backup og meta
Kategori
Cek Kondisi
Tanya Dokter
Simpan
Konten

Serba-serbi Alat Pembakar Lemak, Benarkah Bisa Bikin Langsing?

Ditinjau secara medis oleh dr. Andreas Wilson Setiawan · General Practitioner · None


Ditulis oleh Annisa Nur Indah Setiawati · Tanggal diperbarui 01/04/2024

Serba-serbi Alat Pembakar Lemak, Benarkah Bisa Bikin Langsing?

Menurunkan berat badan memang bisa dibilang hal yang sulit dan sering kali membuat frustrasi. Beberapa orang sampai menggunakan alat pembakar lemak untuk mempercepat penurunan berat badan mereka. Namun, benarkah alat ini efektif mengurangi berat badan berlebih?

Apa itu alat pembakar lemak?

Alat pembakar lemak atau yang sering disebut dengan vibrator machines adalah alat yang bekerja membuat seluruh tubuh bergetar, sehingga memaksa otot terus berkontraksi.

Alat ini biasanya berbentuk sabuk yang diikatkan ke lingkaran perut dan tersedia di berbagai pusat kebugaran atau bisa dibeli lewat toko daring. 

Sejumlah produk vibrator machines mengklaim dapat membakar lebih banyak lemak saat melakukan aktivitas fisik tertentu. 

Jadi, selama Anda melakukan squat, push-up, atau crunch menggunakan alat ini, tubuh akan lebih banyak mengubah lemak menjadi energi.

Selain itu, produk ini mengklaim dapat membakar lemak meski tubuh tidak dalam keadaan berolahraga, misalnya sedang bersantai di rumah atau duduk bekerja di depan laptop.

Jadi, alat getar pembakar lemak ini cocok digunakan untuk orang yang memiliki kesibukan tinggi dan tidak banyak memiliki waktu untuk olahraga.

Cara kerja alat pembakar lemak

Cara kerja alat pembakar lemak yaitu meningkatkan kontraksi otot secara otomatis (refleks otot) melalui efek getaran yang dihasilkan.

Nah, getaran yang memicu kontraksi otot ini akan mendorong pembakaran kalori tubuh.

Pada alat, terdapat elektromiografi yang mengukur aktivitas listrik di otot yang memastikan getaran dapat menyebabkan peningkatan aktivitas otot.

Pasalnya, jumlah energi yang dibakar bergantung pada frekuensi dan kekuatan getaran.

Manfaat lain alat pembakar lemak

cara membakar lemak

Selain membakar lemak, berikut ini manfaat lain dari alat ini.

1. Menurunkan berat badan

Tujuan utama alat penghancur lemak ini memang untuk menurunkan berat badan. Namun, efektivitas alat ini masih harus diuji lebih lanjut.

Pasalnya, terdapat beberapa penelitian yang dilakukan untuk menguji keampuhan alat ini tetapi hasilnya tidak konsisten, bahkan tidak terlalu berdampak pada penurunan berat badan.

Hal ini tertulis dalam salah satu penelitian dalam Journal of Musculoskeletal & Neuronal Interactions.

Hasil penelitian mengatakan bahwa terdapat penurunan massa lemak yang signifikan, tetapi tidak terlalu berdampak besar pada kesehatan tubuh secara umum. Untuk itu, masih diperlukan penelitian lebih lanjut mengenai hal ini.

2. Meningkatkan kekuatan otot

Selain menurunkan berat badan, alat pembakar lemak bermanfaat meningkatkan kekuatan otot

Salah satu penelitian dalam jurnal Healthcare mengamati efek penggunaan latihan getaran pada penguatan otot pada orang tua. 

Penelitian terbagi menjadi 2 kelompok, yaitu kelompok yang menggunakan alat penggetar dan kelompok yang hanya melakukan peregangan. Kedua kelompok sama-sama melakukan latihan kekuatan otot setelahnya.

Hasilnya, peningkatan kinerja fisik terjadi pada kelompok yang menggunakan alat penggetar. Jadi, dapat disimpulkan alat penghancur lemak ini juga bisa jadi pilihan untuk meningkatkan latihan kekuatan otot.

3. Menurunkan tekanan darah 

Salah satu penelitian dalam jurnal Integrative Medicine Research juga mengatakan bahwa alat penggetar ini dapat menurunkan tekanan darah.

Hal ini berkat getaran yang diberikan ke tubuh dapat merangsang pembuluh darah sehingga membantu meningkatkan elastisitas pembuluh darah.

Pembuluh darah yang lebih elastis mampu melonggar dan menyesuaikan tekanan darah dengan lebih baik sehingga menurunkan tekanan darah.

Selain itu, alat pembakar lemak perut ini juga diduga bermanfaat untuk:

  • meningkatkan fleksibilitas otot, 
  • mengurangi nyeri otot setelah berolahraga
  • menurunkan hormon stres, 
  • meredakan sakit punggung, dan 
  • mencegah pengeroposan tulang.

Alat ini mungkin bisa menjadi alat yang membantu dalam meningkatkan kesehatan Anda seperti sudah disebutkan di atas. Namun, alat ini tidak boleh menjadi pengganti olahraga dan diet sehat.

Oleh karena itu, tetap lakukan olahraga rutin dan lakukan defisit kalori untuk menurunkan berat badan.

Apakah alat pembakar lemak efektif menurunkan berat badan?

Berbagai penelitian telah dilakukan untuk menguji efektivitas alat pembakar lemak untuk menurunkan berat badan, tapi hasilnya tidak konsisten. Untuk itulah, alat ini hanya bersifat pendukung saja, bukan solusi tunggal menurunkan berat badan.

Tips menggunakan alat pembakar lemak

Cara menggunakan alat penggetar untuk menurunkan berat badan tergantung model alatnya. Anda dapat menggunakan mesin ini sambil berdiri, berbaring, atau duduk.

Anda dapat membaca petunjuk penggunaan yang ada di dalam kemasan.

Umumnya, alat ini digunakan sambil melakukan latihan kekuatan, seperti squat, push-up, atau crunch, untuk meningkatkan pembuangan kalori. 

Setiap model alat penghancur lemak mungkin memiliki petunjuk penggunaan yang spesifik, maka penting untuk membaca panduan penggunaan dengan baik. 

Selain itu, jika Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu atau sedang menjalani perawatan medis, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter. Hal ini untuk memastikan keamanan dan kesesuaian dengan kebutuhan kesehatan Anda.

Catatan

Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan. Selalu konsultasikan dengan ahli kesehatan profesional untuk mendapatkan jawaban dan penanganan masalah kesehatan Anda.



Ditinjau secara medis oleh

dr. Andreas Wilson Setiawan

General Practitioner · None


Ditulis oleh Annisa Nur Indah Setiawati · Tanggal diperbarui 01/04/2024

ad iconIklan

Apakah artikel ini membantu?

ad iconIklan
ad iconIklan