Yang Akan Terjadi Pada Tubuh Jika Anda Ikut Aksi Mogok Makan

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 11 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Pasti Anda sudah sering mendengar aksi mogok makan ketika banyak orang melakukan demonstrasi. Memang, aksi mogok makan sering dilakukan sebagai bentuk protes terhadap pemerintahan atau penguasa, untuk menarik perhatian saat demonstrasi. Tentu, ini merupakan cara yang tidak tepat karena bisa menyiksa orang yang melakukannya. Ingin tahu apa saja dampak yang bisa ditimbulkan dari aksi mogok makan pada tubuh? Simak penjelasannya berikut ini.

Saat mogok makan, tubuh akan memakai cadangan energi

Setiap hari bahkan setiap detik manusia membutuhkan energi untuk melakukan aktivitas dan juga untuk kebutuhan dasar tubuh dalam menjalankan fungsinya. Sehingga, manusia butuh makan untuk mendapatkan energi.

Rata-rata orang membutuhkan sekitar 1.200 kalori per hari untuk menjaga fungsi organ dalam tubuh, mendukung kerja otak, fungsi jantung, dan fungsi pertumbuhan dasar. Ini juga disebut sebagai kebutuhan kalori dasar. Di samping itu, manusia juga memerlukan 30% tambahan kalori lagi untuk menunjang aktivitas yang dilakukannya.

Nah, bayangkan jika manusia tidak makan sama sekali selama beberapa hari. Dari mana kemudian manusia mendapatkan energinya? Tubuh pasti akan memakai cadangan energi dalam tubuh, mengalihkan semua sumber daya yang ada pada tubuh untuk dipakai. Namun, tentunya energi ini lama-kelamaan akan habis jika tidak digantikan dengan energi yang masuk melalui makanan.

Tahapan yang terjadi pada tubuh saat mogok makan

Pada awal-awal mogok makan

Saat ini, Anda masih merasakan lapar. Namun, rasa lapar ini biasanya hilang setelah dua atau tiga hari Anda melakukan mogok makan, seperti yang dijelaskan dalam dokumen dari California Correctional Health Care Services, dilansir dari Live Science.

Pada saat ini, tubuh akan menggunakan cadangan lemak sebagai energi, jika cadangan karbohidrat sudah habis. Cadangan lemak ini banyak tersimpan di hati dan otot. Penggunaan lemak sebagai energi secara terus-menerus dapat membuat tubuh dalam keadaan ketosis. Menyebabkan Anda mengalami bau mulut, sakit kepala, dan kelelahan.

Setelah tiga hari mogok makan

Tubuh mulai menggunakan protein otot sebagai energi. Tubuh kemudian akan kehilangan banyak lemak dan massa otot. Kadar elektrolit dan nutrisi penting, seperti kalium, fosfor, dan magnesium juga akan banyak hilang. Mogok makan yang dilakukan selama tiga hari memang bisa membawa dampak buruk, tapi umumnya tidak mengancam jiwa.

Lebih dari dua minggu

Pada saat ini, orang yang melakukan mogok makan akan mengalami kekurangan protein, kesulitan berdiri, mengalami pusing parah, lesu, lemah, kehilangan koordinasi, detak jantung rendah, tidak merasa haus, dan kedinginan. Pada saat ini, kadar vitamin B1 dalam tubuh juga sangat rendah, menyebabkan gangguan kognitif, gangguan penglihatan, dan kerusakan otot yang mengakibatkan keterampilan motorik menurun.

Lebih dari empat minggu

Setelah lebih dari satu bulan mogok makan, tubuh akan kehilangan berat badannya lebih dari 18%. Anda akan terlihat kurus. Tapi, tak hanya itu, masalah medis berat juga bisa bersarang di tubuh Anda. Anda mungkin akan mengalami kesulitan menelan, kehilangan pendengaran dan penglihatan, sulit bernapas, dan kegagalan fungsi organ mulai berkembang.

Lebih dari enam minggu

Ini dapat mengancam jiwa. Kematian bisa terjadi karena gagal jantung atau keracunan dalam sistem organ, termasuk sepsis, dan infeksi pada darah. Selain itu, Anda mungkin akan mengalami perubahan psikologis, yang menyebabkan perilaku impulsif dan agresif, serta sering kebingungan.

Orang yang sakit saat melakukan mogok makan mungkin bisa meninggal lebih cepat, karena kekurangan gizi bisa terjadi hanya dalam waktu tiga minggu. Dan, jika selama aksi mogok makan tersebut orang yang melakukan juga menolak asupan cairan (minum air), maka dampak buruk dari mogok makan bisa berlangsung dengan sangat cepat. Kematian mungkin bisa terjadi hanya dalam waktu 7-14 hari, terutama jika cuaca sedang panas.

Hal ini karena tubuh membutuhkan air untuk menjalankan fungsinya. Kekurangan air dapat menyebabkan masalah ginjal hanya dalam beberapa hari, terutama jika banyak aktivitas yang dilakukan.

Kalkulator BMI

Benarkah berat badan Anda sudah ideal?

Ayo Cari Tahu!
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Anemia Defisiensi Besi

Anemia defisiensi besi adalah anemia yang terjadi akibat tubuh kekurangan zat besi. Ini merupakan jenis anemia yang umum terjadi. Bagaimana mengobatinya?

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Anemia, Penyakit Kelainan Darah 2 Oktober 2020 . Waktu baca 11 menit

Cara Menghitung Porsi Makan Ideal untuk Anda

Apakah selama ini Anda asal menyendokkan makanan ke piring? Jangan salah. Begini cara tepat untuk menghitung porsi makan ideal untuk orang dewasa.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Fakta Gizi, Nutrisi 20 Agustus 2020 . Waktu baca 4 menit

Mengenal Marasmus, Masalah Gizi Penyebab Kematian Anak

WHO mencatat marasmus adalah penyebab kematian pada 500 ribu anak di negara berkembang. Apa itu marasmus dan apa penyebabnya?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Riska Herliafifah
Penyakit pada Anak, Kesehatan Anak, Parenting 1 April 2020 . Waktu baca 14 menit

Ingin Menambah Berat Badan? Ini Angka Kenaikan yang Dianjurkan Setiap Bulan

Baik menurunkan ataupun menambah berat badan, keduanya harus dipantau secara bertahap setiap bulan. Lalu, berapa angka kenaikan yang tergolong sehat?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu Lestari
Tips Berat Badan Turun 26 November 2019 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

Berapa Asupan Karbohidrat untuk Menambah Berat Badan?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Dipublikasikan tanggal: 2 Maret 2021 . Waktu baca 6 menit
cara menggemukkan badan alami

6 Cara Sehat Menggemukkan Badan untuk Anda yang Terlalu Kurus

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Dipublikasikan tanggal: 15 Februari 2021 . Waktu baca 5 menit
susu penambah berat badan

Apakah Susu Penambah Berat Badan Betulan Ampuh Bikin Berisi?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 7 Februari 2021 . Waktu baca 5 menit
ciri-ciri kurang gizi

9 Perubahan yang Terjadi Pada Tubuh Jika Anda Kurang Gizi

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Dipublikasikan tanggal: 10 Desember 2020 . Waktu baca 8 menit