Menguak Manfaat Teh Hitam untuk Menurunkan Berat Badan

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 18 Desember 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Banyak penelitian yang telah mengungkap manfaat teh hijau bagi kesehatan. Lalu bagaimana dengan teh hitam? Ternyata, minum teh hitam mungkin sama bermanfaatnya seperti minum teh hijau dalam mencegah obesitas dan meningkatkan kesehatan tubuh. Penelitian menunjukkan bahwa kandungan kimia yang terdapat dalam teh hitam, yang disebut polifenol, dapat mengubah proses metabolisme energi di hati (liver) dengan cara mengubah metabolit bakteri di usus. Selain itu, masih banyak manfaat teh hitam untuk menurunkan berat badan. Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini, yuk.

Manfaat polifenol dalam teh hitam untuk menurunkan berat badan

Sekelompok antioksidan berbasis tumbuhan, yang disebut flavonoid atau polifenol, berperan atas banyak manfaat kesehatan yang berasal dari teh. Semua jenis teh dibuat dari daun tanaman yang sama, yang mengandung sekelompok flavonoid yang disebut katekin. Dalam teh hijau, flavonoid utamanya adalah katekin. Saat daun teh diproses lebih lanjut untuk menghasilkan teh hitam, katekin membentuk flavonoid baru yang disebut theaflavin dan thearubigin. Teh hitam masih mengandung sejumlah kecil katekin, tapi manfaat kesehatan yang terbesar berasal dari flavonoid baru.

Penelitian sejauh ini menunjukkan bahwa teh hitam memiliki potensi untuk membantu menurunkan berat badan. Enzim pencernaan lipase dapat dihambat pada hewan percobaan yang mengonsumsi flavonoid teh hitam. Karena lemak tidak dapat dicerna tanpa enzim lipase, beberapa lemak tidak diserap oleh tubuh, melainkan dikeluarkan dari tubuh.

Ketika tikus percobaan diberi makan makanan tinggi lemak, tikus yang menerima dosis polifenol teh hitam lebih tinggi kehilangan berat badan lebih banyak daripada kelompok yang mendapat lebih sedikit polifenol. Peneliti juga melaporkan bahwa terdapat peningkatan pembakaran energi atau kalori yang cukup berarti setelah tikus percobaan mendapatkan theaflavin dari teh hitam.

Manfaat kafein dalam teh hitam untuk meningkatkan metabolisme

Ketika Anda minum secangkir teh hitam biasa, Anda akan mendapatkan 30 sampai 80 miligram kafein. Hanya membutuhkan sekitar 50 miligram kafein untuk meningkatkan jumlah energi yang dibakar tubuh Anda saat beristirahat, menurut sebuah studi dalam European Journal of Clinical Nutrition.

Meskipun belum ada cara untuk menentukan pengaruh pasti teh hitam terhadap berat badan, penelitian mengungkapkan bahwa kafein dapat meningkatkan metabolisme basal tubuh sebesar 6 persen. Kafein juga mendorong lipolisis, yaitu proses pemecahan lemak tubuh serta merangsang siklus tubuh yang memetabolisme lemak.

Kafein bisa membantu mempertahankan penurunan berat badan untuk jangka waktu yang lebih lama. Dari 2.000 orang yang disurvei, sebanyak hampir 500 orang melaporkan bahwa mereka berhasil menurunkan berat badan dan mempertahankannya. Akan tetapi, kandungan kafein yang terlalu banyak tidak baik untuk tubuh. Karena itu, batasi konsumsi teh hitam hingga paling banyak lima cangkir sehari.

teh tanpa kafein

Manfaat teh hitam untuk mengurangi asupan kalori

Selain manfaat potensial dari polifenol dan kafein, teh hitam akan membantu menurunkan berat badan jika Anda meminumnya sebagai pengganti minuman berkalori tinggi seperti soda atau minuman kemasan. Secangkir teh hitam hanya mengandung dua kalori.

Bahkan jika Anda menambahkan satu sendok madu, teh hitam hanya mengandung 23 kalori. Jika Anda memiliki kebiasaan minum minuman manis, gantilah dengan teh hitam tanpa gula sehingga dapat mengurangi sejumlah besar asupan kalori harian Anda.

Minum sebelum makan bisa membuat Anda merasa lebih kenyang, yang lantas membantu sebagian orang untuk makan dalam jumlah yang lebih sedikit. Dua penelitian tentang obesitas pada tahun 2010 dan 2015 menemukan bahwa orang yang minum sebelum makan, berhasil menurunkan berat badan lebih banyak dibandingkan dengan orang yang tidak minum apapun sebelum makan.

Anda juga akan membakar beberapa kalori tambahan karena tubuh memetabolisme air. Meskipun penelitian ini hanya menggunakan air biasa, manfaat teh hitam bagi penurunan berat badan dan pengendalian asupan kalori juga serupa.

Kalkulator BMI

Benarkah berat badan Anda sudah ideal?

Ayo Cari Tahu!
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Cara Aman Mengobati Luka dan Lecet di Vagina

Vagina Anda luka? Jangan digaruk atau dibersihkan dengan sembarang sabun. Apa penyebab lecet dan luka di vagina? Dan bagaimana mengobatinya?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Kesehatan Wanita, Penyakit pada Wanita 26 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit

3 Manfaat Daun Mimba (Intaran), Tanaman Obat yang Serba Guna

Pohon mimba ternyata memiliki sejuta mnfaat, bukan hanya daun mimba saja lho. Yuk simak apa saya manfaat daun mimba dan bagian lainnya!

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Rr. Bamandhita Rahma Setiaji
Herbal A-Z 26 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit

5 Makanan dan Minuman Sehat yang Mengandung Bakteri Asam Laktat

Tahukah Anda kalau makanan yang mengandung bakteri asam laktat menyehatkan? Makanan apa saja itu? Mari simak jawabannya di sini.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Fakta Gizi, Nutrisi 26 Februari 2021 . Waktu baca 3 menit

Benarkah Wanita Berbulu Lebat Nafsu Seksnya Tinggi?

Yang jelas, bulu alias rambut halus yang lebat ini diakibatkan tingginya hormon testosteron. Tapi apakah ini berarti nafsu seksualnya juga lebih tinggi?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Satria Perdana
Kesehatan Seksual, Tips Seks 25 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

bahaya pakai earphone saat tidur

Waspada Bahaya Infeksi Telinga Akibat Pakai Earphone Saat Tidur

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Thendy Foraldy
Dipublikasikan tanggal: 26 Februari 2021 . Waktu baca 3 menit
jenis tambal gigi

4 Jenis Tambalan Gigi dan Prosedur Pemasangannya di Dokter Gigi

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 26 Februari 2021 . Waktu baca 6 menit
Apa Fungsi Obat Methylprednisolone

Obat Penambah Tinggi Badan, Apakah Benar Bisa Membuat Tinggi?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 26 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit
luka gatal mau sembuh

Kenapa Biasanya Luka Terasa Gatal Kalau Mau Sembuh?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 26 Februari 2021 . Waktu baca 3 menit