Daftar Makanan yang Mudah Dicerna dan Susah Dicerna

Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 17 Desember 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Setiap orang mempunyai sistem pencernaan yang berbeda-beda. Kecepatan tubuh dalam mencerna makanan juga dipengaruhi dengan jenis makanan serta minuman yang dikonsumsi. Terdapat beberapa jenis makanan yang mudah dicerna sementara yang lainnya susah dicerna. Hal ini tentu saja akan mempengaruhi sistem pencernaan, metabolisme tubuh, bahkan mempengaruhi status kesehatan secara tidak langsung. Lalu apa saja jenis makanan yang mudah dicerna dan susah dicerna oleh tubuh?

Makanan yang mudah dicerna oleh tubuh

Makanan yang mudah dicerna tentunya akan berpengaruh terhadap sistem pencernaan serta kecepatan metabolisme tubuh. apalagi, bagi Anda yang sedang mengalami gangguan sistem pencernaan sebaiknya mengonsumsi lebih banyak makanan yang mudah dicerna, agar beban kerja dari organ pencernaan tidak terlalu berat. Terdapat beberapa jenis makanan yang mudah dicerna, yaitu:

  • Makanan dengan protein yang rendah. Protein adalah zat gizi makro yang sangat penting perannya dalam regenerasi serta memperbaiki sel di dalam tubuh. tetapi Anda harus menghindari makanan yang tinggi protein jika sedang mengalami masalah pencernaan. Oleh karena itu, sebaiknya memilih sumber protein yang mudah dicerna yang berasal dari tumbuhan, seperti kacang-kacangan, tahu, tempe, serta sumber protein hewani yang mengandung lemak rendah.
  • Makanan sumber karbohidrat dengan serat yang rendah. Meskipun sehat bagi tubuh, makanan yang mengandung serat tinggi sebenarnya memerlukan waktu yang cukup lama untuk dicerna. Oleh karena itu, sebaiknya memilih makanan sumber karbohidrat yang tidak mengandung serat tinggi, seperti roti tawar putih, nasi putih, serta berbagai jenis tepung-tepungan. Sedangkan sumber karbohidrat seperti gandum dan nasi merah adalah makanan pokok yang mengandung serat tinggi dan tidak mudah dicerna.
  • Buah-buahan yang tidak mengandung asam yang tinggi. Buah-buahan adalah sumber utama dari vitamin dan mineral. Buah yang mengandung air yang banyak merupakan buah yang mudah dicerna oleh tubuh, seperti semangka, pir, melon, mangga, dan pepaya.
  • Sayuran matang. Sayuran adalah sumber utama serat, walaupun serat susah dicerna oleh tubuh. tetap saja sistem pencernaan Anda membutuhkan serat dalam proses mencerna makanan. Pilihlah sumber sayuran matang seperti, wortel, daun selada, sayur yang berdaun hijau tua, jamur, serta labu.

Makanan yang susah dicerna oleh tubuh

Bagi Anda yang mengalami gangguan pencernaan, maka lebih baik untuk menghindari jenis makanan yang susah dicerna oleh organ pencernaan. Jika Anda mengonsumsinya, malah akan memperberat kerja organ cerna sehingga masalah pencernaan yang dialami akan semakin buruk.

Pada dasarnya, makanan yang mengandung serat serta lemak tinggi adalah makanan yang susah dicerna oleh tubuh. Walaupun memang makanan berserat merupakan makanan yang sehat dan baik untuk pencernaan, tetapi tubuh memerlukan energi yang ekstra untuk dapat memecah serta menyerap serat. Makanan yang mengandung serat yang tinggi memang dirancang untuk membuat tubuh bekerja lebih keras, sehingga cadangan lemak bisa dipakai untuk sumber energi untuk mencerna serat. Bagi Anda yang mengalami diare, hindari makanan yang mengandung serat larut air. 

Makanan tinggi lemak juga termasuk makanan yang susah dicerna oleh tubuh, karena itu makanan yang berlemak tinggi mudah membuat perut menjadi kenyang. Apabila Anda mengalami gangguan pencernaan, maka sebaiknya menghindari makanan yang berlemak.

Berikut adalah jenis makanan yang susah dicerna oleh tubuh:

  • Daging sapi
  • Sayuran dan buah-buahan mentah
  • Makanan pedas dan berbumbu kuat
  • Makanan manis
  • Makanan yang mengandung minyak tinggi
  • Teh, kopi, dan minuman ringan lainnya

Kalkulator BMI

Benarkah berat badan Anda sudah ideal?

Ayo Cari Tahu!
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Apakah Tremor Bisa Disembuhkan? Apa Saja Pengobatannya?

Dalam beberapa kasus, tremor bisa sembuh tapi bisa juga tidak. Tremor jenis apa yang bisa disembuhkan dan seperti apa pengobatannya? Cek di sini.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Rr. Bamandhita Rahma Setiaji
Kesehatan Otak dan Saraf, Penyakit Saraf Lainnya 27 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit

3 Fakta Tentang Hati (Liver) Manusia yang Ternyata Menakjubkan

Sebagai organ vital manusia, hati (liver) berperan penting dalam menjaga kesehatan. Cari tahu fakta tentang hati manusia berikut ini.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
Kesehatan Pencernaan, Penyakit Hati (Liver) 27 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

Mau Coba Diet Raw Food? Simak Dulu Info Penting Ini

Diet raw food alias makan makanan mentah tak boleh sembarangan dilakukan. Pilihan makanannya pun harus diperhatikan. Aturannya seperti apa?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Diet, Nutrisi 27 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

7 Trik Jitu Agar Tak Mudah Tergoda Makan Junk Food

Anda tidak bisa berhenti makan junk food? Tenang, ada siasat khusus untuk menghindari godaan makan makanan tak sehat. Intip caranya di sini, yuk.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Tips Makan Sehat, Nutrisi 27 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

obat kuat alami

11 Pilihan Obat Kuat Alami yang Bikin Pria Lebih Tahan Lama di Ranjang

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 27 Januari 2021 . Waktu baca 9 menit
menelan sperma

Apakah Bisa Hamil Jika Kita Menelan Sperma?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 27 Januari 2021 . Waktu baca 3 menit
mengeluarkan racun dari tubuh detoksifikasi

8 Cara Mengeluarkan Racun dari Tubuh (Detoksifikasi)

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Dipublikasikan tanggal: 27 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit
radiasi wi-fi

Benarkah Radiasi dari Wi-Fi Bisa Memicu Kanker Anak?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 27 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit