home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Tren Diet GM yang Katanya Cepat Turunkan Berat Badan, Aman Atau Tidak?

Tren Diet GM yang Katanya Cepat Turunkan Berat Badan, Aman Atau Tidak?

Anda sudah pernah mendengar tentang diet GM? Diet ini katanya mampu menurunkan berat badan sampai 5-8 kilogram (kg) per minggu. Suatu metode turun berat badan yang cepat sekali, bukan? Hal ini membuat banyak orang tertarik untuk mencobanya. Namun, apakah diet ini sudah pasti aman? Apakah ada bahaya dari diet GM? Simak ulasan berikut untuk mengetahuinya.

Apakah diet GM itu?

Diet GM merupakan singkatan dari diet General Motors. Sesuai dengan namanya, diet ini pada awalnya dikembangkan untuk para karyawan perusahaan otomotif General Motors tahun 1980-an, yang bertujuan untuk menurunkan berat badan. Diet ini pun telah disetujui oleh Food and Drug Administration (badan pengawasan obat dan makanan di Amerika Serikat). Selain itu, diet GM telah diuji di pusat riset kesehatan Johns Hopkins.

Diet GM didasarkan pada prinsip bahwa dengan hanya mengonsumsi makanan yang telah direncanakan, tubuh akan membakar lebih banyak kalori dibandingkan kalori yang masuk dari makanan. Prinsip ini dijelaskan oleh seorang ahli gizi asal Amerika Serikat, Ashvini Mashru, R. D., pada Women’s Health.

Hal ini kemudian dapat membuat berat badan turun lebih cepat. Diet GM dilakukan selama 7 hari dengan aturan makan yang berbeda-beda per harinya.

Panduan melakukan diet GM

Berikut ini merupakan aturan dalam menjalankan diet GM selama tujuh hari.

Hari 1: Hanya makan buah-buahan, kecuali buah pisang. Pasalnya, pisang memiliki kadar gula dan kalori yang lebih tinggi dari jenis buah lainnya. Sebaiknya pilih buah dengan kandungan banyak air, misalnya semangka dan apel. Buah-buahan jenis ini dapat membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh Anda.

Hari 2: Hanya makan sayuran, dimulai dari kentang panggang atau rebus (jangan digoreng). Sayuran menyediakan banyak nutrisi penting dan juga serat untuk tubuh. Di samping itu, sayuran hanya mengandung kalori yang sedikit.

Hari 3: Makanlah sayuran dan buah-buahan sesuai keinginan Anda. Namun, Anda tidak boleh mengonsumsi pisang dan kentang.

Hari 4: Anda boleh makan pisang sampai delapan buah dan minum susu sampai tiga gelas. Hal ini dilakukan untuk menggantikan kekurangan kalium dan natrium selama tiga hari sebelumnya. Anda juga boleh makan sup kaldu isi sayuran pada hari ini.

Hari 5: Waktunya untuk makan daging tanpa lemak dengan tomat (boleh sampai enam buah tomat). Anda juga masih diperbolehkan makan sup sayuran.

Hari 6: Anda masih boleh makan daging tanpa lemak, ditemani oleh berbagai macam sayuran.

Hari 7: Pada hari terakhir ini, Anda diizinkan untuk makan nasi merah dengan segala jenis sayuran. Anda juga boleh minum jus buah-buahan.

Anda juga dianjurkan untuk minum banyak air putih (sampai 12-15 gelas) setiap harinya selama menjalani diet ini. Hal ini bertujuan untuk membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh Anda.

diet cepat puasa nabi daud

Hati-hati, diet GM bisa berbahaya buat kesehatan

Memang banyak yang bilang diet ini membantu menurunkan berat badan dengan cepat. Namun, diet ini tentu memiliki risiko tersendiri.

Membatasi jenis makanan setiap hari membuat banyak orang mengeluh pusing dan justru ingin makan lebih banyak pada hari ketiga atau keempat. Pembatasan makanan juga bisa membuat Anda mengalami kekurangan banyak nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh setiap hari.

Kekurangan nutrisi dapat membuat Anda mengalami kerontokan rambut yang parah, kulit menjadi kering, mudah lelah, otot menjadi lemah, dan anemia. Hanya sedikit kalori yang masuk ke tubuh ditambah dengan tidak diimbangi oleh olahraga teratur, membuat diet GM juga dapat menyebabkan metabolisme tubuh menjadi lebih lambat.

Masalah terbesar dari diet GM adalah pedomannya hanya dilakukan selama 7 hari, tidak berkelanjutan. Jadi, walaupun berat badan Anda sudah turun saat melakukan diet GM, berat badan Anda akan naik lagi saat Anda kembali ke kebiasaan makan Anda yang semula. Hal ini sering terjadi karena berat badan yang hilang selama diet GM adalah berat air, bukan lemak.

Jadi, diet GM bukan cara aman untuk menurunkan berat badan. Jika Anda ingin menurunkan berat badan, sebaiknya lakukanlah dengan cara yang sehat. Ubah kebiasaan makan menjadi lebih sehat, sehingga hal ini bisa menjadi berkelanjutan, bukan hanya mengubah pola makan selama diet saja. Selain itu, imbangi juga dengan olahraga teratur.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Brady, K. (2015). The GM Diet Is Blowing Up Online, but Really: WTH Is It?. [online] Available at: http://www.womenshealthmag.com/weight-loss/what-is-the-gm-diet [Accessed 28 Aug. 2017].

Diet Health Club. (2014). Side Effects, Risks and Dangers of General Motors Diet. [online] Available at: http://www.diethealthclub.com/types-of-diet/gm-diet-plan/gm-diet-side-effects.html [Accessed 28 Aug. 2017].

Kerns, M. (2015). What Is the GM Diet?. [online] LIVESTRONG.COM. Available at: http://www.livestrong.com/article/300774-what-is-the-gm-diet/ [Accessed 28 Aug. 2017].

Kerns, M. (2015). About the General Motors Cleansing Diet. [online] LIVESTRONG.COM. Available at: http://www.livestrong.com/article/72757-general-motors-cleansing-diet/ [Accessed 28 Aug. 2017].

Foto Penulis
Ditinjau oleh dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh Arinda Veratamala
Tanggal diperbarui 11/09/2017
x