Ingin BAB Lancar Setelah Melahirkan? Coba Kunyah Permen Karet

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 8 Desember 2020 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Susah BAB setelah melahirkan caesar kadang menjadi sebuah mimpi buruk bagi banyak perempuan. Ini karena operasi besar semacam caesar bisa menyebabkan “sembelit” akibat penyumbatan usus yang disebut ileus. Namun, Anda tak perlu khawatir. Ada satu trik sederhana, aneh tapi nyata, yang diyakini bisa membantu para ibu baru melancarkan BAB setelah melahirkan. Anda hanya perlu mampir ke warung dekat rumah untuk beli permen karet. Ya! Mengunyah permen karet digadang menjadi salah satu cara melancarkan BAB setelah melahirkan. Kok bisa?

Mengunyah permen karet melancarkan BAB setelah melahirkan caesar

Satu dari lima wanita didiagnosis dengan penyumbatan usus (ileus) setelah operasi caesar. Penyumbatan usus membuat sistem pencernaan tubuh melambat drastis atau bahkan berhenti sama sekali.

Ini menyebabkan para ibu baru mengalami tidak enak badan, kram perut, perut kembung, hingga mual-mual beberapa hari setelah operasi. Penyumbatan usus diduga terjadi akibat peradangan dari tindakan membedah perut selama caesar untuk jalur lahir bayi.

Biasanya dokter akan menyarankan Anda untuk jalan-jalan sebentar atau makan sesuatu segera setelah operasi untuk meredakan gejalanya. Tapi seringnya kedua gagasan ini hanya “masuk telinga kanan, keluar telinga kiri” bagi banyak ibu baru karena mual dan perasaan lemas setelah operasi membuat mereka tidak bernafsu untuk melakukan apapun.

Nah, sebuah studi terbaru dari Thomas Jefferson University Hospital di Philadelphia, Amerika Serikat menemukan sebuah solusi sederhana untuk mengatasi susah BAB setelah melahirkan hanya dengan mengunyah permen karet. Ini karena mengunyah permen karet bisa “menipu” tubuh agar berpikir bahwa Anda sedang makan dengan menirukan proses makan beneran.

Mengunyah tanpa harus menelan sesuatu tetap bisa membuat air liur mengalir di mulut dan membantu mengirim sinyal ke usus bahwa ada “makanan” yang datang sehingga siap untuk mulai bergerak lagi.

Hal ini dibuktikan tim peneliti setelah mengamati 17 studi berbeda yang melibatkan lebih dari 3 ribu wanita. Rata-rata partisipan wanita yang mengunyah permen karet selama 30 menit dalam 2 jam setelah keluar dari ruang operasi berhasil kentut hanya 23 jam setelahnya.

Rekor waktu yang lebih cepat 6,5 jam daripada kelompok perempuan yang sama sekali tidak mengunyah permen karet — mereka baru bisa kentut 30 jam setelah operasi.

Harus berapa kali mengunyah permen karet agar BAB lancar setelah operasi?

Kalau Anda ingin mencoba trik yang satu ini demi mengatasi susah BAB setelah melahirkan, kunyahlah permen karet dalam 2 jam setelah keluar dari ruang operasi selama 30 menit untuk 3 kali sehari. Lakukan terus sampai muncul tanda-tanda ingin kentut.

Kentut adalah salah satu tanda paling awal bahwa sistem pencernaan sudah kembali berfungsi normal. Ini merupakan sinyal bahwa tidak ada lagi penyumbatan di usus dan usus kembali bergerak seperti sedia kala. Sebaliknya, ketidakmampuan untuk buang angin bisa menandakan adanya penyumbatan usus.

Kalkulator Hari Perkiraan Lahir

Kalkulator ini dapat memperkirakan kapan hari persalinan Anda.

Cek HPL di Sini
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

9 Makanan yang Membantu Menghilangkan Stres

Apakah nafsu makan Anda bertambah saat stres? Berikut makanan sehat yang dapat membantu Anda menghilangkan stres dan penatnya pikiran.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Kesehatan Mental, Stres dan Depresi 7 Januari 2021 . Waktu baca 7 menit

2 Jenis Hepatitis Berdasarkan Penyebabnya, Apa Saja?

Hepatitis mengacu pada peradangan hati yang disebabkan oleh infeksi virus. Namun, ada juga jenis hepatitis yang tidak disebabkan infeksi virus.

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Lika Aprilia Samiadi
Kesehatan Pencernaan, Penyakit Hati (Liver) 6 Januari 2021 . Waktu baca 7 menit

Penyakit Hepatitis

Penyakit hepatitis adalah salah satu ancaman kesehatan utama di dunia. Ketahuai apa saja penyebab, gejala, dan pengobatannya pada artikel berikut.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Lika Aprilia Samiadi
Kesehatan Pencernaan, Penyakit Hati (Liver) 6 Januari 2021 . Waktu baca 13 menit

Panduan Menjalani 30 Hari Diet Bebas Gula

Konsumsi gula berlebih meningkatkan risiko hipertensi, diabetes, hingga kanker. Untuk memerangi risiko mengerikan ini, satu solusinya: diet bebas gula.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Tips Makan Sehat, Nutrisi 4 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit

Direkomendasikan untuk Anda

Konten Bersponsor
manfaat menyusui pasca operasi caesar

Manfaat Menyusui Pasca Operasi Caesar bagi Ibu dan Bayi

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Nadhila Erin
Dipublikasikan tanggal: 26 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit
cara menghilangkan rasa cemas

8 Cara Jitu untuk Menghilangkan Rasa Cemas Berlebihan

Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
Dipublikasikan tanggal: 20 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
luka bekas jahitan caesar

Kenali Tanda Saat Bekas Jahitan Caesar Anda Mau Sembuh dan Bermasalah

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Dipublikasikan tanggal: 19 Januari 2021 . Waktu baca 10 menit
obat untuk cantengan, bagaimana cara mengobati cantengan

Pilihan Obat dan Cara untuk Mengatasi Cantengan

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 8 Januari 2021 . Waktu baca 8 menit