5 Jenis Makanan Penyelamat Jika Anda Tidak Nafsu Makan

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 18 Desember 2020 . Waktu baca 5 menit
Bagikan sekarang

Ketika Anda sedang tidak nafsu makan, makanan favorit Anda yang biasanya tampak menggiurkan pun tak akan berhasil menggugah selera. Padahal, Anda sedang tidak diet atau menurunkan berat badan. Anda hanya tidak minat makan saja. Kehilangan nafsu makan sering dianggap sebagai masalah kesehatan yang umum dan sepele. Namun, hati-hati karena jika tidak ditangani dengan tepat, tidak nafsu makan bisa menyebabkan berbagai komplikasi seperti kurang nutrisi, lemas, gangguan asam lambung, dan gangguan sistem metabolisme. Untuk menghindari risiko-risiko tersebut, Anda perlu menyiasati menu makanan yang Anda santap supaya bisa membantu mengembalikan selera makan Anda. Mau tahu caranya? Simak terus penjelasan di bawah ini.

Berbagai penyebab Anda tidak nafsu makan

Supaya Anda bisa menangani masalah hilangnya nafsu makan, terutama yang terjadi tiba-tiba, perhatikan apa yang kira-kira menjadi penyebabnya. Tidak nafsu makan bisa diakibatkan oleh berbagai kondisi. Kemungkinannya antara lain sebagai berikut.

Infeksi

Berbagai jenis infeksi bisa menyebabkan hilangnya selera makan. Radang pada paru-paru dan sistem pernapasan seperti pneumonia, hepatitis, dan influenza adalah jenis infeksi yang paling sering membuat Anda tidak nafsu makan. Selain itu, infeksi yang menyerang sistem kekebalan tubuh seperti HIV dan leukimia juga memiliki peran yang sangat besar terhadap selera makan seseorang.

Penyakit

Kalau Anda sedang sakit atau tidak enak badan, Anda juga biasanya akan kehilangan nafsu makan. Terutama jika penyakit yang Anda derita melibatkan gangguan pencernaan tertentu seperti tifus, penyakit Crohn, penyakit Celiac yang disebabkan oleh reaksi alergi terhadap gluten, hingga kanker usus besar. Tidak nafsu makan juga bisa menandakan gangguan kesehatan lain seperti penyakit jantung, penyakit hati, dan penyakit ginjal.

Tak hanya penyakit yang menyerang fisik, penyakit yang menyerang kondisi kejiwaan seseorang seperti depresi, serangan kecemasan, atau skizofrenia juga biasanya ditunjukkan dengan hilangnya selera makan.

Stres atau kelelahan

Kebanyakan pikiran atau kelelahan berisiko memicu hilangnya nafsu makan. Namun, pada setiap orang gejalanya bisa berbeda-beda. Ada juga orang yang justru jadi sering lapar kalau banyak pikiran. Jadi, sebaiknya sadari apakah Anda sedang stres berat karena masalah tertentu atau kurang istirahat.

Meningkatkan nafsu makan secara alami

Untuk mengatasi berkurangnya selera makan, Anda bisa mencoba mengonsumsi makanan yang bisa meningkatkan nafsu makan secara alami. Anda pun tak perlu minum suplemen penambah nafsu makan tertentu, kecuali jika disarankan oleh dokter Anda. Intip berbagai makanan yang bisa membantu Anda makan lebih lahap berikut ini.

Makanan tinggi kalori

Saat Anda tidak nafsu makan, tubuh akan jadi lemas karena kalori yang bisa dibakar sangat sedikit jumlahnya. Semakin Anda merasa lemas, selera makan pun makin lenyap. Untuk menghentikan siklus berbahaya ini, makanan yang tinggi kalori bisa menjadi penyelamat Anda. Siasati dengan cara memaksimalkan asupan kalori setiap kali Anda makan, meskipun porsinya sedikit. Misalnya, siapkan sarapan roti dengan selai kacang daripada meises cokelat. Selai kacang sangat tinggi kalori dan kaya protein, serat, dan mineral yang bisa membuat badan terasa lebih bugar. Makanan lain yang tinggi kalori antara lain ubi, jagung, mentega, keju, santan kelapa, dan salmon.

Rempah-rempah

Kayu manis, jahe, dan lada adalah bahan-bahan alami yang berkhasiat untuk menambah selera makan Anda. Anda bisa menambahkannya pada masakan Anda atau menyeduh teh dengan kayu manis dan jahe. Rempah-rempah tersebut mampu merangsang sistem pencernaan Anda. Jahe juga terbukti ampuh mengurangi sakit perut atau mual yang membuat Anda tidak nafsu makan.

Sayuran pahit

Sayuran yang pahit seperti daun singkong, daun pepaya, dan sawi pahit bisa merangsang produksi cairan empedu. Cairan empedu baik untuk sistem pencernaan Anda serta berguna untuk merangsang nafsu makan. Jika rasa pahit sayuran tersebut justru membuat Anda semakin tidak nafsu makan, siasati dengan cara mengolah sayuran pahit dengan kuah berbahan dasar santan yang gurih dan tinggi kalori. Tambahkan pula rempah-rempah yang aromanya harum.

Sayuran penambah nafsu makan

Selain sayuran pahit, gairah makan Anda juga bisa diselamatkan oleh berbagai sayuran yang memiliki khasiat alami meningkatkan nafsu makan. Contohnya adalah tomat, timun, bawang putih mentah, dan lobak. Sayuran tersebut juga kaya akan berbagai vitamin dan zat yang bisa membantu mengembalikan nutrisi yang hilang atau melawan infeksi.

Buah-buahan yang baik untuk pencernaan

Apabila Anda tidak selera untuk makan banyak, Anda bisa mengonsumsi buah-buahan sebagai camilan yang sehat, bikin kenyang, dan bisa meningkatkan nafsu makan. Anggur, lemon, apel, dan beri hitam (blackberry) adalah contoh buah-buahan yang bisa merangsang produksi enzim dan cairan empedu yang bertugas untuk menjaga sistem pencernaan Anda bekerja dengan baik.

BACA JUGA:

Kalkulator BMI

Benarkah berat badan Anda sudah ideal?

Ayo Cari Tahu!
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Baca Juga:

    Yang juga perlu Anda baca

    4 Jenis Olahraga yang Aman Dilakukan di Malam Hari

    Olahraga malam hari bisa membantu Anda tidur nyenyak dan menghindarkan diri dari sengatan sinar matahari. Berikut 4 olahraga untuk dilakukan di malam hari.

    Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Novita Joseph
    Olahraga Lainnya, Kebugaran 21 Januari 2021 . Waktu baca 3 menit

    Sakit Kepala Setelah Makan? Ini 4 Hal yang Bisa Jadi Penyebabnya

    Ngantuk atau lemas habis makan adalah hal yang biasa. Lalu, bagaimana kalau Anda justru sakit kepala setelah makan? Cari tahu penyebabnya di sini, yuk.

    Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
    Kesehatan Otak dan Saraf, Sakit Kepala 21 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

    Cara Menahan Rasa Lapar Saat Melakukan Diet

    Sering kali diet Anda gagal karena Anda tak bisa menahan lapar dan akhirnya menyerah dan kembali makan dengan porsi besar. Begini cara mengatasinya.

    Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
    Tips Berat Badan Turun, Nutrisi 21 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

    Baru Pakai Skincare Antiaging Usia 50 Tahun ke Atas, Bermanfaatkah?

    Produk skincare antiaging fungsinya adalah mencegah penuaan dini. Namun, kalau baru pakai antiaging di usia 50 tahun ke atas, apa hasilnya akan sama?

    Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Novita Joseph
    Kesehatan Lansia, Gizi Lansia 21 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit

    Direkomendasikan untuk Anda

    kelopak mata bengkak, apa penyebabnya

    Penyebab Kelopak Mata Bengkak dan Cara Tepat Mengatasinya

    Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
    Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
    Dipublikasikan tanggal: 22 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit
    penis bengkok

    Bisakah Penis yang Bengkok Diluruskan Kembali?

    Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Andisa Shabrina
    Dipublikasikan tanggal: 22 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
    memotong kuku

    Kuku Pendek vs Kuku Panjang: Mana yang Lebih Baik untuk Kesehatan?

    Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Widya Citra Andini
    Dipublikasikan tanggal: 22 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit
    Mengurangi Bau Badan

    Deodoran Tidak Mempan Kurangi Bau Badan? Atasi Dengan Bahan Alami Berikut Ini

    Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
    Ditulis oleh: dr. Marsha Desica Arsanta
    Dipublikasikan tanggal: 21 Januari 2021 . Waktu baca 3 menit