Anda sedang hamil? Ayo ikut komunitas Ibu Hamil kami sekarang!

home

Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

Cara Mengurangi Sakit Melahirkan dengan Metode Lamaze

Cara Mengurangi Sakit Melahirkan dengan Metode Lamaze

Takut merasakan sakit yang tak tertahankan saat melahirkan normal? Tenang, dengan teknik pernapasan yang benar, rasa sakit yang Anda rasakan saat melahirkan akan sedikit berkurang. Salah satunya dengan metode Lamaze. Bagaimana prosedurnya?

Apa itu metode Lamaze?

bayi lahir caesar

Metode Lamaze adalah teknik yang pertama kali dikembangkan oleh seorang dokter kandungan dari Perancis bernama Ferdinand Lamaze. Metode ini telah digunakan di Amerika Serikat sejak akhir 1950 dan menjadi salah satu jenis persiapan persalinan yang paling umum diajarkan.

Pada awalnya, metode ini berfokus pada kontrol pernapasan untuk mengurangi rasa sakit saat persalinan normal. Seiring berjalannya waktu, metode ini tidak hanya fokus pada hal tersebut.

Tujuan metode Lamaze berkembang menjadi meningkatkan kepercayaan diri wanita bahwa ia mampu untuk melahirkan. Tidak hanya untuk mengatasi rasa sakit, metode ini juga membantu wanita untuk merasa lebih nyaman saat melakukan persalinan.

Selain itu, metode ini memberi pemahaman mengenai proses persalinan serta campur tangan (intervensi) medis saat melahirkan.

Dengan ini, wanita bisa membuat keputusan yang tepat jika ada intervensi medis yang akan diberikan ketika melahirkan nantinya. Misalnya, induksi persalinan atau pemberian obat untuk meringankan nyeri saat melahirkan.

Adapun hal tersebut berangkat dari prinsip dan filosofi Lamaze bahwa persalinan merupakan peristiwa yang alami, normal, dan sehat. Semua wanita pasti bisa melahirkan normal dan memiliki hak untuk melahirkan tanpa intervensi medis.

Adapun untuk mencapai tujuan tersebut, kontrol pernapasan hanyalah salah satu tekniknya. Pada akhirnya, Lamaze juga menekankan pada teknik relaksasi lain yang terfokus pada enam praktik dasar.

Apa saja yang diajarkan dalam metode Lamaze?

Pada metode Lamaze, ada enam praktik dasar yang menjadi acuan, yang disebut dengan The Six Lamaze Healthy Birth Practices. Merangkum laman Lamaze International, di bawah ini enam praktik tersebut.

  • Membiarkan tubuh melahirkan secara spontan dan dimulai dengan sendirinya, kecuali jika ada masalah kesehatan tertentu yang memerlukan induksi persalinan.
  • Wanita perlu berjalan, bergerak, dan mengubah posisi selama persalinan. Ini bisa membantu mengatasi kontraksi yang menyakitkan dan semakin kuat serta mendorong bayi menuju jalan lahir.
  • Ibu yang akan bersalin perlu mendapat dukungan dari teman, pasangan, atau doula selama persalinan.
  • Menghindari intervensi medis yang tidak Anda perlukan, seperti anestesi epidural, ketuban pecah buatan, atau episiotomi.
  • Wanita harus mengikuti dorongan tubuhnya yang senyaman mungkin untuk mengejan.
  • Ibu dan bayi perlu tetap bersama, termasuk untuk proses menyusui.

Berdasarkan acuan tersebut, ada beberapa hal yang akan diajarkan dalam kelas-kelas metode Lamaze. Salah satu yang terpenting adalah mempelajari teknik pernapasan untuk persalinan.

Teknik pernapasan

Teknik pernapasan pada metode Lamaze menekankan pada kontrol pernapasan secara sadar. Artinya, pernapasan dilakukan secara sadar dan terkontrol, bukan yang terjadi secara otomatis.

Metode ini juga menyebut tidak ada aturan terkait berapa banyak napas per menit, apakah bernapas melalui mulut atau hidung, atau mengeluarkan suara tertentu. Bernapas yang penting dilakukan secara perlahan dan efektif.

Fokuskan pada satu benda atau hal lainnya di pikiran Anda. Anda bisa sambil menutup mata ketika memfokuskan pada satu hal tersebut atau tetap dengan kondisi mata terbuka. Ini dapat membantu menjaga ritme pernapasan Anda.

Saat kontraksi persalinan semakin kuat, atur pernapasan Anda senyaman dan seefektif mungkin. Terkadang, bernapas lebih dalam pada saat seperti ini tidak selalu membantu membuat Anda lebih nyaman.

Nah, dengan melakukan teknik pernapasan ini, Anda dapat merasa lebih rileks. Ini pun dapat membantu pelepasan hormon endorfin yang merupakan pereda nyeri alami dalam tubuh, sehingga bisa mengurangi rasa sakit dan ketidaknyamanan ketika melahirkan.

Pernapasan yang teratur juga dapat menyediakan oksigen yang cukup bagi Anda dan bayi Anda, sehingga persalinan bisa lebih lancar. Hal ini pun dapat membantu mendorong bayi Anda keluar dari jalan lahirnya.

Teknik lain

Selain mengajarkan teknik pernapasan, Lamaze juga mengajarkan teknik relaksasi lainnya saat persalinan. Misalnya penggunaan birth ball, berjalan, perubahan posisi, hidroterapi, serta sentuhan dan pijatan dari pasangan.

Oleh karena itu, peran pasangan sangat penting untuk mendorong dan mendukung Anda selama persalinan. Jadi, jangan lupa untuk mengajak pasangan Anda untuk ikut serta dalam kelas metode Lamaze ini.

Apalagi, dalam kelas Lamaze juga akan diberi pengetahuan mengenai proses persalinan (seringkali menggunakan video melahirkan yang nyata), termasuk komplikasi persalinan yang dapat timbul serta intervensi medis apa saja yang umum tim medis berikan.

Anda dan pasangan juga bisa mengetahui sejauh mana intervensi medis diperlukan dalam proses persalinan nanti. Selain itu, mungkin ada teknik lain yang bisa Anda dan pasangan dapat selama kelas metode Lamaze, termasuk posisi menyusui yang benar.

Jadi, jika Anda penasaran dan ingin belajar metode ini lebih lanjut, sebaiknya ikuti kelas Lamaze ini. Selamat mencoba!

Punya cerita soal kehamilan?

Ayo gabung dengan komunitas Ibu Hamil Hello Sehat dan temukan berbagai cerita menarik seputar kehamilan.


health-tool-icon

Kalkulator Hari Perkiraan Lahir-Hello Sehat

Gunakan kalkulator ini untuk menghitung hari perkiraan lahir (HPL) Anda. Ini hanyalah prediksi, bukan sebuah jaminan pasti. Pada umumnya, hari melahirkan sebenarnya akan maju atau mundur seminggu dari HPL.

Durasi siklus haid

28 days

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Lamaze Healthy Birth Practices. Lamaze.org. (2021). Retrieved 14 September 2021, from https://www.lamaze.org/childbirth-practices.

The Lamaze method of childbirth | BabyCenter. BabyCenter. (2021). Retrieved 14 September 2021, from https://www.babycenter.com/pregnancy/your-body/the-lamaze-method-of-childbirth_640.

Lothian J. A. (2011). Lamaze breathing: what every pregnant woman needs to know. The Journal of perinatal education20(2), 118–120. https://doi.org/10.1891/1058-1243.20.2.118.

Childbirth classes: Prepare for the big day. Mayo Clinic. (2021). Retrieved 14 September 2021, from https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/pregnancy-week-by-week/in-depth/pregnancy/art-20044568.

Breathing During Labour | North Bristol NHS Trust. Nbt.nhs.uk. (2021). Retrieved 14 September 2021, from https://www.nbt.nhs.uk/maternity-services/labour-birth/breathing-during-labour.

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Ihda Fadila Diperbarui 3 minggu lalu
Ditinjau secara medis oleh dr. Damar Upahita