3 Cara Mudah Membersihkan Kacamata Anda

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 21 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit
Bagikan sekarang

Agar bisa terus membantu Anda melihat dengan baik, kacamata harus rutin dibersihkan. Namun, sudah benarkah cara Anda membersihkan lensanya? Cara membersihkan lensa kacamata yang tepat dapat mencegah risiko goresan pada lensa, juga sekaligus memperpanjang usia pakainya sehingga Anda tidak perlu repot bolak-balik ke optik untuk ganti lensa.

Cara membersihkan lensa kacamata yang benar

jerawat gara-gara kacamata

Apabila Anda termasuk orang yang mengenakan kacamata sehari-hari, baik kacamata dari resep dokter maupun kacamata untuk terapi, Anda tentu menyadari bahwa lensa kacamata mudah dihinggapi debu, kotoran, bahkan minyak. Hal tersebut tentunya sangat mengganggu, terlebih jika penglihatan Anda sangat bergantung pada kacamata.

Nah, tahukah Anda bahwa kacamata termasuk benda yang paling mudah dihinggapi bakteri? Bakteri dapat berkumpul di bagian-bagian sensitif kacamata, mulai dari lensa, batang, hingga bagian hidung kacamata.

Hal ini dikonfirmasi dalam sebuah studi tahun 2018 dari PloS One. Menurut studi tersebut, kacamata merupakan salah satu benda yang paling banyak terkontaminasi bakteri jenis Staphylococcus.

Oleh karena itu, penting untuk mengetahui cara membersihkan dan merawat kacamata yang benar agar kesehatan mata Anda senantiasa terjaga. Merawat kacamata dengan baik juga dapat mencegah kerusakan pada kacamata, sehingga Anda tidak perlu gonta-ganti kacamata terlalu sering.

Berikut tips yang perlu Anda ketahui dalam membersihkan kacamata:

1. Gunakan cairan khusus pembersih kacamata

Membersihkan kacamata pakai cairan khusus yang bisa Anda beli di optik adalah langkah paling tepat. Meskipun begitu, caranya juga harus tepat agar benar-benar bermanfaat.

Cara membersihkan lensa kacamata dengan cairan pembersih khusus adalah sebagai berikut:

  • Bilas dulu lensa kacamata dengan air mengalir. Apabila tidak ada sumber air bersih, semprotkan cairan pembersih kacamata dengan jumlah yang lebih banyak. Tujuannya agar debu-debu yang menempel dapat terbilas.
  • Guncang-guncang ringan kacamata Anda untuk mengeringkan air dan periksa kebersihan lensa.
  • Keringkan dengan kain katun atau dapat juga menggunakan kain mikrofiber yang banyak dijual di toko-toko kacamata.
  • Jangan lupa untuk membersihkan kain mikrofiber Anda secara berkala agar debu yang menempel pada kain tidak menggores lensa kacamata Anda.

Cairan pembersih kacamata tersedia dalam berbagai ukuran yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Maka dari itu, ada baiknya Anda menyediakan beberapa cadangan untuk berbagai kesempatan.

Anda bisa menyediakan cairan berukuran besar untuk di rumah. Anda juga sebaiknya membaginya ke dalam botol kecil yang bisa disimpan di tas saat bepergian.

Hindari menggunakan kapas atau swab alkohol untuk membersihkan lensa kacamata Anda. Alkohol berpotensi menyebabkan lem penahan lensa menjadi longgar, serta meninggalkan residu atau sisa di permukaan lensa.

2. Cuci pakai sabun dan air mengalir

Cara membersihkan lensa kacamata pakai air dan sabun bisa diandalkan ketika Anda lupa membawa cairan khusus pembersih kacamata atau sedang kehabisan.

Ini langkah-langkahnya:

  • Cuci tangan dulu sampai bersih pakai sabun untuk merontokkan debu dan partikel asing yang bisa ikut menggores lensa kacamata.
  • Bilas lensa kacamata di bawah air mengalir. Biarkan sebentar tanpa digosok. Langkah ini bertujuan untuk membilas debu-debu halus yang ada di permukaan lensa.
  • Tuang 1 tetes kecil sabun cuci piring pada lensa untuk setiap lensa.
  • Gosok secara perlahan kedua sisi lensa dan juga bagian hidung dan gagang kacamata.
  • Bilas kembali lensa kacamata dengan air mengalir. Pastikan tidak ada sabun yang tertinggal pada lensa.
  • Guncangkan kacamata secara perlahan untuk mengurangi jumlah air yang ada kemudian arahkan lensa kacamata ke arah cahaya untuk memastikan kebersihan lensa. Apabila masih ada noda yang tersisa, ulangi langkah di atas.
  • Keringkan lensa kacamata hanya menggunakan kain katun bersih.

3. Bawa kacamata ke optik

Anda dapat juga membersihkan kacamata dengan cara membawa ke optik terdekat, terutama apabila Anda tidak bisa membersihkan beberapa bagian kacamata, misalnya bagian penyangga hidung.

Kacamata Anda akan dibersihkan menggunakan alat pembersih ultrasonik sehingga seluruh bagian kacamata dapat terjangkau dengan baik.

Simpan kacamata dengan baik setelah dibersihkan

memakai kacamata

Setelah dibersihkan, selalu taruh kacamata di tempat kacamata apabila sedang tidak digunakan. Selain dapat mencegah kerusakan kacamata, hal ini juga membantu untuk menjaga agar lensa tidak mudah tergores.

Apabila Anda tidak memiliki tempat kacamata, pastikan untuk selalu menaruh kacamata di tempat yang aman dan tidak menaruhnya dengan posisi lensa menghadap ke bawah.

Itu dia berbagai tips dan cara membersihkan serta merawat kacamata Anda. Jadikan kebiasaan membersihkan kacamata sebagai bagian dari rutinitas Anda sehari-hari. Dengan demikian, fungsi kacamata untuk melihat dapat digunakan secara maksimal, dan Anda menjauhkan diri dari risiko penyakit mata yang berbahaya.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Mata Silinder (Astigmatisme)

Mata silinder (astigmatisme) bisa menyebabkan penglihatan menjadi buram. Ketahui gejala, penyebab, dan pengobatan dari kelainan refraksi mata ini.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Shylma Na'imah
Kesehatan Mata, Gangguan Penglihatan 22 Desember 2020 . Waktu baca 6 menit

6 Cara Menjaga Kesehatan Mata Anak

Untuk memastikan mata anak terus sehat hingga ia dewasa nanti, kesehatan matanya harus dijaga sejak ia masih kecil. Bagaimana orangtua bisa membantu?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
Anak 6-9 tahun, Perkembangan Anak, Parenting 18 November 2020 . Waktu baca 3 menit

Segudang Penyebab yang Memicu Reaksi Alergi pada Kulit

Penyebab alergi kulit yang perlu Anda ketahui antara lain adalah air, logam, sinar matahari, kosmetik, dan cat rambut. Bagaimana ciri-cirinya?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Alergi, Alergi Kulit 16 September 2020 . Waktu baca 7 menit

Begini Alasan Adanya Mata Plus pada Anak

Mata plus sering dikenal sebagai penyakit orang tua. Padahal banyak juga kasus mata plus pada anak. Baca terus dan pelajari berbagai penyebab dan gejalanya.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Penyakit pada Anak, Kesehatan Anak, Parenting 20 Juni 2020 . Waktu baca 5 menit

Direkomendasikan untuk Anda

10 Tanda Saatnya Anda Periksa ke Dokter Mata

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Adinda Rudystina
Dipublikasikan tanggal: 2 Maret 2021 . Waktu baca 4 menit
cara membaca resep kacamata

Begini Cara Membaca Resep Kacamata dari Dokter dan Optik Anda

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Dipublikasikan tanggal: 25 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit
Membaca jarak dekat dengan kacamata plus

Kenali, Jenis Lensa Kacamata Berdasarkan Material dan Fungsinya

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Fidhia Kemala
Dipublikasikan tanggal: 22 Desember 2020 . Waktu baca 8 menit
buta warna

Buta Warna

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Fajarina Nurin
Dipublikasikan tanggal: 22 Desember 2020 . Waktu baca 9 menit