Mengupas Manfaat Pisang untuk Anda yang Hobi Olahraga

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 18 Desember 2020 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Apa yang harus saya makan untuk olahraga? Mungkin banyak orang yang akan menyarankan untuk makan pisang. Manfaat pisang untuk olahraga dipercaya dapat meningkatkan energi dan performa. Benarkah begitu? Kandungan nutrisi apa yang membuat pisang bermanfaat untuk olahraga? Simak jawabannya di sini.

Manfaat pisang untuk olahraga

semangat olahraga

Saat olahraga, Anda membutuhkan nutrisi penting untuk menjaga dan meningkatkan stamina Anda. Makan dengan benar membantu menyediakan energi yang cukup bagi otot-otot Anda. Selain itu, makan makanan sehat bisa mencegah gula darah rendah setelah aktivitas fisik yang dapat menyebabkan pusing dan kelelahan.

Anda bisa mendapatkan itu semua dengan mengonsumsi pisang untuk olahraga. Pisang memberikan nutrisi penting yang bermanfaat bagi kesehatan Anda, terutama jika Anda berolahraga.

Selain itu, manfaat pisang dalam olahraga dapat meningkatkan kinerja Anda. Untuk mendapatkan manfaat itu, pisang dapat dikonsumsi sebelum, selama, dan setelah olahraga.

Dengan sekitar 120 kalori dan 16 gram gula, kandungan karbohidrat tinggi pisang dapat memberi dorongan energi yang cepat dan 1,5 gram protein untuk membantu memberi makan otot.

Sebuah penelitian melaporkan bahwa pisang dapat menjadi bahan utama minuman olahraga dalam menggantikan elektrolit yang hilang. Penelitian lain juga menunjukkan bahwa makan pisang 15 menit selama olahraga sama efektifnya dengan minum minuman olahraga. Hal ini karena pisang mengandung vitamin, mineral, serat, dan karbohidrat.

Kandungan nutrisi pisang

makan pisang bisa atasi sembelit

Berikut kandungan nutrisi pisang yang bisa diandalkan untuk meningkatkan energi saat olahraga.

Kalium

Kalium berfungsi untuk merawat otot dan kekurangan kalium dapat menyebabkan kram dan rasa sakit. Selama berolahraga, tubuh Anda kehilangan kalium melalui keringat dan aktivitas fisik yang lama dapat mengurangi kadar kalium Anda secara drastis.

Kabar baiknya, makan pisang meningkatkan asupan kalium sebesar 487 miligram atau 10 persen dari asupan harian yang direkomendasikan.

Kalium adalah mineral penting yang diperlukan untuk pemeliharaan gula darah dan fungsi jantung yang tepat. Sebagai elektrolit, kalium membantu Anda mempertahankan keseimbangan cairan dalam sel-sel tubuh Anda, yang dapat mencegah kram otot. Kalium juga diperlukan untuk pertumbuhan dan perkembangan otot.

Vitamin C

Manfaat pisang untuk olahraga bisa didapatkan karena kandungan vitamin C yang tinggi. Satu pisang mengandung sekitar 15 persen vitamin C yang dibutuhkan per hari.

Vitamin C sangat penting untuk memperkuat otot, tendon, dan ligamen, serta menjaga sistem kekebalan tubuh saat olahraga. Vitamin C juga membantu mempercepat dan meningkatkan penyembuhan luka dan kerusakan jaringan lunak yang dibutuhkan setelah olahraga yang berat.

Mangan

Mineral mangan memiliki sejumlah fungsi penting dalam perkembangan tulang dan penyembuhan luka. Mengonsumsi mangan yang cukup juga penting guna mengolah energi dari makanan yang Anda konsumsi.

Mangan mendukung aktivitas fisik dan kinerja dalam olahraga dengan membantu tubuh Anda mendapatkan hasil maksimal dari makanan Anda.

Karbohidrat

Pisang juga mengandung karbohidrat yang membantu mendukung kinerja Anda selama olahraga. Ketika Anda melakukan aktivitas fisik, otot-otot Anda menggunakan glikogen, yaitu sejenis karbohidrat, sebagai bahan bakar. Makan sumber karbohidrat dapat meningkatkan daya tahan latihan Anda.

Kalkulator BMI

Benarkah berat badan Anda sudah ideal?

Ayo Cari Tahu!
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

6 Obat Tipes Alami yang Mungkin Sudah Ada di Rumah Anda

Pengobatan tipes harus dilakukan dengan cepat dan tepat. Yuk, intip dapur dan temukan bahan alami yang bisa digunakan sebagai obat tipes.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
Penyakit Infeksi, Demam Tifoid (Tifus) 23 Februari 2018 . Waktu baca 6 menit

Tips Memutihkan Gigi Dengan Kulit Pisang

Manfaat kulit pisang yang mungkin belum banyak diketahui ialah untuk memutihkan gigi. Kandungan mineral di dalamnya berperan penting dalam proses ini.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Perawatan Oral, Gigi dan Mulut 6 Januari 2018 . Waktu baca 2 menit

Bolehkah Makan Pisang Jika Sedang Susah Buang Air Besar?

Pisang adalah buah andalan untuk mengatasi diare. Tapi, jika Anda justru sedang susah buang air besar, apakah makan pisang membuat sembelit makin parah?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Kesehatan Pencernaan, Konstipasi 3 Agustus 2017 . Waktu baca 3 menit

9 Kebaikan Pisang, Si Kuning Manis Favorit Sejuta Umat

Tak banyak yang tahu bahwa kalium dalam pisang dapat menurunkan risiko stroke berkat fungsi penurun tensi darahnya. Apa lagi manfaat pisang untuk kesehatan?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Fakta Gizi, Nutrisi 2 April 2017 . Waktu baca 6 menit

Direkomendasikan untuk Anda

masker rambut pisang

Pilihan Masker untuk Rambut agar Lebih Sehat dan Berkilau

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 24 November 2020 . Waktu baca 8 menit
sakit perut setelah makan pisang

Sakit Perut Setelah Makan Pisang, Apa Penyebabnya?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Winona Katyusha
Dipublikasikan tanggal: 11 Juni 2020 . Waktu baca 3 menit
makanan sahur untuk ibu hamil

6 Makanan Kaya Gizi yang Harus Ibu Hamil Penuhi Saat Sahur

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Dipublikasikan tanggal: 13 Mei 2020 . Waktu baca 5 menit
manfaat pisang untuk rambut

3 Khasiat Masker Pisang untuk Rambut yang Lebih Indah dan Kuat

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 16 Desember 2019 . Waktu baca 5 menit