home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Sejuta Khasiat Buah Bacang, Buah yang Mirip dengan Mangga

Sejuta Khasiat Buah Bacang, Buah yang Mirip dengan Mangga

Buah bacang atau dalam bahasa Inggris disebut horse mango memiliki karakteristik yang mirip dengan buah mangga. Buah berwarna kuning kehijauan ini ternyata juga memiliki khasiat bagi kesehatan tubuh. Simak kandungan dan manfaat buah bacang berikut ini.

Kandungan buah bacang

penyerapan nutrisi tergantung interaksi

Buah bacang (Mangifera foetida) adalah salah satu jenis tumbuhan yang mudah dijumpai di negara seperti Indonesia, Malaysia, dan Thailand. Meski bentuknya mirip dengan mangga, buah bacang menawarkan rasa yang berbeda.

Selain itu, getah yang dihasilkan bacang juga dapat menyebabkan lepuh dan mengeluarkan bau yang khas. Walaupun demikian, buah bacang memiliki kandungan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh di bawah ini.

  • Energi
  • Protein
  • Lemak
  • Karbohidrat
  • Serat
  • Flavonoid
  • Kalsium
  • Fosfor
  • Besi
  • Beta-karoten
  • Vitamin B6
  • Vitamin C

Manfaat buah bacang

enzim pada pencernaan

Berkat kandungan gizi yang telah disebutkan, sudah tentu buah bacang akan menawarkan segudang khasiat bagi kesehatan. Bagaimana tidak, buah ini termasuk buah yang kaya akan serat, vitamin, dan mineral yang dibutuhkan tubuh.

Di bawah ini beberapa manfaat buah bacang yang bisa Anda peroleh.

1. Melancarkan pencernaan

Salah satu manfaat buah bacang yang sayang Anda lewatkan yiitu melancarkan sistem pencernaan. Pasalnya, buah bacang memiliki kandungan serat yang cukup tinggi yang baik untuk sistem pencernaan.

Serat adalah zat gizi yang dapat meningkatkan kepadatan dan massa feses, sehingga menjadi lebih lembut. Alhasil, Anda pun lebih lancar ketika buang air besar (BAB).

Bila Anda memiliki tekstur feses yang encer, serat juga dapat membantu memadatkannya. Hal ini dikarenakan serat menyerap air dan menambah berat pada feses.

Selain itu, makanan yang kaya akan serat seperti buah bacang juga mengurangi risiko wasir dan penyakit divertikular. Namun, temuan ini membutuhkan penelitian lebih lanjut untuk melihat bagaimana serat berperan dalam fungsi usus.

2. Membantu mencegah anemia

Selain baik untuk sistem pencernaan, buah bacang juga memiliki manfaat bagi orang yang berisiko terhadap anemia. Begini, salah satu penyebab anemia adalah kekurangan zat besi. Namun, masalah tersebut bisa diatasi dengan mengonsumsi bacang.

Zat besi yaitu nutrisi yang dibutuhkan tubuh untuk menghasilkan sel darah merah yang cukup. Tubuh tidak dapat memproduksi zat besi secara alami, sehingga Anda perlu mendapatkan asupan zat besi dari makanan atau suplemen.

Dengan begitu, sel darah merah dapat membantu mengirimkan oksigen ke jaringan yang membutuhkan, seperti otot dan sel otak. Itu sebabnya, Anda bisa memanfaatkan buah bacang sebagai salah satu sumber makanan yang kaya akan zat besi.

3. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Tidak hanya mencegah anemia, khasiat buah bacang lainnya adalah meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Salah satu kandungan yang bermanfaat bagi kekebalan tubuh yang bisa ditemukan pada buah bacang yaitu beta karoten.

Sebagai salah satu jenis vitamin A, beta karoten mempunyai sifat antioksidan yang membantu menangkal radikal bebas. Radikal bebas adalah molekul oksigen reaktif yang berisiko merusak lipid membran sel, protein, dan DNA.

Kerusakan tersebut dapat memicu peradangan kronis yang dapat mengganggu sistem imun. Akibatnya, tubuh pun lebih mudah terserang penyakit.

Maka dari itu, Anda bisa mengonsumsi buah bacang sebagai salah satu cara menjaga daya tahan tubuh. Selain buah bacang, meningkatkan sistem imun juga perlu dibarengi dengan makan makanan dengan gizi yang seimbang agar tubuh lebih sehat.

4. Menurunkan kolesterol

Berkat kandungan serat larut, yakni pektin, dalam buah yang sering disangka kweni ini, buah bacang diyakini dapat menurunkan kolesterol.

Pektin merupakan jenis serat larut yang biasanya dijumpai pada kacang-kacangan, oat, dan biji rami. Namun, serat yang berubah jadi gel ini juga bisa Anda manfaatkan dalam buah bacang.

Pektin dipercaya dapat menurunkan kadar kolesterol dengan mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL). Hal ini tentu sangat berguna untuk menurunkan risiko berbagai penyakit, seperti penyakit jantung dan hipertensi.

5. Melindungi kesehatan otak

Tahukah Anda bahwa buah bacang termasuk sumber vitamin B6 yang baik untuk kesehatan otak? Ya, manfaat vitamin B6 ini bisa Anda peroleh dengan memakan buah bacang.

Dikenal sebagai vitamin yang larut dalam air, vitamin B6 ternyata berperan penting dalam menjaga dan meningkatkan fungsi otak. Vitamin yang dapat diperoleh dari suplemen ini dapat menyeimbangkan kadar normal homosistein, yaitu asam amino dalam darah.

Senyawa ini tentunya diperlukan dalam perkembangan kognitif. Sementara itu, dilansir dari National of Health, bila Anda kekurangan asupan vitamin B6, maka fungsi otak Anda akan menurun, terutama pada lansia.

Itu sebabnya, Anda bisa mencoba memenuhi kebutuhan vitamin ini dengan memanfaatkan buah bacang.

Pada dasarnya, manfaat buah bacang tidak kalah dengan khasiat buah mangga pada umumnya. Pasalnya, kedua buah ini berasal dari keluarga yang sama, sehingga kandungan buah bacang dan mangga pun cukup mirip.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Dietary fiber: Essential for a healthy diet. (2020). Mayo Clinic. Retrieved 5 March 2021, from https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/nutrition-and-healthy-eating/in-depth/fiber/art-20043983 

Iron and your health. (2015). Harvard Health. Retrieved 5 March 2021, from https://www.health.harvard.edu/staying-healthy/iron-and-your-health 

Wyss, A. (2017). Beta-Carotene Benefits. Nutri Facts. Retrieved 5 March 2021, from https://www.nutri-facts.org/en_US/nutrients/carotenoids/beta-carotene/health-functions.html 

Vitamin B6. (2020). National Institute of Health. Retrieved 5 March 2021, from https://ods.od.nih.gov/factsheets/VitaminB6-HealthProfessional/ 

Horse Mango. (n.d). Health Benefits Times. Retrieved 5 March 2021, from https://www.healthbenefitstimes.com/horse-mango/ 

Mangifera foetida Lour. (2020). Flora and Fauna. Retrieved 5 March 2021, from https://www.nparks.gov.sg/florafaunaweb/flora/3/0/3012

Foto Penulis
Ditinjau oleh dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh Nabila Azmi
Tanggal diperbarui 2 minggu lalu
x