9 Kebaikan Pisang, Si Kuning Manis Favorit Sejuta Umat

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 19 Februari 2021 . Waktu baca 6 menit
Bagikan sekarang

Siapa yang tidak kenal dengan buah pisang? Rasanya yang lezat dan harganya yang terjangkau membuat buah ini menjadi favorit banyak orang. Namun, jangan hanya suka makan buahnya saja. Cari tahu juga manfaatnya untuk kesehatan tubuh Anda. Berikut berbagai manfaat buah pisang yang perlu Anda ketahui.

Kandungan nutrisi pada pisang

Sebelum mengetahui berbagai manfaat yang bisa Anda dapatkan dari konsumsinya, berikut adalah berbagai zat gizi yang terkandung dalam setiap 100 gram pisang.

  • Air: 67,8 gram
  • Energi: 128 kalori
  • Protein: 0,8 gram
  • Lemak: 0,5 gram
  • Karbohidrat: 30,2 gram
  • Serat: 8,1 gram
  • Kalsium: 12 miligram
  • Fosfor: 28 miligram
  • Natrium: 3 miligram
  • Kalium: 382,0 miligram

Pisang juga mengandung berbagai mineral seperti beta karoten, vitamin B kompleks, Vitamin C, dan niasin.

Segudang manfaat pisang untuk kesehatan

Inilah berbagai manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan mengonsumsi buah pisang.

1. Baik bagi pencernaan

penyakit usus halus pendek

Jika Anda pernah mendengar istilah flu perut atau pernah mengalami keracunan makanan, maka pisang merupakan pilihan yang tepat untuk menenangkan masalah perut Anda. Tekstur pisang yang lembut membuat makanan ini dapat dengan mudah melewati saluran cerna.

Kandungan kaliumnya juga membantu menggantikan elektrolit yang hilang dari tubuh Anda. Tak hanya itu, kandungan serat dalam buah ini juga membantu menambah kepadatan feses dan meredakan diare.

Makan pisang juga bisa meringankan masalah morning sickness pada ibu hamil. Pasalnya buah satu ini kaya akan kandungan vitamin B6. Vitamin B6 memang dianjurkan untuk dikonsumsi selama kehamilan guna mengurangi masalah mual dan muntah.

2. Menurunkan tekanan darah

tekanan darah tinggi boleh donor darah

Selain membantu menggantikan elekterolit yang hilang dari tubuh, kandungan kalium dalam pisang dapat membantu menurunkan tekanan darah.

American Heart Association (AHA) menganjurkan para penderita hipertensi untuk mengonsumsi makanan tinggi kalium guna membantu menurunkan tekanan darah. Hal ini karena kalium berperan dalam menurunkan tekanan darah dengan menurunkan kadar natrium dalam tubuh.

Namun, manfaat pisang yang satu ini tidak akan bekerja secara efektif bila Anda tidak mengurangi makanan yang mengandung banyak garam dan lemak. Jadi selain makan buah ini, Anda juga harus menerapkan pola makanan sehat yang kaya nutrisi.

3. Menurunkan risiko stroke

stroke akibat diabetes

Faktanya, kalium yang terkandung dalam buah ini juga dapat membantu menurunkan risiko stroke. Terutama untuk wanita usia lanjut yang telah melewati masa menopause.

Hal ini berhasil dibuktikan oleh sebuah penelitian. Dalam penelitian tersebut diketahui bahwa wanita pasca menopause yang rutin mengonsumsi makanan tinggi kalium memiliki risiko lebih rendah untuk mengalami stroke dibandingkan dengan mereka yang tidak mengonsumsi makanan berkalium sama sekali.

4. Meningkatkan stamina olahraga

manfaat pisang

Minuman olahraga memang dapat membantu menggantikan elektrolit atau cairan tubuh yang hilang. Sayangnya, minuman jenis ini biasanya mengandung gula dan bahan buatan lainnya. Sebagai gantinya, Anda bisa makan buah pisang sebelum olahraga.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa pisang dapat dijadikan bahan utama minuman olahraga untuk menggantikan elektrolit yang hilang. Bahkan, buah ini diketahui memberi manfaat yang lebih dari minuman olahraga biasa karena mengandung kalium, karbohidrat, serat, dan vitamin B-6 alami.

5. Kaya akan magnesium

pisang mencegah stroke

Magnesium merupakan mineral yang membantu setiap organ dan sistem dalam tubuh agar dapat berfungsi normal. Magnesium penting untuk pembentukan protein, mempertahankan fungsi otot dan saraf, produksi energi, serta mengendalikan gula dan tekanan darah.

Kebiasaan minum minuman keras, memiliki riwayat diabetes tipe 2, gangguan saluran cerna, dan asupan makanan yang kurang dapat meningkatkan risiko kekurangan magnesium. Padahal kekurangan magnesium dapat menurunkan nafsu makan, menyebabkan mual-muntah, kesemutan, hingga meningkatkan risiko kejang, migrain, osteoporosis, dan gangguan irama jantung.

Namun Anda tak perlu khawatir. Pasalnya, pisang kaya akan magnesium. Dua buah pisang berukuran sedang mengandung 16% dari kebutuhan magnesium harian Anda. Menambahkan pisang ke dalam menu makanan dapat mencegah Anda mengalami kekurangan magnesium.

6. Sumber mangan yang baik

menjaga kesehatan tulang

Meski jarang terdengar, mangan merupakan mineral yang sangat penting dalam menjaga kesehatan tubuh. Mangan membantu metabolisme karbohidrat, kolesterol, dan asam amino dalam tubuh manusia. Selain itu, mineral ini juga berperan penting dalam pertumbuhan tulang dan penyembuhan luka.

Mangan juga diperkirakan dapat mencegah migrain, menurunkan risiko komplikasi kehamilan, dan menurunkan risiko kematian akibat serangan jantung.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa wanita yang mengalami osteoporosis memiliki kadar mangan yang lebih rendah dalam tubuh dibandingkan mereka yang tidak mengalami osteoporosis.

Kabar baiknya, pisang merupakan sumber mangan yang baik. Dua buah pisang ukuran sedang mengandung sekitar 30 persen kebutuhan mangan harian Anda.

7. Mengandung serat tinggi

berat badan sulit turun

Kebutuhan akan serat pada pria di bawah usia 50 tahun adalah sekitar 38 gram per hari, dan 25 gram per hari untuk perempuan. Sayangnya, masih banyak orang yang sama sekali tidak memenuhi kebutuhan serat ini per harinya.

Padahal, serat sangat penting untuk menjaga kesehatan saluran cerna dan menjaga pergerakan usus. Selain itu, serat juga penting untuk menjaga kadar kolesterol dan mengontrol kadar gula darah. Serat juga dapat membantu Anda menurunkan berat badan karena menjaga agar Anda kenyang lebih lama.

Faktanya, buah ini mengandung serat yang tinggi. Dua buah pisang berukuran sedang mengandung 6 gram serat kira-kira memenuhi 23 persen dari kebutuhan sharian Anda.

8. Meredakan nyeri ulu hati dan mencegah tukak lambung

sakit perut dan keputihan

Orang yang punya maag bisa mendapatkan manfaat pisang untuk kesehatan pencernaan mereka jika buah ini rutin dijadikan camilan.

Si kuning manias ini merupakan antasida alami dan berfungsi menetralkan asam lambung. Pisang juga mengandung antioksidan flavonoid bernama leucocyanidin, yang membantu meningkatkan membran mukus dalam lambung sehingga mencegah terjadinya tukak lambung.

9. Baik untuk kulit

perawatan kulit malam hari

Jangan buang pisang yang sudah terlalu matang jika Anda mau memperoleh manfaat pisang untuk kesehatan kulit. Ya, pisang yang kematangan dapat digunakan sebagai masker wajah.

Buah ini mengandung vitamin C, sebuah antioksidan yang penting dalam pembentukan kolagen dan membantu mencegah kerusakan akibat sinar UV. Buah ini juga diketahui dapat mencegah timbulnya jerawat, menyerap minyak, dan melembabkan kulit kering.

Cara membuat masker wajah dari buah ini cukup mudah. Pertama, pilihlah buah yang sudah matang atau lembek. Lalu, tumbuk hingga menjadi adonan pasta halus. Oleskan masker pisang pada kulit wajah yang bersih dan biarkan selama setidaknya 15 menit.

Setelah itu, bilaslah dengan air hingga bersih. Untuk menambah kelembapan, Anda dapat menambahkan satu sendok teh madu atau greek yogurt polos.

Kalkulator BMI

Benarkah berat badan Anda sudah ideal?

Ayo Cari Tahu!
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

9 Buah Terbaik untuk Melancarkan Buang Air Besar (BAB)

Sembelit bisa diatasi dengan makan buah-buahan. Simak daftar buah untuk melancarkan BAB keras akibat sembelit berikut ini.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Konstipasi 2 Maret 2021 . Waktu baca 7 menit

Sering Tidak Disadari, Bulu Mata Juga Bisa Kutuan! Apa Gejalanya?

Hati-hati, mata yang gatal bisa jadi disebabkan oleh kutu bulu mata. Wah, bagaimana bisa terjadi dan seperti apa cara mengobatinya? Berikut ulasannya.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: dr. Elita Mulyadi
Penyakit Mata 1 Maret 2021 . Waktu baca 3 menit

Mengenal Alat Reproduksi Wanita dan Fungsinya

Alat atau organ reproduksi wanita berfungsi untuk memungkinkan kehamilan dan melindungi bagian dalam tubuh lain dari infeksi. Apa saja organ yang terlibat?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Kesehatan Wanita, Penyakit pada Wanita 1 Maret 2021 . Waktu baca 5 menit

Jongkok atau Duduk: Mana Posisi BAB yang Lebih Sehat?

Posisi duduk saat buang air besar (BAB) ternyata lebih rentan terkena ambeien, radang usus buntu, hingga serangan jantung. Bagaimana mungkin?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Adinda Rudystina
Kesehatan Pencernaan 28 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

tato mata

9 Bahaya yang Bisa Terjadi Jika Nekat Bikin Tato di Mata

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Yuliati Iswandiari
Dipublikasikan tanggal: 3 Maret 2021 . Waktu baca 4 menit
produk pembersih rumah

Apakah Produk Pembersih di Rumah Anda Sebabkan Masalah Pernapasan?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Yuliati Iswandiari
Dipublikasikan tanggal: 3 Maret 2021 . Waktu baca 3 menit
kulit buah kiwi

Kandungan Nutrisi Kulit Buah Kiwi yang Tidak Boleh Dilewatkan

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Dipublikasikan tanggal: 3 Maret 2021 . Waktu baca 4 menit
minyak daun basil

5 Khasiat Minyak Daun Basil untuk Kesehatan Tubuh

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 2 Maret 2021 . Waktu baca 4 menit