Minum Air Hangat vs Air Dingin: Mana yang Lebih Sehat?

Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 18 Desember 2020 . Waktu baca 5 menit
Bagikan sekarang

Air memberi kita kehidupan, dan kita semua pasti tahu bagaimana nikmatnya minum air untuk melepas rasa dahaga. Namun, air dengan suhu seperti apa yang paling baik bagi kesehatan? Sistem pengobatan kuno seperti Ayurveda yang berasal dari India lebih dari 3.00 tahun yang lalu dan pengobatan tradisional Cina menyoroti pentingnya suhu air dan dampaknya pada tubuh. Jadi, dengan kata lain, keduanya memiliki manfaat, meskipun hal ini tergantung pada kondisi tertentu. Lalu, mari kita lihat berbagai manfaatnya di bawah ini!

Manfaat minum air hangat

1. Membantu kelancaran pencernaan

Menurut Ayurveda dan pengobatan Cina kuno, Anda harus minum segelas air hangat di pagi hari. Hal ini karena air hangat dapat mengaktifkan sistem pencernaan Anda, yang tentu dapat membantu Anda untuk menghindari gangguan pencernaan. Selain itu, minum air hangat juga dapat merangsang aliran darah menuju usus dan dapat membantu mencegah sembelit.

2. Membuang toksin dari tubuh

Salah satu manfaat dari minum air hangat adalah detoksifikasi. Air membantu menyingkirkan seluruh zat yang tidak murni dalam tubuh. Selain itu, dokter juga menyarankan untuk menambahkan sedikit jus lemon segar ke dalam air hangat untuk hasil detoksifikasi yang lebih baik. Lemon akan merangsang pencernaan dan membuang racun, sedangkan air hangat tidak memerlukan terlalu banyak energi untuk asimilasi. Selain itu, Anda dapat menambahkan bahan-bahan lainnya untuk pembersihan racun, seperti madu, mint segar, irisan mentimun, kayu manis, atau irisan apel untuk menjaga tubuh Anda terhidrasi dan bebas dari racun.

3. Menghambat penuaan

Menghambat penuaan adalah manfaat yang luar biasa yang dimiliki oleh air hangat. Seperti yang sudah dijelaskan, air hangat akan mengeluarkan racun dari tubuh, terutama racun yang dapat menyebabkan penuaan dini. Pada dasarnya, hal tersebut juga dapat memperbaiki sel-sel kulit dan meningkatkan elastisitas kulit.

4. Meredakan hidung tersumbat

Tidak banyak orang yang menyadari bahwa air hangat sangat baik untuk orang-orang yang menderita hidung tersumbat dan batuk berdahak. Hal ini disebabkan oleh air hangat yang dapat bertindak sebagai ekspektoran alami untuk membantu pengenceran dahak dari saluran pernapasan.

5. Melancarkan peredaran darah

Selain detoks, manfaat selanjutnya yang dimiliki oleh air hangat adalah meningkatkan sirkulasi peredaran darah. Minum air hangat juga dapat menghilangkan timbunan lemak dalam sistem saraf.

6. Melawan rasa sakit

Karena air hangat dapat meningkatkan aliran darah ke jaringan-jaringan tubuh, maka air hangat dapat bertindak dengan sangat baik sebagai bantuan alami terhadap rasa sakit. Oleh karena itu, jika Anda sering mengalami nyeri sendi atau kram saat menstruasi, maka Anda sangat disarankan untuk minum air hangat.

Manfaat minum air dingin

1. Menghidrasi tubuh seusai olahraga

Ini adalah fakta yang perlu diketahui, bahwa selama kita berolahraga, suhu tubuh akan meningkat. Untuk menurunkan suhu tubuh pasca olahraga, Anda sangat dianjurkan untuk minum air dingin. Air dingin akan membantu tubuh Anda untuk menurunkan suhu inti tubuh. Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of the International Society of Sport Nutrition menemukan bahwa partisipan yang mengonsumsi air dingin mampu menjaga suhu inti tubuh mereka sebanyak 50% dibandingkan dengan kelompok yang minum air dengan suhu kamar.

2. Menurunkan demam

Minum air dingin ketika Anda mengalami demam merupakan salah satu cara untuk menurunkan suhu tubuh. Sangatlah penting untuk menjaga tubuh terhidrasi penuh saat demam, karena tubuh Anda sedang bekerja keras untuk melawan segala faktor yang menyebabkan demam. Saat Anda kepanasan, minum air dingin dapat menjadi bantuan yang tepat. Anda juga bisa menambahkan beberapa perasan lemon segar dan garam untuk membantu Anda mengisi elektrolit yang hilang.

3. Menurunkan berat badan

Minum air dingin telah terbukti untuk meningkatkan metabolisme dan membakar hingga 70 kalori per hari. Ketika seseorang yang memiliki berat badan 70 kg dapat membakar 70 kalori dengan berjalan kaki selama 15 menit, maka minum air dingin mulai terdengar seperti cara yang sangat efektif untuk menurunkan berat badan.

4. Melawan heat stroke

Dr. Neha Sanwalka, seorang ahli gizi dan diet, mengatakan bahwa minum air dingin selama cuaca panas akan lebih cepat diserap dibandingkan dengan air hangat. Ketika Anda kembali ke rumah dari cuaca yang sangat panas atau ketika Anda mengalami heat stroke, Anda wajib minum air dingin.

Mana yang lebih baik untuk kesehatan?

Pengobatan tradisional Cina dan Ayurveda tidak menyarankan minum air dingin, karena air dingin dapat menyebabkan kontraksi otot. Di sisi lain, minum air hangat dapat meningkatkan sirkulasi darah sekaligus melindungi organ-organ internal dari kerusakan. Inilah sebabnya mengapa sebagian besar ahli kesehatan merekomendasikan untuk minum air hangat. Namun, pada hari yang panas, Anda dapat minum air dingin untuk menurunkan suhu tubuh.

BACA JUGA:

Kalkulator BMI

Benarkah berat badan Anda sudah ideal?

Ayo Cari Tahu!
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Penyebab Kumis dan Jenggot Tidak Tumbuh pada Sebagian Pria

Tak semua pria itu sama. Ada yang brewokan dan kumisan, tapi ada juga yang tidak tumbuh jenggot dan kumis di wajahnya. Apa penyebabnya?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Kesehatan Pria, Penyakit pada Pria 25 Februari 2021 . Waktu baca 3 menit

Benarkah Obat Kumur Bisa Mengobati Sariawan?

Banyak orang menggunakan obat kumur sebagai pengganti obat sariawan. Apa saja kandungan dalam obat kumur? Benarkah bisa mengobati sariawan?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Penyakit Gusi dan Mulut, Gigi dan Mulut 25 Februari 2021 . Waktu baca 6 menit

Mengenal Jenis-Jenis Yoga dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Yoga adalah salah satu jenis olahraga yang diminati banyak orang. Tapi, apakah Anda tahu apa saja manfaat yoga untuk kesehatan?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Fitriana Deswika
Latihan Kelenturan, Kebugaran 25 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit

Bahaya Mie Instan Jika Terlalu Sering Dikonsumsi

Mie instan mungkin makanan favorit masyarakat Indonesia, terutama anak kos di akhir bulan. Namun, tahukah Anda bahaya makan mie instan?

Ditinjau oleh: Hello Sehat Medical Review Team
Ditulis oleh: Theresia Evelyn
Fakta Gizi, Nutrisi 25 Februari 2021 . Waktu baca 3 menit

Direkomendasikan untuk Anda

bahaya pakai earphone saat tidur

Waspada Bahaya Infeksi Telinga Akibat Pakai Earphone Saat Tidur

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Thendy Foraldy
Dipublikasikan tanggal: 26 Februari 2021 . Waktu baca 3 menit
Apa Fungsi Obat Methylprednisolone

Obat Penambah Tinggi Badan, Apakah Benar Bisa Membuat Tinggi?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 26 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit
luka gatal mau sembuh

Kenapa Biasanya Luka Terasa Gatal Kalau Mau Sembuh?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 26 Februari 2021 . Waktu baca 3 menit
wanita berbulu lebat nafsu tinggi seks

Benarkah Wanita Berbulu Lebat Nafsu Seksnya Tinggi?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Satria Perdana
Dipublikasikan tanggal: 25 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit