk saat makan, salah satunya ikan bandeng. Anda bisa menyajikan ikan ini dengan berbagai resep, seperti bandeng goreng, bandeng panggang, atau bandeng kuah santan. Selain rasanya enak, ternyata banyak orang yang menyukai ikan bandeng karena kandungan gizi dan manfaatnya. Namun, sudah tahukah Anda apa saja manfaat ikan bandeng untuk kesehatan?

Kandungan gizi ikan bandeng

manfaat kandungan ikan bandeng

Selain daging ayam, Anda bisa mengandalkan ikan bandeng sebagai menu makan sehat untuk keluarga. Dagingnya yang tidak mudah hancur dan rasanya yang tidak asin seperti ikan laut, membuat bandeng cukup populer di antara jenis ikan lainnya.

Ikan bandeng yang memiliki nama latin Chanos chanos ini juga populer karena kandungan nutrisi yang dipercaya memberi manfaat pada kesehatan tubuh. Dalam 100 gram ikan bandeng, mengandung berbagai zat gizi, seperti:

  • Protein: 20 gram.
  • Lemak: 4,8 gram.
  • Kalsium: 20 mg.
  • Fosfor: 150 mg.
  • Zat besi: 2 mg.
  • Natrium: 67 mg.
  • Zinc: 0,9 mg.
  • Kalium: 271,1 mg
  • Vitamin A: 45 mcg.
  • Thiamin (vitamin B1): 0,05 mg.
  • Riboflavin (vitamin B2): 0,10 mg.
  • Niacin (vitamin B3): 6 mg.

Manfaat ikan bandeng untuk kesehatan

Berdasarkan kandungan gizinya, ikan bandeng berpotensi memberikan khasiat bagi tubuh Anda, antara lain:

1. Mencegah peradangan pada tubuh

Setiap hari Anda terpapar dengan radikal bebas, seperti asap rokok atau polusi udara. Molekul ini nantinya dapat menyebabkan stres oksidatif yang berujung dengan rusak atau meradangnya sel tubuh. Dalam jangka panjang, peradangan bisa menyebabkan penyakit jantung dan kanker.

Ini karena pembuluh darah di sekitar jantung turut mengalami peradangan, sehingga memungkinkan penyumbatan aliran darah. Sementara pada penyakit kanker, kerusakan sel bisa memicu sel menjadi abnormal sehingga tumbuh dan berkembang tanpa kendali.

Kunci untuk mencegah peradangan adalah meningkatkan konsumsi makanan kaya antioksidan. Nah, Anda bisa mendapatkan manfaat antioksidan dalam melawan radikal bebas dengan menyantap ikan bandeng.

2. Menyehatkan kulit

Kulit sehat dan bersih tentu menjadi pilihan semua orang, termasuk Anda. Untuk mendapatkan kulit yang sehat ini, Anda perlu menjalani perawatan kulit secara rutin. Tidak hanya itu, langkah jitu yang bisa Anda andalkan adalah menutrisi kulit dengan beragam makanan sehat. Ikan bandeng bisa jadi salah satu pilihan untuk mendapatkan manfaat tersebut.

Alasannya, karena ikan bandeng kaya kandungan kolagen peptida. Kolagen sendiri adalah protein pembangun kulit, tulang, tendon, serta tulang rawan. Menurut studi pada Journal of food science and technology, kandungan kolagen pada ikan bandeng dapat meningkatkan hidrasi dan memperbaiki kondisi kulit wajah.

Di samping itu, kandungan antioksidan pada ikan bandeng juga mencegah stres oksidatif pada sel kulit, sehingga dapat mencegah penuaan dini. Jadi, manfaat makan ikan bandeng membantu kulit Anda tetap awet muda.

3. Meningkatkan kesehatan mata

Masalah penglihatan, seperti miopi (rabun jauh) sangat umum menyerang remaja dan orang dewasa. Orang dengan gangguan penglihatan ini tidak bisa melihat objek yang jaraknya jauh. Salah satu cara untuk mencegah miopi adalah dengan mencukupi asupan vitamin A.

Vitamin A termasuk kelompok antiokasidan yang ada pada ikan bandeng. Khasiat dari vitamin pada ikan bandeng ini adalah menjaga fungsi selaput konjungtiva dan kornea. Dengan begitu, ketajaman mata dalam melihat dapat terjaga dengan baik.

Manfaat vitamin A pada ikan bandeng tidak hanya itu saja. Nutrisi ini juga menjaga fungsi permukaan okular dan membentuk fotopigmen yang disebut fotoreseptor rhodopsin. Fotopigmen ini ada di sel batang retina yang fungsinya membantu mata melihat di malam hari dan menurunkan risiko rabun senja di kemudian hari.

4. Membantu meningkatkan kolesterol baik

Ikan yang hidup air tawar ini mengandung vitamin B3 yang Anda kenal juga dengan sebutan niasin. Vitamin B3 pada ikan bandeng bisa memberikan manfaat berupa perlindungan pada jantung dengan cara meningkatkan kadar kolesterol baik, yakni high-density lipoprotein (HDL).

Peningkatan kolesterol baik membantu menghilangkan lipoprotein densitas rendah (LDL), kolesterol “jahat” dari aliran darah Anda. Menurunnya kadar kolesterol jahat dapat menurunkan risiko penyakit jantung.

5. Menjaga tekanan darah tetap stabil

Tekanan darah tinggi (hipertensi) bisa terjadi akibat keseringan makan makanan asin. Makanan tinggi garam dapat membuat tekanan darah naik dan dalam jangka panjang akan memperberat kinerja jantung dalam memompa darah.

Cara untuk menurunkan risiko hipertensi adalah dengan mengurangi konsumsi makanan tinggi garam. Di samping itu, Anda juga perlu memenuhi asupan kalium dengan baik. Ini karena kalium berfungsi untuk menstabilkan kadar natrium dalam tubuh. Nah, manfaat dari kalium ini bisa Anda dapatkan dengan mengonsumsi ikan bandeng.

Tips sehat dan aman makan ikan bandeng

cara memasak ikan yang sehat

Ingin mendapatkan khasiat kesehatan dari ikan bandeng? Anda bisa menambahkan ikan ini pada menu makanan setiap hari, selain mengonsumsi jenis ikan lain, seperti ikan tuna atau ikan lele.

Anda bisa mengolah ikan bandeng dengan cara menggoreng, merebus, memanggang, atau membakarnya. Penyajian ikan ini memang beragam, tapi yang paling sehat adalah merebusnya.

Memasak ikan dengan cara digoreng memungkinkan lemak dan kolesterol lebih banyak. Cara mengakalinya adalah dengan menggunakan minyak yang lebih sehat, seperti minyak zaitun dengan api sedang. Pastikan Anda tidak menggunakan banyak garam. Anda bisa memperkaya rasa dengan menambahkan lebih banyak rempah.

Selain cara memasak, Anda juga harus memperhatikan kondisi ikan. Saat Anda harus memilih ikan yang masih segar, yakni tidak berbau busuk dan lembek.

Meski manfaat ikan bandeng melimpah, Anda perlu mengetahui kondisi tubuh. Pasalnya, beberapa orang menunjukkan reaksi alergi setelah memakan ikan. Jika Anda memiliki alergi, akan lebih baik menghindari makan ikan bandeng.

health-tool-icon

Kalkulator Kebutuhan Kalori

Gunakan kalkulator ini untuk menentukan berapa kebutuhan kalori harian Anda berdasarkan tinggi, berat badan, usia, dan aktivitas sehari-hari.

Laki-laki

Wanita

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Beranda. Data Komposisi Pangan Indonesia – Beranda. https://www.panganku.org/id-ID/view [Accessed on February 25th, 2021]

Chen, Y. P., Liang, C. H., Wu, H. T., Pang, H. Y., Chen, C., Wang, G. H., & Chan, L. P. (2018). Antioxidant and anti-inflammatory capacities of collagen peptides from milkfish (Chanos chanos) scales. Journal of food science and technology55(6), 2310–2317. https://doi.org/10.1007/s13197-018-3148-4 [Accessed on February 25th, 2021]

Slide show: Add antioxidants to your diet. (2019, November 23). Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/nutrition-and-healthy-eating/multimedia/antioxidants/sls-20076428 [Accessed on February 25th, 2021]

Niacin to boost your HDL, ‘good,’ cholesterol. (2021, January 20). Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/high-blood-cholesterol/in-depth/niacin/art-20046208 [Accessed on February 25th, 2021]

5 ways to cook fish. World Cancer Research Fund UK. https://www.wcrf-uk.org/uk/recipes/5-ways-cook-fish [Accessed on February 25th, 2021]

Potassium (K) in blood. University of Michigan | Michigan Medicine. https://www.uofmhealth.org/health-library/hw202677 [Accessed on February 25th, 2021]

Vitamin A beneficial for eyes, just not for preventing myopia. https://www.aoa.org/news/clinical-eye-care/health-and-wellness/vitamin-a-good-for-the-eyes?sso=y [Accessed on February 25th, 2021]

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Aprinda Puji Diperbarui 25/03/2021
Ditinjau secara medis oleh dr. Tania Savitri