Bolehkah Ibu Hamil Makan Mie Instan?

Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 23/06/2020 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Mie instan adalah makanan cepat saji favorit sejuta umat — murah meriah, mudah cara masaknya, dan rasanya juga lezat. Eits… Meski lezat, mie instan bukanlah makanan bergizi. Tapi jika sedang ngidam, bolehkah makan mie instan saat hamil?

Makan mie instan saat hamil bikin cepat lapar

Sebenarnya, mie instan tidak boleh dikonsumsi sebagai lauk tunggal bagi siapapun. Ini karena mie instan minim kandungan protein, mineral, vitamin, dan serat. Sejumlah nutrisi ini terutama sangat penting selama kehamilan untuk menunjang kesehatan ibu dan bayi dalam kandungannya.

Mie instan memiliki rasa yang sangat asin karena mengandung banyak garam dan monosodium glutamat (MSG). Konsumsi garam dalam jumlah tinggi dan berkelanjutan telah diketahui dapat meningkatkan risiko ibu hamil mengalami tekanan darah tinggi, terutama mereka yang khususnya berisiko tinggi. Tekanan darah tinggi selama kehamilan tidak selalu berbahaya, tapi kadang dapat menyebabkan komplikasi kesehatan parah. Memiliki faktor risiko hipertensi dan ditambah dengan rutin makan mie instan saat hamil bisa sangat berbahaya bagi kesehatan ibu dan bayi.

Di sisi lain, mie instan membuat Anda cepat lapar. Hal ini disebabkan oleh tingginya kandungan karbohdirat olahan dalam mie instan yang mampu menaikkan gula darah dengan cepat, namun membutuhkan waktu yang lama untuk dicerna. Lamanya waktu cerna makanan membuat saluran pencernaan makin bekerja keras karena dipaksa memecah nutrisi mie selama berjam-jam. Padahal, seharusnya makanan olahan yang tidak berserat bisa lebih cepat untuk dicerna. Lambatnya proses pencernaan mie juga berdampak pada penyerapan nutrisi yang diperoleh tubuh dari mie, sementara nutrisi yang didapat dari mie itu sendiri sangat kurang.

Kekurangan nutrisi ini memicu tubuh untuk menyalakan sinyal lapar sekaligus juga melepaskan sejumlah besar insulin yang jadi menyebabkan gula darah Anda turun dengan cepat. Anjloknya gula darah dalam waktu singkat membuat Anda merasa lesu, sehingga Anda mungkin ingin makan lebih banyak lagi untuk mengembalikan tingkat energi Anda. Hal ini dapat menciptakan siklus makan berlebihan yang sering kali sulit untuk dipatahkan. Makan berlebihan dapat memicu risiko berat badan berlebih saat hamil yang bisa membahayakan ibu hamil dan janinnya.

Namun demikian, pada umumnya makan mie instan saat hamil masih diperbolehkan asalkan dikonsumsi sewajarnya.

Tips sehat makan mie instan saat hamil

Jika Anda ingin makan mie instan saat hamil, pertimbangkan sejumlah tips berikut saat memasak mie:

  • Gunakan hanya setengah sachet bumbu untuk mengurangi asupan garam
  • Tambahkan bahan-bahan lain, seperti telur, potongan ayam/daging, bakso, dan variasi sayuran berdaun hijau, misalnya kangkung, sawi, pak choy, atau tomat dan wortel, untuk mendongkrak nilai gizinya

Sesekali makan mie saat hamil sebagai makanan selingan tidak apa-apa, tapi jangan jadikan mie instan sebagai makanan pokok. Ingat, sejatinya mie instan adalah makanan junkfood cepat saji dan dianggap tidak membawa manfaat apapun bagi Anda dan bayi Anda. Saran terbaik dari para pakar kesehatan adalah untuk membatasi jumlah konsumsi mie instan hingga seminimal mungkin.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

3 Rumus Menjalani Lebaran Sehat

Di antara silaturahmi dan makan di banyak rumah, dikelilingi sajian Lebaran penuh lemak dan kolesterol, kita bisa tetap menjalaninya dengan sehat, lho.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: dr. Maizan Khairun Nissa
Hari Raya, Ramadan 21/05/2020 . Waktu baca 5 menit

Manfaat dan Jenis-jenis Senam untuk Penderita Hipertensi

Senam termasuk olahraga yang disarankan untuk penderita hipertensi. Yuk, ketahui apa saja manfaat dan jenis senam untuk hipertensi.

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Hipertensi, Health Centers 17/05/2020 . Waktu baca 7 menit

3 Resep Menu Makan Sahur untuk Diet Keto Tanpa Ribet

Sedang diet keto, tapi bingung mau sahur pakai apa? Tenang, berbagai resep menu sahur untuk diet keto berikut mungkin bisa jadi inspirasi Anda esok hari. 

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Hari Raya, Ramadan 16/05/2020 . Waktu baca 4 menit

Mengulik Manfaat Kacang Brazil bagi Kesehatan

Kacang brazil kaya akan lemak sehat, selenium, serat, dan antioksidan. Ini sederet manfaat kacang brazil bagi kesehatan Anda.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Nutrisi, Hidup Sehat 15/05/2020 . Waktu baca 5 menit

Direkomendasikan untuk Anda

kacang almond

Khasiat Mujarab Kacang Almond untuk Penderita Hipertensi

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 25/06/2020 . Waktu baca 5 menit
resep dessert vegan

3 Resep Dessert Vegan yang Mudah dan Lezat

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 15/06/2020 . Waktu baca 5 menit
resep membuat bakwan

4 Resep Membuat Bakwan di Rumah yang Enak Tapi Sehat

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 28/05/2020 . Waktu baca 5 menit
makan nasi merah setiap hari

Bolehkah Makan Nasi Merah Setiap Hari?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Dipublikasikan tanggal: 28/05/2020 . Waktu baca 4 menit