home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Minum Air Hangat vs Air Dingin: Mana yang Lebih Sehat?

Minum Air Hangat vs Air Dingin: Mana yang Lebih Sehat?

Air memberi kita kehidupan, dan kita semua pasti tahu bagaimana nikmatnya minum air untuk melepas rasa dahaga. Mengenai suhu air, memilih yang lebih memberikan manfaat di antara minum air hangat dan minum air dingin masih menjadi perdebatan. Padahal, keduanya sama-sama baik untuk tubuh. Mari kita lihat berbagai manfaatnya di bawah ini!

Manfaat minum air hangat

Banyak orang mengatakan bahwa minum air hangat dapat memberikan lebih banyak manfaat daripada minum air dingin. Lantas, apa saja manfaatnya?

1. Membantu kelancaran pencernaan

Minum air putih hangat, terutama di pagi hari, dapat memberi manfaat berupa kelancaran pencernaan. Hal ini karena air hangat dapat mengaktifkan sistem pencernaan yang nantinya akan merangsang aliran darah menuju usus. Sehingga, nantinya Anda terhindar dari gangguan pencernaan seperti sembelit.

Memang, masih diperlukan penelitian lanjutan untuk manfaat satu ini. Namun, sebuah studi tahun 2016 pernah menunjukkan bahwa air putih hangat berpotensi untuk memperbaiki fungsi pergerakan usus dan pengeluaran gas setelah operasi.

2. Membuang toksin dari tubuh

Para ahli berpendapat bahwa air hangat bisa bantu tubuh dalam proses detoksifikasi. Air yang hangat akan menaikkan suhu tubuh seseorang dan memicu keluarnya keringat.

Melalui keringat, racun-racun atau zat-zat lain yang tidak diperlukan akan keluar dari tubuh. Berkeringat juga akan membantu membersihkan pori-pori.

Untuk menambah keefektifannya, Anda bisa menambahkan bahan lain seperti lemon, madu, irisan mentimun, atau irisan apel.

4. Meredakan hidung tersumbat

Tidak banyak orang yang menyadari bahwa air hangat sangat baik untuk orang-orang yang menderita hidung tersumbat dan batuk berdahak.

Hal ini disebabkan oleh air hangat yang dapat bertindak sebagai ekspektoran alami yang berfungsi untuk membantu pengenceran dahak dari saluran pernapasan.

5. Melancarkan peredaran darah

Selain detoks, manfaat selanjutnya yang dimiliki oleh air hangat adalah meningkatkan sirkulasi peredaran darah. Minum air hangat juga dapat menghilangkan timbunan lemak dalam sistem saraf.

Karena air hangat dapat meningkatkan aliran darah ke jaringan-jaringan tubuh, maka air hangat dapat bertindak dengan sangat baik sebagai bantuan alami terhadap rasa sakit.

Oleh karena itu, jika Anda sering mengalami nyeri sendi atau kram saat menstruasi, maka Anda sangat disarankan untuk minum air hangat.

Manfaat minum air dingin

Minum air hangat memang bisa memberikan sejumlah manfaat untuk kesehatan. Akan tetapi, bukan berarti minum air dingin sepenuhnya buruk. Air dingin juga bisa memberikan manfaat yang tentunya sayang untuk Anda lewatkan!

1. Menghidrasi tubuh seusai olahraga

Perlu Anda ketahui, selama kita berolahraga, suhu tubuh akan meningkat. Untuk menurunkan suhu tubuh pasca olahraga, Anda sangat dianjurkan untuk minum air dingin.

Air dingin akan membantu tubuh Anda untuk menurunkan suhu inti tubuh. Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of the International Society of Sport Nutrition menemukan bahwa partisipan yang mengonsumsi air dingin mampu menjaga suhu inti tubuh mereka sebanyak 50% dibandingkan dengan kelompok yang minum air dengan suhu kamar.

2. Menurunkan demam

Minum air dingin ketika Anda mengalami demam merupakan salah satu cara untuk menurunkan suhu tubuh. Sangatlah penting untuk menjaga tubuh terhidrasi penuh saat demam, karena tubuh Anda sedang bekerja keras untuk melawan segala faktor yang menyebabkan demam.

Ketika Anda kepanasan, minum air dingin dapat menjadi bantuan yang tepat. Anda juga bisa menambahkan beberapa perasan lemon segar dan garam untuk membantu Anda mengisi elektrolit yang hilang.

3. Menurunkan berat badan

Minum air dingin telah terbukti untuk meningkatkan metabolisme dan membakar hingga 70 kalori per hari. Ketika seseorang yang memiliki berat badan 70 kg dapat membakar 70 kalori dengan berjalan kaki selama 15 menit, maka minum air dingin mungkin dapat menjadi cara yang efektif untuk menurunkan berat badan.

4. Melawan heat stroke

Minum air dingin selama cuaca panas akan lebih cepat diserap dibandingkan dengan air hangat. Ketika Anda kembali ke rumah dari cuaca yang sangat panas atau ketika Anda mengalami heat stroke, ada baiknya Anda minum air dingin untuk mengatasinya.

Selain menghidrasi tubuh, air dingin juga akan bantu mengembalikan suhu tubuh Anda kembali pada suhu yang normal.

Mana yang lebih baik untuk kesehatan?

Keduanya sama-sama baik untuk dikonsumsi tentunya dengan menyesuaikan kondisi tubuh Anda. Bila Anda ingin mengatasi penyakit seperti flu atau hidung tersumbat, minum air hangat mungkin akan lebih membantu. Sedangkan, bila cuaca sedang panas, Anda bisa bantu mendinginkan tubuh dengan air dingin.

Hal yang penting adalah, apapun suhunya, Anda tetap harus memastikan bahwa kebutuhan air putih Anda dalam sehari sudah terpenuhi dengan baik. Selain terhindar dari dehidrasi, air akan bantu menjaga fungsi tubuh agar tetap bekerja dengan optimal.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Benefits of Drinking Hot Water http://www.newhealthadvisor.com/Benefits-of-Drinking-Hot-Water.html Diakses 22 Juli 2016.

Warm Water vs Cold Water: Which is better to drink? http://www.thehealthsite.com/fitness/warm-water-vs-cold-water-which-is-better-to-drink Diakses 22 Juli 2016.

Which is Better: Drinking cold or warm water? http://www.healthyandnaturalworld.com/drinking-cold-or-warm-water/ Diakses 22 Juli 2016.

Reason Ice Cold Water is Good for Your Health http://www.organicmedic.com/1803/health-benefits-of-ice-cold-water/ Diakses 22 Juli 2016.

Foto Penulis
Ditulis oleh Adinda Rudystina
Tanggal diperbarui 10/01/2017
x