Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

Yuk, Jauhi Penyakit dengan Melancarkan Peredaran Darah dalam Tubuh

Yuk, Jauhi Penyakit dengan Melancarkan Peredaran Darah dalam Tubuh

Jantung memompa darah ke seluruh bagian tubuh lewat pembuluh darah. Proses yang disebut peredaran darah ini penting untuk kesehatan Anda. Lalu, bagaimana cara melancarkan peredaran darah dalam tubuh?

Simak ulasannya berikut ini.

Beragam cara ampuh melancarkan peredaran darah

Sistem peredaran darah berfungsi untuk mengedarkan oksigen dan zat gizi menuju seluruh sel, jaringan, dan organ dalam tubuh.

Semua bagian tersebut terhubung lewat pembuluh darah kecil hingga pembuluh darah utama.

Inilah sebabnya gangguan pada sistem peredaran darah, terutama pada elemen utama yakni jantung, pembuluh darah, dan darah, turut memengaruhi fungsi tubuh yang lain.

Meski begitu, ada beberapa upaya yang dapat Anda lakukan untuk melancarkan peredaran darah dan mencegah timbulnya gangguan kesehatan.

Berikut berbagai cara mudah untuk melancarkan sirkulasi darah dalam tubuh Anda.

1. Konsumsi makanan yang memperlancar peredaran darah

makanan untuk melancarkan peredaran darah

Makanan yang Anda konsumsi memengaruhi sistem peredaran darah dengan beberapa cara.

Cabai, kunyit, dan sayuran berdaun hijau membantu meningkatkan nitrit oksida dalam darah. Hal ini akan melebarkan pembuluh darah sehingga peredaran darah jadi lebih efektif.

Untuk menunjang kesehatan pembuluh darah dan mencegah penyumbatan akibat kolesterol, Anda juga bisa mengonsumsi ikan yang kaya asam lemak omega-3.

Jangan lupa untuk makan makanan kaya antioksidan, seperti bawang, buah-buahan sitrus, serta berbagai jenis buah beri untuk melindungi pembuluh darah dari radikal bebas.

2. Hindari kebiasaan merokok

Menghindari kebiasaan merokok jadi salah satu cara melancarkan peredaran darah. Penggunaan rokok berdampak buruk bagi jantung karena mengandung berbagai bahan aktif berbahaya, salah satunya nikotin.

Senyawa berbahaya ini terdapat dalam semua jenis rokok, mulai dari rokok tradisional, rokok elektrik, hingga rokok tanpa asap.

Paparan nikotin dapat memengaruhi sirkulasi darah dalam tubuh. Hal ini akan mempersempit pembuluh darah dan mengentalkan darah.

Oleh sebab itu, berhenti merokok jadi satu-satunya solusi yang tepat untuk Anda lakukan.

3. Jaga berat badan ideal

berat badan naik di kantor

Berat badan ideal akan melindungi Anda dari risiko obesitas. Obesitas tidak hanya menghambat sistem peredaran darah, tetapi juga memicu penumpukan plak pada pembuluh arteri.

Akibatnya, Anda akan berisiko lebih tinggi untuk mengalami gangguan kardiovaskular, seperti stroke, serangan jantung, dan penyakit jantung koroner.

Agar bisa memperoleh berat badan ideal, Anda perlu mengonsumsi makanan bergizi seimbang dan menghindari makanan yang meningkatkan kolesterol jahat dalam darah.

Selain itu, menghindari kebiasaan malas gerak alias mager dan rutin berolahraga juga bisa membantu Anda dalam mengelola berat badan.

4. Olahraga rutin

Tubuh butuh lebih banyak pasokan oksigen agar fungsinya tetap optimal selama berolahraga.

Maka dari itu, jantung memberikan respons dengan memompa lebih banyak darah ke seluruh tubuh sehingga peredaran darah menjadi lebih lancar.

Di samping itu, olahraga secara rutin juga dapat meningkatkan kemampuan pembuluh darah untuk melebar dan bekerja dengan lebih efektif.

American Heart Association menganjurkan orang dewasa untuk melakukan olahraga aerobik setidaknya 150 menit seminggu. Ini bisa dibagi menjadi olahraga 30 menit sehari selama lima hari.

5. Kelola stres

meditasi jalan walking meditation

Ketika tubuh Anda mengalami stres, pembuluh darah akan mengalami penyempitan sehingga sirkulasi darah menjadi terganggu.

Stres memang tidak dapat dihindari dari kehidupan sehari-hari. Namun, Anda dapat melakukan beberapa cara untuk mengelola stres agar tidak berlarut-larut.

Berbagai teknik populer, seperti latihan pernapasan, meditasi, dan yoga, tentu dapat dilakukan.

Selain itu, Anda juga bisa melakukan hal yang disukai, misalnya mendengarkan musik, minum teh hangat, atau berkumpul bersama teman.

Faktor-faktor yang berperan penting untuk melancarkan peredaran darah sebenarnya berasal dari gaya hidup sehat dan pola makan yang tepat.

Tidak ada kata terlambat untuk memulai gaya hidup sehat selama Anda memiliki komitmen untuk menjalaninya.

Yuk, mulai perbaiki gaya hidup Anda guna melancarkan peredaran darah dan menghindari risiko berbagai penyakitnya.

health-tool-icon

Kalkulator Detak Jantung

Cari tahu berapa detak jantung istirahat (RHR) maksimum untuk usia Anda dan bagaimana intensitas olahraga dan faktor lain memengaruhi detak jantung.

Laki-laki

Wanita

Anda mengecek untuk ....

Detak jantung istirahat Anda .... (bpm/denyut per menit)

60

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

How to Improve Your Circulation. WebMD. (2022). Retrieved 11 April 2022, from https://www.webmd.com/dvt/ss/slideshow-dvt-improve-circulation

Obesity. British Heart Foundation. (2022). Retrieved 11 April 2022, from https://www.bhf.org.uk/informationsupport/risk-factors/obesity

American Heart Association Recommendations for Physical Activity in Adults and Kids. American Heart Association. (2018). Retrieved 11 April 2022, from https://www.heart.org/en/healthy-living/fitness/fitness-basics/aha-recs-for-physical-activity-in-adults

Mental stress-induced constricted blood vessels more likely in women. ScienceDaily. (2017). Retrieved 11 April 2022, from https://www.sciencedaily.com/releases/2017/12/171221101344.htm

Juturu, V. (2016). Capsaicinoids Modulating Cardiometabolic Syndrome Risk Factors: Current Perspectives. Journal Of Nutrition And Metabolism, 2016, 1-11. https://doi.org/10.1155/2016/4986937

Cohen, M. G., Rossi, J. S., Garbarino, J., Bowling, R., Motsinger-Reif, A. A., Schuler, C., Dupont, A. G., & Gabriel, D. (2011). Insights into the inhibition of platelet activation by omega-3 polyunsaturated fatty acids: beyond aspirin and clopidogrel. Thrombosis research, 128(4), 335–340. https://doi.org/10.1016/j.thromres.2011.04.023

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Satria Aji Purwoko Diperbarui 2 weeks ago
Ditinjau secara medis oleh dr. Charley Simanjuntak, Sp.B., Sub BVE, B.Med.Sc.