home

Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

Manfaat Tersembunyi dari Kandungan dalam Oral Nutritional Supplements (ONS)

Manfaat Tersembunyi dari Kandungan dalam Oral Nutritional Supplements (ONS)

Pernahkah Anda mendengar atau mengonsumsi oral nutritional supplements atau yang sering disingkat ONS? Sebagian besar orang mungkin belum kenal dengan jenis suplemen yang satu ini. Padahal, manfaat dari oral nutritional supplements (ONS) sangat penting bagi beberapa orang yang memiliki kondisi tertentu, termasuk lansia. Untuk itu, mari kita mengenal lebih jauh mengenai ONS.

Apa itu oral nutritional supplements?

Berdasarkan European Society for Clinical Nutrition and Metabolism (ESPEN), ONS (oral nutritional supplements) atau biasa dikenal juga dengan suplementasi nutrisi oral (SNO) adalah produk atau makanan yang bermanfaat memberikan energi, protein, dan zat gizi lainnya.

ONS memiliki banyak jenis karena tersedia dalam bentuk cair, krim, bar, ataupun bubuk. Produk ONS yang ada di pasaran biasanya ready to use (siap pakai/konsumsi), ada yang perlu diseduh terlebih dahulu ada juga yang ditambahkan dalam makanan/minuman.

Apa saja jenis dan kandungan di dalam ONS?

The British Association for Parenteral and Enteral Nutrition (BAPEN) memaparkan berbagai macam jenis suplementasi nutrisi oral, di antaranya:

  • High-energy powders (berbentuk bubuk): memiliki rentang volume 125-350 mL dan pada umumnya terbuat dari susu full-cream dengan densitas energi 1,5-2,5 kkal/mL
  • High protein (tinggi protein); tersedia dalam bentuk jelly, shots, dan milkshake yang mengandung protein sebesar 11-20 g dengan volume 30-220 mL per saji.
  • Juice type: memiliki rentang volume 125-220 mL dengan densitas energi 1,25-1,5 kkal/mL dan biasanya bebas lemak (fat-free).
  • Milkshake type: memiliki rentang volume 125-220 mL dengan densitas energi 1,2-1,4 kkal/mL dan terkadang tersedia dengan tambahan serat.

ONS mengandung energi karena tinggi akan protein, karbohidrat, dan lemak sehat. Selain itu, beberapa produk ONS atau suplementasi nutrisi oral juga mengandung zat gizi atau nutrien spesifik, seperti:

  • Omega-3. Bermanfaat untuk menstimulasi selera makan atau mencegah penurunan berat badan
  • Glutamin. Bermanfaat untuk pasien luka bakar, pembedahan, dan mengatasi luka akibat radiasi kanker, dan lain-lain.
  • Branched-chain amino acid (BCAA). Bermanfaat untuk membantu pembentukan massa otot,
  • Serat. Bermanfaat untuk membantu meningkatkan kontrol glukosa darah dan keseimbangan flora (bakteri baik) normal dalam usus.
  • Vitamin. Misalnya vitamin D yang bermanfaat untuk mendukung kesehatan tulang dan otot serta imunitas tubuh secara menyeluruh atau seluruh vitamin dan mineral sejumlah 20-30% dari angka kecukupan gizi (AKG) per saji.

Formulasi zat gizi pada ONS bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian sehingga dapat membantu mempercepat proses penyembuhan dan pemulihan penyakit ataupun mencegah malnutrisi terutama pada lansia akibat penyakit.

Siapa yang membutuhkan suplementasi nutrisi oral?

ONS (oral nutritional supplements) memiliki racikan atau formulasi khusus untuk keadaan medis atau penyakit tertentu dalam menunjang pemulihan dan kesehatan tubuh. Pada sebuah kondisi ketika seseorang tidak dapat terpenuhi nutrisinya atau kesulitan memenuhi kebutuhan nutrisi, maka ONS dapat menjadi salah satu solusinya.

Pada umumnya, asalan utama pemberian ONS adalah untuk mencegah risiko malnutrisi akibat:

  • Nafsu makan menurun,
  • Tingginya proses katabolisme yang terjadi akibat penyakit yang diderita pasien,
  • Gangguan penyerapan makanan,
  • Membantu penyembuhan dan pemulihan pasien yang terlanjur mengalami malnutrisi
  • Pasien geriatri atau lansia,
  • Pengidap inflammatory bowel disease (IBD),
  • Disfagia (gangguan menelan),
  • Stroke,
  • Diabetes,
  • Kanker dan kondisi lainnya.

Di sisi lain, apabila seseorang masih bisa mendapat asupan nutrisi dari makanan dan minuman secara cukup, memadai, dan beragam, maka tidak dianjurkan untuk mengonsumsi ONS. Makanan dengan jumlah energi yang cukup dan komposisi seimbang pada umumnya sudah dapat menyediakan sumber energi dan zat gizi makro dan mikro yang lengkap sehingga kondisi tubuh seseorang tetap prima.

Manfaat oral nutritional supplements adalah untuk membantu pemenuhan nutrisi pada pasien yang memerlukannya, sehingga dapat mencegah terjadinya malnutrisi. Pasien-pasien yang mengalami malnutrisi akan dapat menyebabkan berbagai komplikasi, seperti:

  • Meningkatnya risiko infeksi,
  • Gangguan dalam proses penyembuhan dan pemulihan luka,
  • Respons terapi dan obat-obatan tidak memadai,
  • Pemulihan penyakit menjadi lebih lama,
  • Rawat inap lebih lama.

Komplikasi tersebut memicu penyakit atau gangguan kesehatan menjadi tidak terkontrol dan bahkan bisa memburuk, sehingga dapat berujung pada kematian.

Selain dampak kesehatan, komplikasi tersebut dapat memengaruhi beban biaya kesehatan menjadi membengkak dan bertambah.

Mari tingkatkan kesadaran akan pentingnya manfaat suplementasi nutrisi oral

Masih banyak yang mungkin belum tahu atau menyadari manfaat dari oral nutritional supplements ini. Tujuan utama ONS adalah untuk membantu lansia atau pengidap penyakit tertentu dalam proses pemulihan sekaligus menjaga kesehatannya dengan cara memenuhi kebutuhan nutrisi hariannya.

Namun, Anda perlu tetap memperhatikan beberapa hal berikut ketika akan memberikan atau menyajikan ONS menurut Health and Security Executive, antara lain:

  • Konsultasi dengan dokter saat akan menggunakan ONS.
  • Pastikan ONS tidak dipergunakan untuk menggantikan makanan reguler.
  • Hindari mengonsumsi ONS bersamaan dengan makanan utama. Sebaiknya, konsumsi ONS beberapa waktu sebelum makan, setelah makan, atau sebelum tidur.
  • Pantaulah berat badan secara teratur untuk memastikan berat badan mencapai ideal.
  • Patuhilah anjuran pemberian dan petunjuk pemakaian dengan cara membaca nilai gizi pada kemasan.

Nutrisi menjadi fondasi penting pasien untuk mendapatkan kualitas kesehatan yang lebih baik, khususnya pada pasien lansia sehingga kelak mampu melakukan aktivitas hariannya kembali secara mandiri. Ingatlah untuk menyimpan ONS pada tempat yang sejuk dan kering serta pastikan ONS masih layak konsumsi dengan rutin memeriksa expired date pada kemasan.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

ESPEN Guidelines on Definitions and Terminology of Clinical Nutrition. (2017).  Clinical Nutrition, vol. 36, no. 1, Feb. 2017, pp. 49–64. https://www.espen.org/files/ESPEN-guidelines-on-definitions-and-terminology-of-clinical-nutrition.pdf

The British Association for Parenteral and Enteral Nutrition (BAPEN). (2016). Oral Nutritional Supplements (ONS). https://www.bapen.org.uk/nutrition-support/nutrition-by-mouth/oral-nutritional-supplements

The Health and Safety Executive (HSE).  How to Use Oral Nutritional Supplements, A Guide for Adult Patients, Their Carers and Families. https://www.hse.ie/eng/services/list/2/primarycare/community-funded-schemes/nutrition-supports/how-to-use-oral-nutritional-supplements.pdfwww.hse.ie/eng/services/list/2/primarycare/community-funded-schemes/nutrition-supports/how-to-use-oral-nutritional-supplements.pdf.

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh dr. Lily Indriani Octovia, MT, M.Gizi, Sp.GK Diperbarui 27/08/2021