home
close

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Seperti Apa Proses Dalam Tubuh Hingga Berat Badan Bisa Turun?

Seperti Apa Proses Dalam Tubuh Hingga Berat Badan Bisa Turun?

Banyak orang yang menginginkan berat badannya turun secara drastis dalam waktu yang sebentar. Namun proses berat badan turun ternyata tidak sesederhana itu. Lalu, sebenarnya apa sih yang terjadi ketika berat badan turun? Bagaimana berat badan bisa turun pada akhirnya?

Berat badan turun tergantung jumlah kalori yang masuk dan keluar

Apakah Anda menyadari bahwa semua makanan yang Anda makan dapat menambah kalori di dalam tubuh dan akhirnya menyebabkan berat badan Anda bertambah? Oleh karena itu, anjuran yang paling tepat agar berat badan turun dengan cepat dan aman adalah dengan cara membatasi asupan kalorinya dan membakar kalori yang tertumpuk di dalam tubuh Anda.

Kalori yang menumpuk tersebut sebenarnya disimpan oleh tubuh dalam bentuk lemak. Makanya, banyak juga yang mengatakan bahwa Anda harus membakar lemak Anda, sebab pada dasarnya tumpukan kalori sama dengan lemak.

Sebenarnya, berat badan Anda selalu naik turun setiap harinya. Tidak percaya? Coba saja untuk menimbang berat badan Anda setelah beraktivitas seharian atau sesudah buang air besar. Pasti berat badan Anda berkurang 500 gram hingga 1 kg.

Namun masalahnya, berat badan tersebut akan kembali bertambah seiring dengan makanan – apapun jenis makanannya – yang masuk ke dalam perut Anda. besarnya kenaikan berat badan Anda, tergantung dengan banyaknya makanan yang Anda makan. Ingat, semua makanan tersebut akan disimpan dalam bentuk lemak.

Oleh sebab itu, berat badan akan turun jika kalori yang terbakar di dalam tubuh lebih besar ketimbang kalori yang masuk.

Lalu bagaimana proses berat badan turun?

Semua proses yang dilakukan tubuh membutuhkan energi, entah itu untuk melakukan fungsi dasar – seperti bernapas dan mencerna makanan – dan menggerakkan otot-otot. Sedangkan energi didapatkan dari makanan yang Anda makan, terutama glukosa dalam darah.

Ketika Anda melakukan aktivitas fisik yang berat atau berolahraga dengan rutin, Anda membutuhkan energi yang cukup besar. Pada awalnya, memang energi akan dibentuk oleh tubuh dari hasil pencernaan makanan yang baru saja Anda makan sebelum beraktivitas. Namun apabila aktivitas yang Anda lakukan cukup berat dan makanan tersebut tidak menghasilkan glukosa yang banyak, tubuh akan secara otomatis mengambil tumpukan lemak untuk dijadikan energi.

Apalagi, jika Anda membatasi asupan makanan yang masuk. Tubuh akan ‘kekurangan’ glukosa dalam darah – yang menjadi bahan dasar pembuatan energi – dan akhirnya mengambil cadangan energi dari lemak. Tumpukan lemak tersebut akan menjadi glukosa bila dibutuhkan.

Oleh karena itu, cara ampuh agar berat badan turun dengan cepat adalah dengan membatasi asupan kalori yang masuk dan berolahraga dengan rutin. Sehingga, tubuh Anda tidak lagi memiliki tumpukan lemak yang banyak. Namun, pembatasan kalori harus dilakukan dengan tepat, tidak boleh sembarangan. Sebaiknya Anda konsultasikan hal tersebut dengan ahli gizi agar mendapatkan perhitungan kalori yang tepat.

Berkurangnya cairan di dalam tubuh juga bisa menyebabkan berat badan turun

Berat badan turun bisa terjadi karena berkurangnya lemak di dalam tubuh, tetapi bisa juga akibat tubuh kekurangan cairan. Apabila Anda mengonsumsi obat pelangsing yang ada di pasaran, biasanya obat tersebut membuat Anda mengeluarkan cairan tubuh terus-menerus.

Air adalah komponen terbesar yang membangun tubuh, yaitu sekitar 70%. Jadi, jika tubuh mengalami kehilangan banyak cairan, tidak heran bila berat badan turun secara cepat.

Tapi hati-hati dengan efek samping obat-obatan atau jenis diet yang hanya menurunkan berat air Anda saja. Tentu hal ini tidak akan baik untuk kesehatan. Tidak hanya menyebabkan tubuh menjadi dehidrasi, tetapi juga hal ini tidak memiliki dampak apapun pada tumpukan lemak – yang seharusnya Anda hilangkan. Sehingga, Anda tetap berisiko tinggi mengalami berbagai penyakit kronis.

health-tool-icon

Kalkulator Kebutuhan Kalori

Gunakan kalkulator ini untuk menentukan berapa kebutuhan kalori harian Anda berdasarkan tinggi, berat badan, usia, dan aktivitas sehari-hari.

Laki-laki

Wanita

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Mayo Clinic. (2017). Metabolism and weight loss: How you burn calories – Mayo Clinic. [online] Available at: http://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/weight-loss/in-depth/metabolism/art-20046508  [Accessed 29 Mar. 2017].

Johnson, A. (2015). Process of Losing Weight. [online] LIVESTRONG.COM. Available at: http://www.livestrong.com/article/33298-process-losing-weight/  [Accessed 29 Mar. 2017].

 


Foto Penulis
Ditulis oleh Nimas Mita Etika M Diperbarui 21/12/2020
Ditinjau oleh dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
x