Anda sedang hamil? Ayo ikut komunitas Ibu Hamil kami sekarang!

home

Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

Yuk, Pelajari 6 Titik Akupresur Ini untuk Mempercepat Persalinan Secara Alami!

Yuk, Pelajari 6 Titik Akupresur Ini untuk Mempercepat Persalinan Secara Alami!

Apa jadinya jika sudah masuk kisaran hari perkiraan lahir (HPL), tetapi ibu tak kunjung merasakan tanda-tanda akan melahirkan? Sebenarnya, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk memicu kontraksi dan mempercepat persalinan, salah satunya dengan pijat akupresur. Supaya efektif, pelajari titik pijat berikut agar cepat kontraksi.

Mengenal akupresur dan manfaatnya untuk induksi persalinan

Selain makan makanan tertentu atau berhubungan seksual, teknik akupresur bisa Anda lakukan untuk merangsang kontraksi rahim dan menginduksi persalinan secara alami.

Akupresur mungkin tidak sepopuler akupunktur. Padahal, prinsip akupresur sebenarnya tidak jauh berbeda dengan akupuntur.

Akupresur dan akupunktur sama-sama memberikan tekanan pada bagian tubuh tertentu untuk mengurangi atau mencegah rasa sakit.

Hanya saja, akupresur menggunakan tekanan jari, bukan dengan jarum layaknya pada akupunktur.

Pasalnya, menekan titik pijat tertentu terbukti dapat mempercepat kontraksi agar persalinan segera tiba.

Studi yang diterbitkan oleh International Journal of Gynecology and Obstetric menunjukkan bahwa wanita yang melakukan pijat akupresur lebih mudah melahirkan normal daripada wanita yang tidak melakukan pijat tersebut.

Tak hanya itu, akupresur juga dapat meningkatkan hormon endorfin atau hormon kebahagiaan sehingga ibu hamil cenderung lebih tenang saat dan terhindar dari rasa cemas sebelum melahirkan.

Meski begitu, induksi persalinan dengan teknik akupresur tidak boleh dilakukan sebelum usia kehamilan 37 minggu agar tidak mengganggu perkembangan bayi.

Anda pun wajib berkonsultasi dan mendapatkan persetujuan dari dokter terlebih dahulu sebelum melakukan pijat akupresur untuk memastikan kondisi kandungan baik atau tidak.

Selanjutnya, barulah Anda boleh hubungi terapis atau asisten berlisensi (doula) untuk melakukan teknik akupresur dengan benar dan aman.

Titik pijat akupresur agar cepat kontraksi persalinan

Agar berjalan efektif, lakukanlah pijatan pada titik-titik pada tubuh yang berpengaruh terhadap proses persalinan.

Perhatikan beberapa titik pijat agar cepat kontraksi berikut ini.

1. Titik limpa 6 (spleen 6 point / SP6)

titik pijat agar cepat kontraksi

Sumber: Healthline

Titik limpa 6 (SP6) umum digunakan sebagai titik akupresur di segala kondisi, termasuk untuk induksi persalinan.

Menurut Debra Betts dalam bukunya The Essential Guide to Acupuncture in Childbirth and Pregnancy, akupresur pada titik SP6 berguna untuk merangsang kontraksi rahim dan mengurangi rasa sakit selama kontraksi.

Titik yang juga dikenal sebagai Sanyinjiao atau persimpangan tiga yin ini terletak di atas pergelangan kaki bagian dalam, tepatnya di belakang tulang kering (betis bawah).

Para terapis atau doula lebih sering fokus pada titik ini dan melakukan teknik pemijatan selama 60-90 menit untuk merangsang kontraksi.

Cara melakukan: Letakkan empat jari Anda di atas tulang pergelangan kaki bagian dalam untuk menemukan letak SP6.

Selanjutnya, berikan pijatan pada titik ini menggunakan jari telunjuk selama satu menit. Berikan jeda satu menit, kemudian ulangi dengan cara yang sama.

2. Titik kandung kemih 60 (bladder 60 point / BL60)

titik pijat agar cepat kontraksi
Sumber: Healthline

Titik agar cepat kontraksi lainnya yang bisa Anda coba adalah Titik BL60. Titik ini terletak di antara pergelangan kaki dan tendon Achilles.

Tendon Achilles adalah jaringan ikat yang menghubungkan otot betis di belakang kaki bawah ke tulang tumit Anda.

Titik yang disebut dengan Kunlun ini bermanfaat untuk meringankan nyeri persalinan dan mengurangi penyumbatan atau hambatan saat persalinan.

Cara melakukan: Pijat lembut titik BL60 dengan menggunakan jempol selama beberapa menit, lakukan gerakan melingkar hingga kontraksi mulai terasa.

3. Titik perikardium 8 (pericardium 8 point)

titik pijat agar cepat kontraksi
Sumber: Healthline

Titik perikardium (PC8), atau dikenal sebagai Laogong, juga bisa dipakai sebagai titik akupresur untuk persalinan. Letaknya di pusat telapak tangan.

Untuk menemukannya, coba kepalkan tangan Anda dan perhatikan dimana letak ujung jari tengah Anda menyentuh telapak tangan. Nah, di situlah letak PC8.

Cara melakukan: Setelah menemukan titik PC8, gunakan jempol tangan Anda yang lainnya untuk memberikan pijatan lembut pada titik pC8.

Lakukan pemijatan selama beberapa detik dan rasakan manfaatnya.

4. Titik kandung kemih 67 (bladder 67 point)

Sumber: Healthline

Dikenal sebagai Zhiyin, titik kandung kemih 67 (BL67) dipercaya dapat mengubah posisi janin dan merangsang kontraksi rahim.

Titik BL67 terletak di bagian kaki, tepatnya di luar ujung jari kelingking dan dekat dengan tepi kuku kaki.

Cara melakukan: Berikan tekanan yang kuat pada BL67 dengan menggunakan ibu jari dan jari telunjuk seperti gerakan mencubit jari kaki Anda.

Kemudian pijat titik BL67 hingga kontraksi muncul.

5. Titik usus besar 4 (large intestine 4 point)

titik pijat agar cepat kontraksi
Sumber: Healthline
Titik usus besar 4 (LI4) paling banyak digunakan dalam terapi akupresur. Dikenal dengan nama Hoku, titik ini terletak pada sudut anyaman jempol dan jari telunjuk.Sama seperti BL67, titik LI4 juga dapat dilakukan pada ibu hamil untuk menginduksi persalinan dan merangsang bayi masuk ke rongga panggul.

Sebagai titik pijat agar cepat kontraksi, titik LI4 dapat meringankan rasa sakit akibat kontraksi yang datang.

Hal ini menurut studi yang diterbitkan oleh jurnal Complementary Therapies in Medicine,

Cara melakukan: Berikan tekanan lembut pada anyaman jempol dan jari telunjuk Anda selama satu menit dengan gerakan melingkar.

Ketika kontrasi mulai terasa, hentikan gerakan akupresur dan lanjutkan kembali saat kontraksi mereda. Berikan jeda satu menit untuk istirahat, kemudian ulangi dengan cara yang sama.

6. Titik kandung kemih 32 (bladder 32 point)

Sumber: Healthline

Titik akupresur untuk persalinan berikutnya adalah titik kandung kemih 32 (BL32) disebut juga dengan Ciliao. Letaknya di punggung bawah antara lesung bokong Anda.

Pijatan di titik ini bermanfaat untuk memicu kontraksi dan membantu meringankan masalah sistem reproduksi wanita.

Cara melakukan: Berikan pijatan pada titik BL32 dengan arah ke bawah atau menuju bokong. Lakukan secara beberapa menit sampai Anda merasakan adanya kontraksi.

health-tool-icon

Kalkulator Hari Perkiraan Lahir-Hello Sehat

Gunakan kalkulator ini untuk menghitung hari perkiraan lahir (HPL) Anda. Ini hanyalah prediksi, bukan sebuah jaminan pasti. Pada umumnya, hari melahirkan sebenarnya akan maju atau mundur seminggu dari HPL.

Durasi siklus haid

28 days
Punya cerita soal kehamilan?

Ayo gabung dengan komunitas Ibu Hamil Hello Sehat dan temukan berbagai cerita menarik seputar kehamilan.


Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Makvandi, S., Mirzaiinajmabadi, K., Sadeghi, R., Mahdavian, M., & Karimi, L. (2016). Meta-analysis of the effect of acupressure on duration of labor and mode of delivery. International Journal Of Gynecology & Obstetrics, 135(1), 5-10. doi: 10.1016/j.ijgo.2016.04.017

Betts, D. (2006). The Essential Guide to Acupuncture in Pregnancy & Childbirth. Journal of Chinese Medicine Limited.

Overdue pregnancy: What you need to know. (2020). Retrieved 18 August 2021, from https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/pregnancy-week-by-week/in-depth/overdue-pregnancy/art-20048287

Ozgoli, G., Sedigh Mobarakabadi, S., Heshmat, R., Alavi Majd, H., & Sheikhan, Z. (2016). Effect of LI4 and BL32 acupressure on labor pain and delivery outcome in the first stage of labor in primiparous women: A randomized controlled trial. Complementary Therapies In Medicine, 29, 175-180. doi: 10.1016/j.ctim.2016.10.009

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Indah Fitrah Yani Diperbarui 31/08/2021
Ditinjau secara medis oleh dr. Damar Upahita