5 Cara Alami Meringankan Rasa Sakit Saat Melahirkan

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 7 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit
Bagikan sekarang

Kami tak akan bohong, melahirkan memang suatu hal yang menyakitkan. Banyak wanita merasa khawatir apa yang akan ia alami saat melahirkan. Terbayang rasa sakit saat melahirkan normal, banyak wanita yang pada akhirnya memilih untuk melahirkan dengan cara operasi caesar. Namun, banyak juga wanita yang tetap ingin merasakan kelahiran normal. Tidak peduli seberapa sakitnya, pada akhirnya semua terbayarkan dengan kebahagiaan kelahiran si buah hati. Tenang, rasa sakit yang Anda rasakan bisa Anda atasi sendiri dengan teknik-teknik tertentu.

Bagaimana cara mengurangi rasa sakit saat melahirkan?

Rasa sakit saat melahirkan disebabkan oleh kontraksi otot-otot rahim Anda, sebagai upaya tubuh dalam mendorong bayi Anda keluar. Selain itu, rasa sakit ini juga disebabkan oleh pembukaan leher rahim Anda sebagai jalan keluarnya bayi. Rasa sakit yang akan Anda rasakan saat melahirkan biasanya berupa kram pada perut, pangkal paha, dan punggung bawah. Anda mungkin juga dapat merasakan tekanan pada kandung kemih, usus besar, dan perineum.

Namun, rasa sakit ini dapat Anda tangani saat melahirkan dengan melatih diri Anda sebelum tanggal kelahiran. Inilah berbagai cara alami yang dapat Anda lakukan untuk meringankan rasa sakit saat melahirkan, terlepas dari pengaruh obat-obatan.

BACA JUGA: Tak Mau Vagina Robek Saat Melahirkan? Coba Pijat Perineum

1. Lamaze

Lamaze adalah salah satu teknik yang populer di Amerika Serikat untuk meringankan rasa sakit saat melahirkan. Teknik Lamaze mengajarkan bahwa melahirkan merupakan suatu hal yang alami, normal, dan sehat. Anda bisa mempelajari teknik Lamaze di kelas ibu hamil. Instruktur Lamaze akan mengajarkan teknik relaksasi, cara mengatasi fisik Anda saat melahirkan, latihan pernapasan saat melahirkan, dan  teknik  gangguan. Cara-cara ini dapat membantu Anda mengubah pikiran Anda mengenai rasa sakit saat melahirkan.

2. Bradley

Bradley melibatkan suami Anda sebagai orang yang membantu Anda melahirkan. Bahkan, suami Anda butuh terlibat tidak hanya saat Anda melahirkan, tetapi juga sebelum Anda melahirkan. Suami Anda turut terlibat dalam menjaga kesehatan Anda sebelum Anda melahirkan, termasuk mengawasi pola makan sehat dan olahraga Anda. Saat melahirkan, Anda dan suami Anda diajarkan bagaimana cara relaksasi dan teknik pernapasan saat melahirkan. Kedua hal ini dapat meringankan rasa sakit Anda saat melahirkan tanpa obat apapun. Anda bisa mempelajari Bradley dalam kelas ibu hamil yang biasanya ditawarkan selama 12 minggu.

3. Hypnobirth

Jika Anda takut untuk melahirkan normal, mengambil kelas hypnobirth mungkin menguntungkan bagi Anda. Hypnobirth adalah teknik yang bertujuan untuk menghilangkan rasa takut, cemas, dan tegang saat melahirkan, serta membantu menciptakan lingkungan yang nyaman saat melahirkan dibantu oleh pasangan Anda. Hypnobirth juga menggunakan teknik relaksasi, pernapasan, panduan perumpamaan, visualisasi, perhitungan, dan vokalisasi.

Rileks sangat penting untuk menghadapi persalinan. Semakin Anda tegang atau takut saat melahirkan, semakin besar pula rasa sakit yang Anda rasakan. Oleh karena itu, perasaan tenang dan santai sangat dibutuhkan saat Anda melahirkan.

Dalam hypnobirth, Anda diajarkan bahwa tubuh ibu memang dirancang untuk dapat melahirkan bayinya secara alami. Ikuti proses yang terjadi dalam tubuh Anda, bukan malah Anda menolaknya. Selain itu, Anda juga harus yakin bahwa Anda bisa melahirkan dan yakin bahwa Anda bisa mengendalikan tubuh Anda sendiri saat melahirkan.

BACA JUGA: 5 Hal yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Menjalani Water Birth

4. Akupuntur

Akupuntur berasal dari Cina dan sudah banyak penelitian yang membuktikan bahwa akupuntur berhasil dalam meringankan segala macam sakit. Akupuntur dapat mengatasi sakit karena melahirkan, membantu memperlancar kelahiran yang berjalan lambat, mengatasi kelahiran dengan posisi bayi posterior (posisi telentang), meringankan kram setelah melahirkan, setelah perdarahan, dan lainnya. Jika Anda ingin mencoba teknik akupuntur untuk meringankan sakit saat melahirkan, sebaiknya cari ahli akupuntur yang mengkhususkan diri dalam membantu persalinan.

5. Mengubah posisi Anda saat melahirkan

Mengejan saat melahirkan tidak jauh berbeda dengan mengejan saat Anda buang air besar. Saat mengejan, tentu Anda merasa lebih nyaman saat Anda sedang dalam posisi yang baik, begitu juga dalam melahirkan. Posisi yang nyaman saat mengejan dalam melahirkan diperlukan untuk memperlancar kelahiran dan juga untuk meringankan rasa sakit. Posisi yang buruk dapat membuat Anda merasakan rasa sakit yang berlebih saat melahirkan.

Perubahan posisi saat melahirkan mungkin diperlukan untuk menemukan posisi yang nyaman. Posisi duduk dan badan condong ke depan dengan kaki tertekuk dan membuka merupakan posisi yang baik untuk membantu mendorong bayi Anda keluar. Pada posisi ini, gravitasi juga membantu tubuh Anda dalam mendorong bayi Anda ke bawah. Rasakan kontraksi yang terjadi dalam rahim Anda, sehingga Anda mengenali kapan waktu yang tepat untuk mengejan. Hal ini dapat meringankan rasa sakit Anda dan dapat mempercepat waktu kelahiran. Ikuti selalu perintah dokter atau bidan Anda saat persalinan. Ini akan sangat membantu memperlancar persalinan Anda.

6. Cara lain

Sebelum melakukan persalinan, sebaiknya Anda sudah mempersiapkan diri, baik secara fisik maupun mental. Hal ini dapat membantu mengatasi rasa sakit selama persalinan. Berikut ini merupakan hal-hal yang dapat membantu Anda meringankan rasa sakit selama persalinan.

  • Persiapkan fisik Anda dalam kondisi yang sehat selama persalinan. Olahraga rutin saat hamil dapat membantu Anda memperlancar persalinan. Selain itu Anda juga perlu untuk makan makanan dengan gizi seimbang.
  • Pelajari tentang persalinan. Mengetahui apa yang akan terjadi selama persalinan dapat membantu Anda mengatasi kecemasan Anda. Anda mungkin perlu mengikuti kelas ibu hamil.
  • Belajar tentang teknik pernapasan saat melahirkan. Teknik pernapasan yang benar saat melahirkan dapat membantu Anda mengejan saat kontraksi, sehingga melahirkan bisa lebih lancar dan cepat.
  • Gunakan hal-hal yang dapat menenangkan Anda selama persalinan. Misalnya, mendengarkan musik dapat membantu mengalihkan pikiran Anda dari rasa sakit.
  • Dukungan dari pasangan Anda sebelum, saat, dan setelah persalinan dapat mengurangi kecemasan Anda.
  • Anda mungkin membutuhkan kompres hangat atau dingin, pijatan, dan mandi air hangat untuk meringankan rasa sakit Anda setelah melahirkan.

BACA JUGA: Membedakan Kontraksi Palsu dan Kontraksi Tanda Melahirkan

Kalkulator Hari Perkiraan Lahir

Kalkulator ini dapat memperkirakan kapan hari persalinan Anda.

Cek HPL di Sini
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

5 “Fakta” Tentang Induksi Persalinan Alami yang Sering Bikin Salah Paham

Setiap ibu ingin persalinannya lancar. Namun kadang, yang terjadi malah sebaliknya. Apakah makan nanas adalah fakta atau hanya mitos induksi?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
Persalinan, Melahirkan, Kehamilan 18 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit

Mengenal Resusitasi, Pertolongan Pertama pada Bayi Baru Lahir yang Sulit Bernapas

Normalnya, bayi menghirup udara (bernapas) spontan setelah dilahirkan. Namun, beberapa bayi membutuhkan bantuan untuk bernapas dengan cara resusitasi bayi.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Bayi, Perawatan Bayi, Parenting 9 Februari 2021 . Waktu baca 6 menit

Aborsi, Prosedur Medis untuk Menggugurkan Kandungan

Ada berbagai pertimbangan sebelum dokter melakukan aborsi. Apalagi, ini adalah keputusan yang cukup berat dilakukan. Simak dulu penjelasannya!

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Persalinan, Melahirkan, Kehamilan 8 Februari 2021 . Waktu baca 8 menit

Tak Kunjung Menstruasi Setelah Melahirkan, Apakah Normal?

Waktu ibu mendapatkan menstruasi pertama setelah melahirkan mungkin akan berbeda-beda. Kapan normalnya menstruasi setelah melahirkan terjadi?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Perawatan Ibu, Perawatan Setelah Persalinan, Kehamilan 5 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

susah bab setelah melahirkan normal

Penyebab dan Cara Mengatasi Susah BAB Setelah Melahirkan

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Dipublikasikan tanggal: 3 Maret 2021 . Waktu baca 7 menit
hamil tua tapi belum kontraksi

Sudah Masuk Usia Hamil Tua, Tapi Kok Belum Kontraksi? Apakah Perlu Cemas?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Dipublikasikan tanggal: 2 Maret 2021 . Waktu baca 4 menit
makanan setelah melahirkan

Aturan Penting dan Pantangan Makanan Setelah Melahirkan yang Perlu Ibu Tahu

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Dipublikasikan tanggal: 26 Februari 2021 . Waktu baca 10 menit
kaki bengkak setelah melahirkan

10 Tips Mudah untuk Sembuhkan Kaki Bengkak Setelah Melahirkan

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Dipublikasikan tanggal: 24 Februari 2021 . Waktu baca 9 menit