backup og meta
Kategori
Cek Kondisi

1

Tanya Dokter
Simpan

10 Pilihan Tetes Mata Softlens yang Bagus dan Aman

Fakta medis diperiksa oleh Hello Sehat Medical Review Team


Ditulis oleh Hillary Sekar Pawestri · Tanggal diperbarui 28/02/2024

10 Pilihan Tetes Mata Softlens yang Bagus dan Aman

Penggunaan softlens sering kali membuat mata terasa lebih kering dan mudah iritasi. Untuk mencegah dan mengatasinya, Anda perlu mencari tetes mata yang memang diformulasikan khusus bagi pengguna softlens.

Jika Anda merupakan pengguna softlens dan sedang mencari tetes mata yang bagus, simak berbagai rekomendasi berikut.

Cara kami memilih tetes mata softlens yang bagus

Sebelum memilih tetes mata untuk softlens, perlu Anda tahu bahwa produk ini berbeda dengan cairan softlens.

Tetes mata berfungsi untuk mengatasi mata kering, kemerahan, atau iritasi karena penggunaan softlens.

Sementara itu, cairan softlens hanya digunakan untuk membersihkan softlens, tidak diteteskan ke mata.

Beruntungnya, saat ini Anda sudah dapat dengan mudah memilih obat tetes mata khusus pengguna lensa kontak.

Pasalnya, beberapa merk sudah mencantumkan bahwa produk mereka memang diformulasikan khusus bagi pengguna softlens.

Selain melihat label, untuk memilih merk tetes mata softlens yang bagus, laman Vision Center menyarankan Anda untuk menghindari produk yang memiliki bahan pengawet, seperti benzalkonium klorida.

10 rekomendasi tetes mata softlens yang bagus

merek dan merk rekomendasi obat tetes mata

Beberapa merk softlens sudah melengkapi produk mereka dengan tetes mata. Dengan begitu, Anda bisa memberi merk softlens dan tetes mata yang sama.

Berikut ini adalah beberapa merk yang bisa Anda pertimbangkan jika sedang mencari tetes mata softlens yang bagus.

1. Freshkon Clear Refreshing Drops

Kandungan hyaluronic acid (HA) pada Freshkon Clear Refreshing Drops ini mampu melembapkan mata kering akibat softlens sekaligus menjernihkan pandangan.

Produk asal Malaysia ini juga dilengkapi dengan hypermellose yang mampu menyegarkan mata.

Merk satu ini cocok digunakan untuk hampir semua jenis softlens, termasuk daily disposable lenses atau lensa kontak sekali pakai.

Selain melembapkan mata, Freshkon Clear Refreshing Drops juga bisa membersihkan softlens supaya semakin nyaman saat dipakai.

Nomor izin edar Kemenkes: AKL 21204811150

2. Blink n Clean Lens Drops

Tidak sekedar melembapkan, Blink N Clean Lens Drop telah dilengkapi dengan polyhexamethylene biguanide (PHMB) sebagai antiseptik untuk membasmi mikroorganisme penyebab iritasi.

Produk ini juga diklaim dapat mencegah penggumpalan protein atau lemak di mata yang bisa menyebabkan pterigium hingga tumbuhnya daging pada mata.

Untuk melembapkan mata, produk dengan kemasan warna pink ini akan mengandalkan hydroxypropyl methylcellulose.

Produk ini aman digunakan untuk berbagai jenis softlens, mulai dari yang soft hingga rigid gas-permeable (RGPs).

Nomor izin edar Kemenkes: AKL 21204615080

3. Renu Multiplus Lubricating & Rewetting Drops

Rekomendasi tetes mata softlens yang bagus selanjutnya adalah Renu Multiplus Lubricating & Rewetting Drops. Sesuai namanya, produk ini memiliki fungsi utama untuk melembapkan mata pengguna softlens.

Sama seperti merk tetes mata softlens lainnya, Renu Multiplus Lubricating & Rewetting Drops juga dapat mencegah penumpukan lapisan protein dan lemak. 

Renu Multiplus Lubricting & Rewetting bisa langsung digunakan setelah bagun tidur. Pasalnya, atas saran dokter, beberapa orang mungkin perlu menggunakan softlens saat tidur.

Nomor izin edar Kemenkes: AKL 21204410648

4. Omega O2 Comfort Drops 

Bagi pengguna softlens untuk mata minus, Omega O2 Comfort Drops bisa menjadi pilihan tepat untuk melembabkan mata yang mulai kering.

Produk ini juga cocok untuk mengurangi rasa tidak nyaman akibat menggunakan softlens terlalu lama.

Omega O2 Comfort Drops juga dapat mencegah penumpukan protein, lemak, dan mineral lain di mata. Produk ini diklaim mampu membantu meningkatkan oksigen pada kornea yang terlapisi softlens.

Kornea yang kekurangan oksigen bisa menyebabkan mata merah dan perih. Namun, produk ini tidak bisa digunakan untuk softlens mata plus atau normal.

Nomor izin edar Kemenkes: AKL 21204111600 

Tahukah Anda?

Karena sudah diformulasikan khusus, Anda tidak perlu melepas lensa kontak terlebih dahulu jika ingin menggunakan tetes mata softlens.

5. Ice All-in-1 Multi-purpose Contact Lens Solution

Merk lain yang bisa Anda pertimbangkan jika mencari tetes mata untuk pemakaian softlens adalah ICE All in 1 Multi Purpose Contact Lens. 

Air tetes mata softlens ini mengandung 20% PHMB yang bagus untuk membunuh bakteri penyebab iritasi pada permukaan lensa mata.

Ice All in 1 Multi Purpose Contact Lense juga diperkaya dengan hydroxypropyl methyl cellulose (HPMC) untuk melembapkan dan lubrikasi mata supaya tidak iritasi dan nyeri.

Bukan hanya itu, tetes mata ini juga mengandung provitamin B5 (D-panthenol) yang berfungsi untuk meningkatkan imunitas mata dan mencegah mata lelah.

Nomor izin edar Kemenkes: AKL 21204320881 

6. Systane Ultra Lubricant Eye Drops 

Dengan kandungan polyethylene glycol, Systane Ultra Lubricant Eye Drops dapat Anda gunakan untuk mengatasi mata kering hingga iritasi.

Produk tetes mata dengan kemasan warna hijau ini juga dilengkapi dengan hydroxypropyl guar untuk mengurangi gesekan mata dengan softlens.

Sementara itu, untuk membersihkan debu atau benda asing lainnya pada mata, Systane Ultra Lubricant Eye Drops akan memanfaatkan boric acid.

Waktu simpan Systane Ultra Lubricant Eye Drops adalah enam bulan setelah kemasan dibuka. Merk lain juga memiliki durasi serupa.

Nomor izin edar Kemenkes: AKL 21204124518

7. A+ Lubricating & Rewetting Drops 

Dengan harga Rp28.000,00 saja, Anda sudah bisa mendapatkan a+ Lubricating & Rewetting Drops untuk menjaga kelembapan mata saat menggunakan softlens.

Produk ini mengandung hydroxypropyl methylcellulose (HPMC) yang berfungsi sebagai pelumas sekaligus pelembap sehingga mata tidak kering saat pakai lensa kontak.

A+ Lubricating & Rewetting Drops juga dilengkapi dengan sodium chloride untuk mengurangi pembengkakan akibat iritasi. Komposisi lain dari produk ini adalah boric acid, potassium chloride, dan sodium perborate.

Nomor izin edar Kemenkes: AKL 21204220089

8. Rohto C-Cube Lense Lubricant

Selain mengandung boric acid untuk melembapkan mata, Rohto C-Cube Lense Lubricant juga diperkaya dinatrium edetat yang berfungsi mencegah penumpukan protein, lemak, dan mineral lain.

Tetes mata dari Rohto ini juga dapat mengecilkan pembuluh darah yang membuat mata merah dengan kandungan naphazoline HCL yang dimilikinya.

Tidak hanya itu, Rohto C-Cube Lense Lubricant juga dibuat dengan benzalkonium klorida sebagai antiseptik untuk mencegah pertumbuhan berbagai jenis bakteri, virus, dan jamur.

Nomor izin edar Kemenkes: AKL 21204904104

9. X2 Contacts Moisturizing and Comfort Drops

Dengan komposisi utama berupa HA hydraulic system, X2 Contacts Moisturizing and Comfort Drops dipercaya mampu memberikan kelembapan lebih lama sehingga mengurangi rasa tidak nyaman saat pakai lensa kontak.

Tetes mata dari X2 ini juga mampu mengurangi risiko mata kering saat menggunakan softlens. Dengan begitu, Anda bisa menggunakan softlens lebih lama.

X2 Contacts Moisturizing and Comfort Drops juga telah diperkaya dengan polyhexanide sebagai antimikroba untuk membunuh bakteri di dalam mata.

Nomor izin edar Kemenkes: AKL 21204915333

Jika mata Anda tidak juga terasa nyaman saat memakai lensa kontak usai diberi tetes mata, segera pastikan kondisi Anda ke dokter mata.

Catatan

Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Fakta medis diperiksa oleh

Hello Sehat Medical Review Team


Ditulis oleh Hillary Sekar Pawestri · Tanggal diperbarui 28/02/2024

advertisement iconIklan

Apakah artikel ini membantu?

advertisement iconIklan
advertisement iconIklan