Artikel Bersponsor

Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

Sering Konsumsi Sup? Simak 7 Manfaat Sup untuk Kesehatan

DISPONSORI OLEH:

Sering Konsumsi Sup? Simak 7 Manfaat Sup untuk Kesehatan

Sup dikenal memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan, yang tentunya dibutuhkan di masa pandemi sekarang.

Jenis makanan ini dapat dikonsumsi untuk mendukung penyembuhan penyakit, seperti sakit tenggorokan, batuk, flu, hingga gejala Covid-19 yang menyerang tenggorokan.

Selain itu, sup juga bisa dijadikan sebagai pilihan makanan yang dinikmati sehari-hari. Anda bisa menggunakan bahan dan sayuran yang berbeda untuk menikmati makanan lezat ini sesuai selera.

Dengan memakan sup yang mengandung bahan-bahan bergizi, secara tidak langsung Anda telah menyediakan asupan mineral, vitamin dan nutrisi yang cukup untuk tubuh.

Beragam manfaat sup untuk kesehatan

Sup adalah salah satu sumber vitamin yang merupakan asupan nutrisi yang penting untuk menjaga kesehatan tubuh.

Maka dari itu, Anda bisa menikmati berbagai manfaat kesehatan dengan mengonsumsi sup. Apa saja manfaatnya? Simak penjelasannya di bawah ini.

1. Dapat menghangatkan tubuh

Manfaat sup yang bisa langsung dirasakan oleh setiap orang yaitu memberikan rasa hangat untuk tubuh. Untuk itu, Anda bisa menjadikan sup sebagai menu pembuka yang bisa menghangatkan perut Anda.

American College of Gastroenterology pun merekomendasikan untuk makan sup kaldu apabila ingin meredakan diare.

Pasalnya, kandungan garam dalam sup bisa membantu tubuh menyerap lebih banyak air, sehingga dapat memenuhi kebutuhan cairan tubuh yang hilang saat diare.

2. Baik untuk pencernaan

Sup yang kaya akan sayuran tinggi serat seperti brokoli, wortel, kacang panjang, kacang polong dan lentil telah terbukti bisa melancarkan sistem pencernaan Anda.

Selain itu, berbagai penelitian seperti dari American Society for Nutrition, sup yang kaya serat juga bisa meningkatkan sensitivitas insulin tubuh.

Dalam hal ini, sup kaya serat bisa membantu menekan risiko diabetes tipe 2, dan menjadi pilihan makanan yang baik untuk pasien diabetes.

3. Membantu menurunkan berat badan

Anda ingin menurunkan berat badan dengan cepat? Sup bisa dijadikan pilihan makanan yang tepat untuk mendukung diet Anda.

Pasalnya, sup bersifat rendah kalori dan rendah lemak sehingga bisa memenuhi rasa lapar yang tiba-tiba muncul, dan juga mencegah Anda makan berlebihan.

Berdasarkan temuan dari sebuah penelitian pada tahun 2013, mengonsumsi sup dikaitkan dengan BMI (Indeks Massa Tubuh) dan lingkar pinggang yang lebih rendah.

Tidak hanya itu, dalam penelitian yang sama juga menunjukkan, mengonsumsi sup bisa menurunkan risiko kelebihan berat badan atau obesitas.

Oleh sebab itu, mulailah mengonsumsi sup untuk membantu menurunkan berat badan sesuai target yang Anda inginkan.

4. Membuat tubuh kenyang lebih lama

Manfaat sup yang mungkin jarang disadari orang, yaitu sup bisa memunculkan rasa kenyang yang lebih lama.

Namun jumlah kalori yang diberikan lebih rendah dibandingkan dengan makanan lainnya. Hal ini dibuktikan dari temuan peneliti dari Universitas Oxford Brookes.

Penelitian tersebut menemukan bahwa semangkuk sup dapat menyebabkan rasa kenyang lebih tinggi dibandingkan dengan makanan padat lainnya.

Hal ini karena sup akan memicu distensi lambung (penumpukan gas atau cairan pada lambung) dan membantu tubuh mendapatkan nutrisi dengan cepat.

Dengan begitu, tubuh bisa menghasilkan respons glikemik yang lebih efektif. Jadi, Anda akan merasa kenyang dalam waktu yang lebih lama setelah mengonsumsi sup.

5. Memperkuat daya tahan tubuh

Alih-alih mengonsumsi obat-obatan untuk menguatkan sistem kekebalan tubuh, cobalah untuk mulai mengonsumsi sup buatan sendiri untuk mendapatkan manfaat imunitas yang lebih alami.

Pasalnya, beberapa sup mengandung nutrisi yang bisa menangkal berbagai macam penyakit. ambil contoh, sup ayam yang berkhasiat dalam meredakan flu.

Cara membuatnya pun mudah, cukup masak sup ayam dengan bawang bombay, bawang putih, wortel, dan seledri.

Bahan-bahan ini terbukti memiliki khasiat untuk meningkatkan kekebalan tubuh secara alami, sekaligus bisa memenuhi asupan mineral dan vitamin yang dibutuhkan tubuh.

6. Sumber baik untuk antioksidan

Kombinasi berbagai macam sayuran yang digunakan dalam sup menjadikan makanan satu ini memiliki tingkat antioksidan yang tinggi.

Komponen-komponen ini akan bekerja untuk melindungi tubuh Anda dari kerusakan akibat radikal bebas.

Alhasil, tubuh akan menekan tanda-tanda penuaan pada kulit, seperti timbulnya lingkaran hitam, bintik-bintik, garis-garis halus, dan lainnya.

Cukup dengan mengonsumsi sup dengan sayuran-sayuran yang kaya antioksidan seperti brokoli, wortel, kentang, dan kol, Anda akan memiliki kulit yang bercahaya dan awet muda.

7. Membuat tulang lebih kuat

Manfaat sup lain yang mungkin belum Anda tahu adalah bisa membuat tulang lebih kuat. Alasannya, beberapa sup mengandung sayuran yang menjadi sumber alami dari kalsium dan Vitamin D.

Sebagai contoh, sayuran tinggi kalsium seperti brokoli dan kale, yang dapat memperkuat struktur kerangka tubuh serta tulang.

Bahkan, Anda juga bisa menurunkan risiko terkena osteoporosis dengan mengonsumsi sup yang tinggi kalsium dengan sayuran-sayuran tersebut.

Setelah mengetahui beragam manfaat sup untuk kesehatan, tentu Anda ingin segera merasakan langsung khasiat dari sup tersebut.

Mari mulai memasak berbagai jenis sup untuk menjaga kesehatan Anda dengan baik di masa pandemi ini.

Pilihan sup untuk dicoba di masa pandemi

royco sup jagung

Untuk mendapatkan manfaat kesehatan dari sup yang telah disebutkan di atas, Anda bisa mencoba mengonsumsi sup krim siap saji dari Royco dengan mudah dan cepat dimasak.

Sup krim sudah bisa disantap dalam waktu lima menit. Sup Krim Kepiting & Jagung Royco mengandung tiga nutrisi penting.

  • Jagung, memiliki manfaat kesehatan yang baik, mulai dari menjaga kesehatan mata, mengontrol gula darah, menurunkan risiko kanker dan jantung.
  • Kepiting, sumber protein yang kaya akan khasiat untuk menjaga daya tahan tubuh selama pandemi, sumber antioksidan, serta bisa menjaga kesehatan tulang.
  • Iodium, penting bagi manusia karena berperan untuk mengatur banyak fungsi tubuh, mulai dari metabolisme, pertumbuhan, hingga perkembangan otak pada bayi dan anak-anak.

Untuk membuat Sup Krim Kepiting & Jagung Royco lebih nikmat dan bergizi, Anda bisa mencampurkannya sesuai dengan rekomendasi saji yaitu menggunakan sebutir telur.

Tak ada salahnya juga untuk mencampurkan sup krim dengan sayuran lain, seperti brokoli dan wortel yang telah direbus atau dikukus agar manfaat kesehatan yang didapatkan lebih banyak.

Lindungi keluarga di masa pandemi dengan makanan sehat, dan mulai nikmati #SemangkukKehangatan Lezat dan Bernutrisi dengan mengonsumsi Sup Krim Kepiting & Jagung dari Royco.

Verifying...
health-tool-icon

Kalkulator Kebutuhan Kalori

Gunakan kalkulator ini untuk menentukan berapa kebutuhan kalori harian Anda berdasarkan tinggi, berat badan, usia, dan aktivitas sehari-hari.

Laki-laki

Wanita

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Diarrheal Diseases – Acute and Chronic – American College of Gastroenterology. American College of Gastroenterology. (2022). Retrieved 6 March 2022, from https://gi.org/topics/diarrhea-acute-and-chronic/.

Weickert, M., & Pfeiffer, A. (2018). Impact of Dietary Fiber Consumption on Insulin Resistance and the Prevention of Type 2 Diabetes. The Journal Of Nutrition148(1), 7-12. https://doi.org/10.1093/jn/nxx008

Zhu, Y., & Hollis, J. (2013). Soup Consumption Is Associated with a Reduced Risk of Overweight and Obesity but Not Metabolic Syndrome in US Adults: NHANES 2003–2006. Plos ONE8(9), e75630. https://doi.org/10.1371/journal.pone.0075630

Clegg, M., Ranawana, V., Shafat, A., & Henry, C. (2012). Soups increase satiety through delayed gastric emptying yet increased glycaemic response. European Journal Of Clinical Nutrition67(1), 8-11. https://doi.org/10.1038/ejcn.2012.152

(2022). Understanding the Health Benefits of Soup – PainPathways Magazine. PainPathways Magazine. Retrieved 6 March 2022, from https://painpathways.org/health-benefits-of-soup/.

Benefits of Soup. Little Red Hen. (2019). Retrieved 6 March 2022, from https://www.littleredhen.org/blogs/news/benefits-of-soup.

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Nadhila Erin Diperbarui 5 days ago
Ditinjau secara medis oleh dr. Carla Pramudita Susanto