home

Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

9 Manfaat Air Tebu, Termasuk untuk Kesehatan Kulit dan Ginjal

9 Manfaat Air Tebu, Termasuk untuk Kesehatan Kulit dan Ginjal

Air tebu yang manis dan dingin bisa menjadi minuman terbaik untuk menyegarkan diri pada cuaca yang terik. Tak hanya melegakan kerongkongan, kandungan air tebu terdiri atas vitamin hingga mineral yang memberikan manfaat bagi tubuh Anda.

Kandungan gizi air tebu

kandungan air tebu

Air tebu adalah minuman manis alami yang dibuat dengan cara memeras batang tebu. Sari tebu yang terkumpul lalu disaring terlebih dulu sebelum dikonsumsi. Anda dapat membuatnya sendiri atau membelinya secara botolan atau di pedagang kaki lima.

Meskipun merupakan bahan baku gula pasir yang umum dikonsumsi, minuman air tebu bisa dibilang lebih menyehatkan daripada air gula biasa. Ini karena tebu mengandung zat gizi penting seperti karbohidrat, protein, dan mineral.

Satu gelas air tebu sebanyak 240 mililiter memiliki kandungan gizi sebagai berikut.

  • Kalori: 183 kkal
  • Protein: 0 gram
  • Lemak: 0 gram
  • Gula: 50 gram
  • Serat: 0 – 13 gram

Melansir buku Sugarcane Biotechnology: Challenges and Prospects, perasan tebu juga mengandung vitamin A, B1 hingga B6, C, dan E. Selain vitamin, segelas air tebu juga memberikan tubuh beragam mineral seperti kalium, kalsium, fosfor, dan zat besi.

Jika Anda mencari makanan atau minuman yang menjadi sumber antioksidan, air tebu bisa menjadi salah satunya. Menurut sebuah penelitian pada 2014, minuman ini kaya akan antioksidan berupa asam fenolat, quercetin, caffeic acid, dan ellagic acid.

Manfaat air tebu bagi kesehatan

glass skin

Berikut beberapa khasiat yang bisa Anda dapatkan dari mengonsumsi air tebu.

1. Merawat kesehatan kulit

Air tebu mengandung asam glikolat, salah satu antioksidan yang melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. Berkat khasiat ini, konsumsi air tebu diyakini membantu mengatasi radang, memperbaiki tampilan kulit, dan mengurangi tanda penuaan.

2. Menjaga kepadatan tulang

Mineral seperti kalsium, fosfor, dan magnesium pada air tebu merupakan komponen penting yang membantu memperkuat tulang. Dengan tulang yang padat dan kuat, Anda akan lebih terlindung dari risiko pengeroposan tulang atau osteoporosis.

3. Menurunkan kolesterol

Sejumlah studi membuktikan konsumsi air tebu murni memiliki manfaat dalam menurunkan kolesterol LDL dan trigliserida. Hal ini akan melindungi kesehatan jantung Anda dan berpotensi menurunkan risiko penyakit jantung seiring bertambahnya usia.

4. Membantu agar tidur lebih nyenyak

Kandungan asam amino dalam air tebu diyakini dapat menyeimbangkan jumlah hormon stres dalam tubuh. Selain itu, tubuh juga mengubah asam amino menjadi beberapa senyawa yang membantu Anda tidur lebih nyenyak, seperti melatonin dan triptofan.

5. Mengendalikan tekanan darah

Kandungan kalium dalam air tebu bisa mengurangi ketegangan pada pembuluh arteri. Hal ini tidak hanya bermanfaat untuk mengontrol tekanan darah, tapi juga berpotensi menurunkan risiko pengerasan pembuluh, serangan jantung, dan stroke.

6. Memperkuat daya tahan tubuh

Minum air tebu juga memberikan manfaat bagi sistem kekebalan tubuh Anda. Ini karena vitamin C pada air tebu dapat merangsang kerja sel darah putih yang disebut limfosit dan fagosit. Keduanya berperan penting dalam melawan serangan infeksi.

7. Manfaat air tebu untuk ginjal

Air tebu bersifat diuretik, yang berarti meningkatkan produksi urine sehingga membuat Anda lebih sering kencing. Hal ini berguna bagi tubuh karena kerja organ ginjal menjadi lebih efektif. Selain itu, urine juga membawa keluar endapan mineral pada saluran kemih.

8. Pengganti gula pasir

Meski mengandung gula, air tebu memiliki indeks glikemik (IG) rendah. Makanan ber-IG rendah tidak meningkatkan gula darah dengan cepat sehingga cenderung lebih aman. Namun, jika Anda menderita diabetes tipe 2, sebaiknya konsultasikan ini kepada dokter.

9. Menambah energi

Tebu mengandung glukosa dan berbagai mineral. Glukosa adalah sumber energi bagi tubuh yang utama. Sementara itu, mineral membantu proses perubahan glukosa menjadi energi serta mendorong laju metabolisme.

Jangan minum air tebu secara berlebihan

Air tebu memang memberikan banyak manfaat bagi kesehatan. Namun, patut diingat bahwa minuman ini mengandung banyak gula. Satu cangkir air tebu mengandung 50 gram gula yang hampir setara dengan lima sendok makan.

Batas asupan gula yang disarankan dalam sehari yaitu 54 gram, atau setara dengan lima sendok makan. Jika Anda sering mengonsumsi gula melebihi batas tersebut, risiko obesitas (kegemukan) dan penyakit diabetes dapat meningkat.

Seperti minuman manis pada umumnya, air tebu juga tidak disarankan untuk penderita diabetes. Meskipun air tebu memiliki IG yang rendah, penderita diabetes maupun orang yang berisiko tinggi mengalami diabetes sebaiknya menghindari minuman ini.

Jika Anda bukan penderita diabetes, Anda sebetulnya boleh saja mengonsumsi air tebu sesekali. Akan tetapi, pastikan Anda tidak mengonsumsinya secara berlebihan untuk menjaga gula darah tetap normal.

health-tool-icon

Kalkulator Kebutuhan Kalori

Gunakan kalkulator ini untuk menentukan berapa kebutuhan kalori harian Anda berdasarkan tinggi, berat badan, usia, dan aktivitas sehari-hari.

Laki-laki

Wanita

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Added Sugars. (2018). Retrieved 4 March 2021, from https://www.heart.org/en/healthy-living/healthy-eating/eat-smart/sugar/added-sugars

Chinnadurai, C. (2017). Sugarcane Biotechnology: Challenges and Prospects [Ebook] (pp. 1-12). Retrieved 4 March 2021, from https://www.researchgate.net/publication/319013514_Potential_Health_Benefits_of_Sugarcane.

Abbas, S. R., Sabir, S. M., Ahmad, S. D., Boligon, A. A., & Athayde, M. L. (2014). Phenolic profile, antioxidant potential and DNA damage protecting activity of sugarcane (Saccharum officinarum). Food chemistry, 147, 10–16. https://doi.org/10.1016/j.foodchem.2013.09.113

Hong, K. B., Park, Y., & Suh, H. J. (2018). Two combined amino acids promote sleep activity in caffeine-induced sleepless model systems. Nutrition research and practice, 12(3), 208–214. https://doi.org/10.4162/nrp.2018.12.3.208

Chen, S., Jiang, H., Wu, X., & Fang, J. (2016). Therapeutic Effects of Quercetin on Inflammation, Obesity, and Type 2 Diabetes. Mediators of inflammation, 2016, 9340637. https://doi.org/10.1155/2016/9340637

Li, Y., Chen, L. J., Jiang, F., Yang, Y., Wang, X. X., Zhang, Z., Li, Z., & Li, L. (2015). Caffeic acid improves cell viability and protects against DNA damage: involvement of reactive oxygen species and extracellular signal-regulated kinase. Brazilian journal of medical and biological research, 48(6), 502–508. https://doi.org/10.1590/1414-431X20143729

Foto Penulis
Ditulis oleh Andisa Shabrina Diperbarui 06/04/2021
Ditinjau oleh dr. Yusra Firdaus