Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

Sulit Tambah Gemuk? 4 Suplemen Ini Bisa Menaikkan Berat Badan

Sulit Tambah Gemuk? 4 Suplemen Ini Bisa Menaikkan Berat Badan

Bagi beberapa orang menaikkan berat badan mungkin adalah hal yang mudah. Namun pada beberapa kasus, ada juga yang memerlukan konsumsi suplemen atau makanan penambah berat badan.

Apa saja suplemen penggemuk badan yang disarankan? Simak ulasan di bawah ini untuk mengetahui selengkapnya.

Pilihan suplemen penambah berat badan

Orang yang ingin menambah berat badan memiliki beberapa alasan, seperti meningkatkan kesehatan secara keseluruhan atau ingin menambah massa otot.

Masalahnya, tidak semua orang dapat menaikkan angka timbangan dengan mudah. Tidak jarang, mereka perlu mengonsumsi vitamin dan suplemen tertentu untuk membantu menaikkan berat badan.

1. Protein

efek samping whey protein

Salah satu vitamin dan suplemen penambah berat badan yang sangat populer adalah yang mengandung tinggi protein.

Sudah bukan rahasia umum lagi bahwa protein adalah zat gizi yang penting untuk menambah massa otot. Banyak orang juga yang menganggap suplemen protein sangat membantu mereka menambah berat badan.

Menurut sebuah penelitian dari jurnal Sports Medicine, suplemen yang mengandung protein dapat menambah massa otot pada orang dewasa yang sering berolahraga.

Namun, Anda tetap dianjurkan untuk memperoleh protein dari makanan.

Makanan berprotein tinggi cenderung membutuhkan waktu yang lama untuk dikonsumsi dan dicerna. Dengan begitu, tubuh dapat terus-menerus menyerap zat gizi yang dapat membantu menambah berat badan ini.

Perlu diingat, penting juga memenuhi kebutuhan kalori harian Anda untuk menambah berat badan selain mengonsumsi suplemen protein.

2. Kreatin

Selain protein, vitamin dan suplemen lainnya dapat dijadikan sebagai penambah berat badan adalah yang mengandung kreatin.

Kreatin merupakan senyawa kimia alami yang diproduksi oleh tubuh. Namun, Anda juga dapat memperolehnya dari makanan dan suplemen.

Senyawa kimia yang menjadi sumber energi ini ternyata bisa digunakan untuk meningkatkan berat badan. Hal ini pun dibuktikan melalui sebuah penelitian dari Journal of International Society of Sports Nutrition.

Di dalam penelitian tersebut disebutkan suplemen kreatin dapat meningkatkan kekuatan dan massa tubuh tanpa lemak jika konsumsinya ditunjang dengan olahraga rutin.

Senyawa kreatin pun bisa Anda peroleh melalui susu, suplemen, dan daging. Oleh karena itu, Anda bisa menambah berat badan untuk meningkatkan fungsi tubuh menjadi lebih baik melalui kreatin.

3. Zinc

berat badan naik selama pandemi

Zinc (seng) sebenarnya tidak secara langsung bisa digunakan sebagai suplemen penambah berat badan. Manusia membutuhkan zinc sebagai pembentuk protein dan DNA serta meningkatkan fungsi kekebalan tubuh.

Mendapatkan asupan zinc tambahan memang tidak berarti langsung meningkatkan berat badan Anda.

Akan tetapi, kehilangan nafsu makan dan berat badan ada hubungannya dengan orang yang kekurangan asupan zinc.

Maka dari itu, meningkatkan asupan seng untuk tubuh dapat membantu sebagian orang untuk menambah berat badan.

Walaupun demikian, masih diperlukan penelitian lebih lanjut mengenai kemanjuran dari suplemen zinc dalam menambah berat badan, termasuk apakah bisa digunakan orang yang tidak kekurangan zinc.

4. Citrulline

Citrulline adalah asam amino yang diproduksi di tubuh Anda dan ditemukan dalam makanan. Salah satu fungsi citrulline adalah meningkatkan aliran darah ke jaringan tubuh.

Beberapa penelitian, seperti Current Opinion in Clinical Nutrition and Metabolic Care telah menemukan bahwa mengonsumsi suplemen ini saat latihan dapat meningkatkan massa otot.

Penelitian jangka panjang terhadap efek konsumsi citrulline masih terbatas, tetapi suplemen ini dapat membantu penambahan massa otot dari waktu ke waktu.

Apabila memungkinkan, Anda dapat mengonsumsi suplemen ini saat berolahraga.

Konsumsi vitamin dan suplemen memang dapat membantu Anda menaikkan berat badan, tapi cara ini bukanlah satu-satunya solusi

Anda tetap perlu memenuhi kebutuhan kalori harian atau menambah porsi makan agar angka timbangan makin naik. Selain itu, pastikan menu makan harian Anda telah memenuhi aturan gizi seimbang.

health-tool-icon

Kalkulator BMI (IMT)

Gunakan kalkulator ini untuk memeriksa Indeks Massa Tubuh (IMT) dan mengecek apakah berat badan Anda ideal atau tidak. Anda juga dapat menggunakannya untuk memeriksa indeks massa tubuh anak.

Laki-laki

Wanita

Verifying...

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Buford, T. W., et al. (2007). International Society of Sports Nutrition position stand: creatine supplementation and exercise. Journal of the International Society of Sports Nutrition, 4, 6. doi:10.1186/1550-2783-4-6

Figueroa, Arturo; Wong, Alexei; Jaime, Salvador J.; Gonzales, Joaquin U. (2017). Influence of L-citrulline and watermelon supplementation on vascular function and exercise performance. Current Opinion in Clinical Nutrition and Metabolic Care, 20(1), 92–98. doi:10.1097/MCO.0000000000000340

Golden, M. H. N; Golden, B. E. (1981). Effect of zinc supplementation on the dietary intake, rate of weight gain, and energy cost of tissue deposition in children recovering from severe malnutrition. The American Journal of Clinical Nutrition, 34(5), 900–908. doi:10.1093/ajcn/34.5.900 

Pasiakos, S., McLellan, T., & Lieberman, H. (2014). The Effects of Protein Supplements on Muscle Mass, Strength, and Aerobic and Anaerobic Power in Healthy Adults: A Systematic Review. Sports Medicine, 45(1), 111-131. doi: 10.1007/s40279-014-0242-2

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Ilham Fariq Maulana Diperbarui Apr 11
Ditinjau secara medis oleh dr. Patricia Lukas Goentoro