backup og meta
Kategori
Cek Kondisi
Tanya Dokter
Simpan

7 Makanan yang Bikin Haus dan Sebabkan Dehidrasi

Ditinjau secara medis oleh dr. Patricia Lukas Goentoro · General Practitioner · Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI)


Ditulis oleh Larastining Retno Wulandari · Tanggal diperbarui 05/04/2023

7 Makanan yang Bikin Haus dan Sebabkan Dehidrasi

Pernahkah Anda merasa kerongkongan kering setelah mengonsumsi makanan tertentu? Hal ini tentu membuat Anda haus dan segera ingin minum air. Memang ada beberapa makanan yang bikin haus. Ketahui apa saja jenisnya dan penyebab makanan tersebut membuat haus.

Berbagai jenis makanan dan minuman yang bikin haus

Makanan pedas, makanan asin, dan makanan manis bisa menimbulkan dahaga berlebih. Berikut beberapa jenis makanan yang membuat Anda haus.

1. Makanan kalengan

makanan kalengan yang bikin haus

Makanan kalengan merupakan makanan yang tinggi garam. Pada dasarnya, garam berguna sebagai pengawet alami agar makanan tidak mudah tercemar bakteri. 

Namun, mengonsumsi garam berlebih justru menarik membuat kadar air di dalam sel-sel tubuh menuju darah.

Hal ini memicu otak mengirimkan sinyal pada tubuh untuk minum lebih banyak. Tujuannya, kadar garam berlebih dibuang lewat urine.

Oleh karena itu, makanan kalengan menjadi salah satu makanan yang bikin haus.

2. Kopi

Selain makanan, minuman berupa kopi merupakan salah satu asupan yang bikin haus.

Kandungan kafein pada kopi bersifat diuretik, yaitu memicu produksi urine. Hal ini membuat Anda buang air kecil lebih banyak.

Terlalu banyak buang air kecil membuat kadar air di dalam tubuh berkurang. Hal ini membuat Anda haus sebagai tanda tubuh butuh air segera. 

Namun, minum kopi tidak serta-merta membuat Anda dehidrasi.

3. Roti dan kue manis

Selain makanan tinggi garam, roti dan kue manis yang tinggi gula juga menjadi salah satu makanan yang bikin haus, mengapa?

Mengutip situs Mayo Clinic, asupan tinggi gula meningkatkan kadar gula darah. Hal ini membuat ginjal bekerja lebih keras untuk menyaring dan menyerap kelebihan gula.

Saat ginjal tidak sanggup bekerja dengan optimal, kadar gula berlebih ini akan dibuang melalui urine. Sering buang air kecil membuat tubuh kekurangan cairan dan haus. 

Tidak heran bila kecanduan makanan manis bisa membuat Anda haus berlebih.

4. Makanan pedas

makanan pedas yang bikin haus

Memang makanan pedas mendorong makan lebih banyak karena menggugah selera, tetapi ini justru bisa bikin haus. 

Makanan pedas bisa meningkatkan suhu tubuh Anda. Hal ini bisa menyebabkan Anda berkeringat lebih banyak. Jadi, kadar air tubuh bisa berkurang.

Selain itu, beberapa orang memiliki saluran pencernaan yang lebih sensitif sehingga makanan pedas memicu diare. Nah, diare ini bisa membuat Anda dehidrasi. 

Kekurangan kadar air inilah yang membuat Anda haus.

5. Keripik dan makanan ringan

Sama halnya dengan makanan kaleng, keripik dan makanan ringan kemasan tinggi garam dan bikin haus. Hal ini membuat tubuh menarik air dari dalam sel-sel ke darah. 

Akibatnya, kadar garam di dalam darah terlalu tinggi dan merangsang rasa haus. Jadi, Anda minum air dalam jumlah yang banyak untuk membuang garam berlebih.

Tidak hanya dari garam, kedua makanan ini juga mengandung MSG yang juga sama-sama membuat haus dengan cara yang sama.

6. Jus buah kemasan

Meski berasal dari buah-buahan, jus kemasan justru tinggi gula. Sekotak jus buah sebesar 250 ml mengandung gula sebesar 23 mg. 

Batas maksimum gula harian yang dianjurkan Kementerian Kesehatan RI sebesar 50 mg. Artinya, sekotak jus kemasan saja bisa memenuhi hampir separuh gula harian.

Tentu, minuman tinggi gula membuat ginjal bekerja lebih keras untuk membuang gula berlebih. Anda pun buang air kecil lebih banyak agar gula terbuang. Hal ini menyebabkan Anda dehidrasi dan haus.

7. Gorengan

Gorengan merupakan makanan yang bisa bikin haus. Pasalnya, minyak goreng kaya akan lemak. Lidah mengartikan lemak sebagai makanan yang asam dan memicu mual. 

Akibatnya, Anda merasa haus dan ingin mengonsumsi air yang banyak untuk mengurangi sensasi tersebut.

Selain itu, makanan tinggi minyak juga memicu asam lambung naik ke kerongkongan. Akibatnya, kerongkongan iritasi dan terasa perih sehingga Anda haus.

Kesimpulan

Beberapa jenis makanan yang bikin haus, yaitu makanan pedas, manis, tinggi garam, dan tinggi lemak. Kurangi asupan MSG, garam, gula, dan lemak agar haus tetap terkendali dan menurunkan risiko berbagai penyakit akibat konsumsi berlebih.

Catatan

Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Ditinjau secara medis oleh

dr. Patricia Lukas Goentoro

General Practitioner · Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI)


Ditulis oleh Larastining Retno Wulandari · Tanggal diperbarui 05/04/2023

advertisement iconIklan

Apakah artikel ini membantu?

advertisement iconIklan
advertisement iconIklan