9 Buah yang Paling Banyak Mengandung Vitamin C

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 3 Maret 2021 . Waktu baca 5 menit
Bagikan sekarang

Selama ini, banyak orang beranggapan bahwa sumber terbaik vitamin C adalah jeruk. Padahal, jeruk bukanlah buah yang paling banyak mengandung vitamin C. Masih ada buah-buahan lain dengan kandungan vitamin C yang jauh lebih berlimpah. Beberapa di antaranya mungkin tidak Anda duga. Apa saja contohnya?

Beragam buah yang mengandung vitamin C

Vitamin C merupakan salah satu vitamin penting yang dibutuhkan oleh tubuh. Fungsi utama vitamin C adalah mendukung pertumbuhan dan perbaikan sel, meningkatkan daya tahan tubuh, serta menjaga kesehatan kulit.

Zat gizi bernama lain asam askorbat ini juga membantu mencegah anemia defisiensi dengan cara meningkatkan penyerapan zat besi dari makanan. Sebagai antioksidan, vitamin C juga melindungi berbagai sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

Mengingat fungsinya yang penting ini, tak heran jika tubuh Anda membutuhkan asupan vitamin C dari makanan. Salah satu sumber terbaik vitamin ini adalah buah-buahan. Berikut beberapa jenis buah dengan kandungan vitamin C yang paling tinggi.

1. Jambu biji

Jika Anda mencari buah yang mengandung vitamin C, jambu biji pasti ada di deretan teratas. Satu buah jambu biji ukuran sedang mengandung lebih dari 200 miligram asam askorbat, jauh lebih tinggi dibandingkan jumlah yang ada pada jeruk.

Selain vitamin C, jambu biji juga kaya akan serat. Berdasarkan sebuah penelitian dalam Journal of Clinical and Diagnostic Research, zat gizi bermanfaat dalam jambu biji dapat membantu menurunkan tekanan darah dan kolesterol.

2. Pepaya

Pepaya biasanya dikenal sebagai buah untuk melancarkan BAB. Namun, tahukah Anda bahwa buah berwarna cerah ini juga kaya akan vitamin C? Kandungan vitamin C pada setengah buah pepaya adalah sebesar 94 miligram, sedikit lebih tinggi daripada jeruk.

Buah pepaya juga mengandung serat, vitamin A, vitamin B kompleks (terutama vitamin B6, B2, dan B1), kalium, dan kalsium. Berkat kandungan ini, pepaya dapat membantu metabolisme tubuh, mengontrol tekanan darah, dan menjaga kesehatan mata.

3. Kiwi

Buah lainnya yang mengandung vitamin C dalam jumlah tinggi adalah kiwi. Satu buah kiwi berukuran sedang mengandung vitamin C sebanyak 64 miligram, atau setara dengan 71% kebutuhan orang dewasa dalam sehari.

Kiwi juga mengandung vitamin A, E, K, serta berbagai jenis mineral. Uniknya lagi, buah dengan kulit ‘berbulu’ ini mengandung asam lemak omega-3, zat gizi yang biasanya ditemukan pada ikan berlemak seperti salmon.

4. Jeruk

manfaat jeruk mandarin

Sebagai buah yang dikenal mampu melawan penyakit, kandungan gizi jeruk memang tidak main-main. Satu buah jeruk ukuran sedang mengandung vitamin C sebanyak 82,7 miligram. Jumlah ini dapat mencukupi 91% kebutuhan orang dewasa dalam sehari.

Jeruk juga mengandung banyak vitamin dan mineral, terutama vitamin B1, B9 (folat), dan kalium. Dengan mengonsumsi jeruk, tubuh Anda pun bisa memperoleh antioksidan berupa fenol dan likopen.

5. Stroberi

Setengah gelas (125 gram) stroberi mengandung 52 mg vitamin C. Sedikit di bawah kandungan vitamin C dalam jeruk, tapi hal ini sama sekali tidak mengurangi manfaat stroberi bagi kesehatan.

Selain mengandung vitamin C, stroberi juga termasuk buah yang kaya antioksidan. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa antioksidan pada stroberi mungkin berpotensi menurunkan risiko kanker dan penyakit saraf serta memperlambat penuaan.

6. Nanas

Apabila Anda mulai bosan dengan jeruk, cobalah menggantinya dengan nanas. Cukup dengan mengonsumsi satu potong besar nanas, Anda bisa memperoleh 79,3 miligram vitamin C. Jumlah ini dapat memenuhi 88% kebutuhan vitamin C Anda dalam satu hari.

Nanas juga terkenal dengan kandungan bromelain yang ada di dalamnya. Bromelain adalah enzim pencernaan yang membantu memecah protein dalam makanan dan mengurangi kembung. Enzim ini juga dapat berfungsi sebagai zat antiradang.

7. Mangga

manfaat buah mangga

Meskipun tak sebanyak buah-buahan lain yang sudah disebutkan, kandungan vitamin C pada mangga tetap patut diperhitungkan. Mengonsumsi setengah buah mangga dapat memberikan asupan vitamin C sebesar 60 miligram, atau setara 66% kebutuhan harian.

Mangga juga kaya akan serat dan fitokimia, seperti karotenoid dan polifenol. Sejumlah penelitian menyebutkan bahwa senyawa antioksidan polifenol yang ada dalam buah mangga berpotensi menurunkan risiko kanker payudara dan kanker usus besar.

8. Blackcurrant

Blackcurrant umumnya lebih dikenal sebagai rasa minuman. Padahal, blackcurrant segar mengandung vitamin C dalam jumlah yang cukup tinggi, yakni 101 miligram untuk setiap satu cangkir buah (56 gram).

Buah ini juga mengandung senyawa yang disebut antosianin. Antosianin adalah pigmen  pemberi warna gelap pada blackcurrant sekaligus antioksidan yang berpotensi menurunkan risiko berbagai penyakit kronis, seperti penyakit jantung dan kanker.

9. Lemon

Kemiripan lemon dan buah jeruk tidak terbatas pada rasanya saja, tapi juga kandungan vitamin C-nya. Sebuah lemon utuh lengkap dengan kulitnya mengandung 83 miligram vitamin C, atau setara dengan 92% kebutuhan orang dewasa dalam sehari.

Seperti buah-buahan sitrus lainnya, lemon juga mengandung antioksidan, serat, dan zat fitokimia. Sejumlah penelitian telah membuktikan bahwa ketiga zat tersebut dapat memelihara kesehatan dan menurunkan risiko penyakit jantung.

Banyak orang memilih meminum suplemen untuk memenuhi kebutuhan vitamin C-nya. Padahal, salah satu cara paling mudah untuk memenuhi kebutuhan vitamin ini adalah dengan mengonsumsi buah yang banyak mengandung vitamin C.

Selain jeruk, Anda kini memiliki pilihan buah yang lebih beragam. Supaya manfaatnya lebih optimal, cobalah mengonsumsi buah-buahan di atas secara berselang-seling. Dengan begitu, Anda bisa memperoleh kandungan gizi dari masing-masing jenis buah.

Kalkulator BMI

Benarkah berat badan Anda sudah ideal?

Ayo Cari Tahu!
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Belum Banyak Diketahui, Inilah Manfaat Daging Angsa dan Kandungan Gizinya

Pernah coba makan daging angsa? Jangan salah, kandungan gizinya tak kalah dengan daging ayam atau bebek, lho! Intip faktanya di sini!

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
Fakta Gizi, Nutrisi 25 Februari 2021 . Waktu baca 3 menit

3 Penyebab Berat Badan Anda Naik Setelah Diet

Jangan keburu girang setelah berat badan kembali ideal. Masih ada kemungkinan berat Anda mendadak naik lagi karena tiga penyebab berikut ini.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Kemal Al Fajar
Tips Berat Badan Turun, Nutrisi 25 Februari 2021 . Waktu baca 5 menit

11 Hal yang Paling Sering Jadi Penyebab Gusi Bengkak

Ada banyak hal yang bisa jadi penyebab gusi bengkak dan terasa sakit. Mungkin salah satunya sedang Anda alami tanpa disadari.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Gigi dan Mulut 24 Februari 2021 . Waktu baca 10 menit

Mie Instan atau Nasi Putih, Mana yang Lebih Sehat untuk Dikonsumsi?

Keduanya sama-sama karbohidrat, tapi apakah benar nasi lebih baik dari mie? Cari tahu lebih lanjut sebelum menentukan pilihan.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Monika Nanda
Fakta Gizi, Nutrisi 24 Februari 2021 . Waktu baca 3 menit

Direkomendasikan untuk Anda

mengenal berbagai jenis beras

Mengenal Jenis Beras, Mana yang Paling Sehat?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 1 Maret 2021 . Waktu baca 5 menit
gula darah turun

Habis Makan, Gula Darah Malah Turun Drastis? Apa Sebabnya?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: dr. Angelina Yuwono
Dipublikasikan tanggal: 26 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit
bakteri asam laktat

5 Makanan dan Minuman Sehat yang Mengandung Bakteri Asam Laktat

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 26 Februari 2021 . Waktu baca 3 menit
manfaat belimbing

9 Manfaat Kesehatan dari Makan Buah Belimbing

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Shylma Na'imah
Dipublikasikan tanggal: 25 Februari 2021 . Waktu baca 6 menit