backup og meta
Kategori
Cek Kondisi
Tanya Dokter
Simpan

8 Manfaat Abalone, Kerang Laut Mahal yang Kaya Gizi

Ditinjau secara medis oleh dr. Patricia Lukas Goentoro · General Practitioner · Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI)


Ditulis oleh Zulfa Azza Adhini · Tanggal diperbarui 3 minggu lalu

8 Manfaat Abalone, Kerang Laut Mahal yang Kaya Gizi

Pernahkah Anda mencicipi kerang abalone? Kerang laut ini biasanya disajikan sebagai hidangan mewah dan eksklusif di restoran untuk merayakan momen-momen khusus. Sebagai makanan laut, abalone menawarkan manfaat kesehatan yang melimpah karena kandungannya yang bergizi. Apa saja manfaatnya?

Kandungan gizi abalone

Abalone (Haliotis discus hannai) adalah sejenis kerang laut yang berukuran cukup besar dan banyak ditemui di perairan Australia, Jepang, Selandia Baru, dan Afrika Selatan. 

Sama seperti kerang scallop, abalone memiliki harga yang sangat mahal karena jenis kerang ini hanya bisa ditemui di laut dalam dan jumlahnya terbatas. 

Di Indonesia, hewan laut ini dikenal juga dengan nama kerang mata tujuh atau siput laut. 

Kerang ini bisa diolah dalam berbagai gaya masakan, dari ala Asia hingga Barat. Abalone bisa disajikan mentah, dikukus atau ditumis lalu ditambahkan saus, dibuat menjadi sup, dan dipanggang menjadi steik.

Tidak hanya enak, makanan laut ini juga mengandung berbagai zat gizi yang baik untuk kesehatan. Berikut kandungan gizi di dalam 100 gram kerang abalone. 

  • Kalori: 177 kkal.
  • Protein: 21,2 gram (g).
  • Karbohidrat: 7,46 g.
  • Kalsium: 39 miligram (mg).
  • Zat besi: 3,97 mg.
  • Magnesium: 60 g.
  • Fosfor: 236  mg.
  • Kalium: 310 mg.
  • Natrium: 574 mg.
  • Vitamin C: 2 mg.
  • Vitamin A: 2 mcg.

Selain itu, kerang ini mengandung asam lemak omega-3, selenium, serta vitamin E yang bermanfaat untuk kesehatan.

Manfaat abalone untuk kesehatan

Berikut ini sejumlah manfaat abalone untuk kesehatan tubuh.

1. Menjaga kesehatan jantung

tanda jantung tidak sehat

Abalone mengandung asam lemak omega-3 yang dapat membantu menjaga kesehatan jantung. 

Pasalnya, asam lemak omega-3 dapat menurunkan tekanan darah tinggi yang menjadi salah satu faktor pemicu penyakit jantung dan stroke.

Selain itu, jenis kerang ini mengandung kalium yang dapat merilekskan pembuluh darah, sehingga aliran darah tetap lancar

Tidak hanya itu, mengutip MedlinePlus, mengonsumsi makanan tinggi asam lemak omega-3 dapat membantu mengurangi risiko aritmia atau gangguan irama jantung. 

2. Mencegah anemia

Abalone juga kaya akan kandungan zat besi yang berperan penting untuk mencegah anemia, yakni penyakit yang disebabkan oleh kurangnya zat besi.

Tanpa hemoglobin yang cukup, suplai oksigen ke organ-organ dan sel tubuh menjadi berkurang. Akibatnya, organ dan sel tubuh tidak dapat menjalankan fungsinya dengan baik. 

Hal ini membuat penderitanya mengalami gejala seperti lemas, kulit terlihat lebih pucat, pusing, dan kesulitan untuk konsentrasi.

Nah, kandungan zat besi yang terdapat di dalam abalone dapat membantu meningkatkan produksi hemoglobin. Dengan begitu, Anda bisa mencegah risiko penyakit anemia. 

3. Menurunkan kadar kolesterol

Selain dapat mencegah anemia, mengonsumsi abalone dapat menurunkan kadar kolesterol tinggi. Hal ini berkat kandungan asam lemak omega-3 di dalamnya. 

Asam lemak omega-3 dapat membantu menurunkan kadar trigliserida dan kolesterol LDL dalam darah yang bisa memicu penyempitan pada pembuluh darah. 

Selain itu, studi dalam jurnal Frontiers in Nutrition menunjukkan bahwa asam lemak omega-3 mampu meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dalam darah. 

4. Meningkatkan sistem imun tubuh

Manfaat abalone selanjutnya untuk kesehatan adalah membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Potensi manfaat hewan laut ini berasal dari kandungan zink di dalamnya. 

Zink merupakan mineral penting yang dibutuhkan tubuh untuk meningkatkan fungsi dan perkembangan sel imun tubuh.

Selain itu, zink dapat berperan sebagai antioksidan untuk melindungi sel imun tubuh dari risiko kerusakan akibat radikal bebas. 

5. Memelihara kesehatan tulang

hormon oksitosin dan kesehatan tulang

Selain bermanfaat untuk menjaga daya tahan tubuh, mengonsumsi kerang abalone dapat memelihara kesehatan tulang.

Manfaat abalone ini berasal dari kandungan kalsium dan fosfor. Kedua mineral tersebut bermanfaat untuk menguatkan tulang dan mencegah osteoporosis. 

Tidak hanya itu, kandungan kalium pada jenis kerang ini juga dapat membantu memaksimalkan penyerapan kalsium dalam tubuh agar tidak terbuang melalui urine. 

6. Menurunkan berat badan

Abalone juga bisa jadi pilihan menu makanan yang tepat untuk membantu menurunkan berat badan. Hal ini karena jenis kerang ini memiliki jumlah kalori yang cukup rendah.

Selain itu, abalone merupakan makanan tinggi protein yang dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama dan mencegah makan berlebihan.

Oleh karena itu, abalone bisa Anda masukkan ke dalam menu diet harian untuk membantu program penurunan berat badan. 

7. Meningkatkan daya ingat

Kandungan asam lemak omega-3 yang terdapat pada abalone dapat bermanfaat untuk meningkatkan daya ingat

Studi dalam jurnal Cureus mengungkapkan bahwa mengonsumsi makanan kaya akan omega-3 dapat membantu meningkatkan daya ingat dan kemampuan berpikir.

Tidak hanya itu, asam lemak omega-3 dapat meningkatkan aliran darah ke otak. Dengan begitu, otak mendapatkan suplai oksigen yang cukup untuk menjalankan fungsinya dengan baik. 

8. Mengurangi peradangan

Manfaat abalone lainnya untuk kesehatan adalah berpotensi mengurangi peradangan dalam tubuh. Hal ini disebutkan dalam studi yang terbit dalam jurnal Food Microbiology.

Dalam penelitian tersebut, abalone diketahui memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat menghambat produksi NF-kB, yakni zat sitokin pemicu perdagangan pada tubuh.

Tidak hanya itu, jenis kerang ini memiliki sifat antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. 

Potensi manfaat ini dapat mengobati gangguan peradangan pada tubuh. Namun, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut mengenai hal ini.

Meski bermanfaat, Anda perlu berhati-hati saat mengolahnya. Hindari membeli abalone di tempat yang terlihat kotor dan masaklah hingga benar-benar matang agar terhindar dari keracunan kerang.

Jika mengkonsumsi hewan laut ini memicu gejala keracunan seperti mual, muntah, pusing dan diare, segera konsultasikan lebih lanjut dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. 

Kesimpulan

Abalone memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan, mulai dari menjaga kesehatan jantung, menurunkan kolesterol, menyehatkan tulang, hingga meningkatkan daya ingat. Namun, penting untuk mengolahnya dengan tepat agar terhindar dari efek samping.  

Catatan

Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan. Selalu konsultasikan dengan ahli kesehatan profesional untuk mendapatkan jawaban dan penanganan masalah kesehatan Anda.



Ditinjau secara medis oleh

dr. Patricia Lukas Goentoro

General Practitioner · Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI)


Ditulis oleh Zulfa Azza Adhini · Tanggal diperbarui 3 minggu lalu

ad iconIklan

Apakah artikel ini membantu?

ad iconIklan
ad iconIklan