Asam Folat untuk Pria Bisa Bermanfaat Meningkatkan Kesuburan

Ditinjau secara medis oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 24/03/2020
Bagikan sekarang

Asam folat selama ini banyak dinyatakan bermanfaat bagi ibu hamil, namun rupanya manfaat asam folat untuk pria dapat meningkatkan kesehatan. Selain itu, asam folat juga dapat meningkatkan kesuburan pria.

Bagi pasangan suami istri yang sedang berusaha untuk menghadirkan anak di tengah keluarga kecilnya, maka salah satu cara yang dapat ditempuh adalah mengonsumsi asam folat.  Cari tahu penjelasan lengkap tentang manfaat asam folat terutama untuk kaum Adam berikut ini.

Apa yang dimaksud dengan asam folat?

Mungkin Anda belum tahu apa yang dimaksud dengan asam folat. Asam folat sebenarnya adalah nama lain dari vitamin B9. Pada dasarnya, manfaat asam folat adalah untuk digunakan dalam membantu tubuh memproduksi dan menjaga sel-sel baru, khususnya pada saat sel-sel tersebut dipisahkan. Tanpa adanya vitamin B9 atau asam folat ini, tubuh tidak dapat memproduksi DNA dan sel darah merah.

Sementara itu, manfaat asam folat untuk ibu hamil yaitu dapat membantu mengurangi risiko cacat lahir pada bagian otak bayi. Konsumsi asam folat ini disarankan sebelum terbentuknya janin dan pada awal kehamilan.

Di samping itu, asam folat merupakan nutrisi yang memang dibutuhkan oleh tubuh, baik untuk pria maupun wanita. Pasalnya, kekurangan asam folat dapat menyebabkan Anda kesulitan berkonsentrasi, kelelahan, sakit kepala, dan gangguan pernapasan, serta berbagai masalah kesehatan lainnya.

Anda mungkin merasa hal tersebut tidak mungkin terjadi, namun percayalah bahwa Anda sangat mudah mengalami kondisi kekurangan asam folat. Hal ini terjadi karena vitamin ini mudah larut dalam air, sehingga lebih mudah keluar dari dalam tubuh, khususnya saat Anda buang air kecil.

Oleh sebab itu, penting untuk pria maupun wanita agar tetap menjaga kadar asam folat di dalam tubuh dengan mengonsumsi makanan kaya asam folat. Dengan begitu, Anda akan mendapatkan manfaat dari asam folat, baik untuk pria maupun wanita. Anda juga bisa mengonsumsi suplemen asam folat secara rutin.

Manfaat asam folat untuk pria

Selama ini, asam folat dipercaya membantu meningkatkan kesuburan wanita. Ternyata, manfaat asam folat juga sangat baik untuk kesuburan pada pria.

Kadar asam folat di dalam tubuh pria rupanya memiliki manfaat untuk kesehatan sel sperma yang diproduksi oleh para pria. Mencukupi kebutuhan asam folat pada pria akan  membantu meningkatkan jumlah sel sperma di dalam tubuh.

Oleh karenanya, agar mendapatkan kualitas sperma yang sehat, para pria harus lebih banyak mengonsumsi asupan makanan yang mengandung asam folat yang cukup agar bisa merasakan manfaat dari nutrisi ini.

Selain itu, asam folat juga memiliki manfaat untuk membantu menurunkan risiko pria memproduksi sel sperma yang tidak normal. Hal ini disebabkan asam folat akan membantu membentuk sperma yang lebih sehat. Biasanya kondisi sperma yang tidak normal ini dikenal dengan istilah aneuploidity.

Gangguan gejala aneuploidity tidak boleh Anda remehkan begitu saja. Masalahnya, sperma yang tidak normal biasanya bisa mengakibatkan masalah abnormalitas pada kromosom yang dapat menyebabkan gangguan kesuburan.

Maka dari itu, manfaat yang diperoleh saat mengonsumsi asam folat bukan untuk kesuburan semata saja, tetapi juga mendukung calon anak Anda nanti agar terlahir sehat.

Makanan yang kaya kandungan asam folat

Untuk memenuhi kebutuhan asam folat sehari-hari, pria dapat mengonsumsi asupan yang bergizi dan kaya akan asam folat. Berikut beberapa jenis makanan yang bisa Anda pilih:

  • Makanan sayur mayur hijau: asparagus, sawi hijau, bayam, kale dan brokoli.
  • Makanan yang difermentasi: kimchi, tempe, tape.
  • Biji-bijian.
  • Kacang arab dan edamame.
  • Buah bit merah.
  • Salad yang terdiri dari selada, jagung dan kacang panjang.
  • Buah pisang, jeruk, persik, tomat, alpukat dan melon.

Selain mengonsumsi makanan yang mengandung asam folat alami, jangan lupa terapkan pola hidup yang sehat. Penuhi juga kebutuhan konsumsi vitamin seperti vitamin C, vitamin E,vitamin B12 dan zat antioksidan. Hal tersebut akan bermanfaat untuk kesehatan tubuh, kesuburan, dan calon bayi.

Bolehkah konsumsi suplemen asam folat untuk pria?

Guna meningkatkan kesuburannya, pria juga bisa mengonsumsi asam folat dari suplemen. Namun, Anda hanya boleh mengonsumsi suplemen tersebut jika dokter meresepkan untuk Anda.

Demikian juga, apabila Anda mengonsumsi asam folat untuk membantu meningkatkan kesuburan. Kemungkinan dokter akan memberi rekomendasi asupan asam folat sebanyak 400 microgram (mcg) sehari.

Namun, jangan sampai Anda mengonsumsi suplemen ini secara berlebihan. Pasalnya, mengonsumsi asam folat terlalu banyak dapat menyebabkan gangguan kekurangan vitamin B12.

Jika Anda mengalami gangguan ini, kondisi ini bisa berakhir fatal. Oleh karena itu, sebelum dokter meresepkan suplemen ini untuk Anda, sebaiknya dokter memeriksa kadar vitamin B12 di dalam tubuh Anda.

Di samping itu, dosis asam folat yang terlalu tinggi juga dapat merusak DNA sintesis di dalam sperma. Tak hanya itu, asam folat juga dapat berinteraksi dengan obat yang mungkin sedang Anda gunakan.

Dokter akan memeriksa kondisi kesehatan Anda dan membantu Anda menentukan apakah suplemen akan bermanfaat dan aman untuk Anda. Namun, jika tidak memungkinkan bagi pria mengonsumsi suplemen, disarankan untuk mengonsumsi makanan yang kaya asam folat.

Mengonsumsi asam folat dari sumber seperti makanan mungkin memiliki efek samping yang lebih minim jika dibanding dengan mengonsumsi suplemen asam folat. Selain itu, suplemen asam folat yang Anda konsumsi berpotensi untuk berinteraksi dengan berbagai obat-obatan yang sedang Anda gunakan.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Berbagai Manfaat Daun Kale, Si Hijau yang Kaya Zat Gizi

Tak heran jika kale kini naik daun di kalangan para pecinta kesehatan. Sayuran hijau ini mengandung segudang manfaat, termasuk untuk kanker payudara.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Nutrisi, Hidup Sehat 28/05/2020

10 Cara Mudah Turun Berat Badan Tanpa Olahraga

Apakah Anda sedang dalam program menurunkan berat badan? Adakah cara menurunkan berat badan tanpa olahraga? Cara ini menarik untuk disimak!

Ditulis oleh: Rizki Pratiwi

Cara Diet Turun Berat Badan yang Aman Tanpa Bahayakan Kesehatan

Mau punya berat badan ideal? Diet sehat jawabannya. Namun, agar diet yang Anda lakukan tidak sia-sia, simak dulu panduan lengkap berikut ini.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari

Apa Bedanya Stres dan Depresi? Kenali Gejalanya

Stres dan depresi tidak sama, keduanya memiliki perbedaan mendasar. Maka jika penanganannya keliru, depresi bisa berakibat fatal. Cari tahu, yuk!

Ditinjau secara medis oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri

Direkomendasikan untuk Anda

minyak esensial untuk meredakan stres

Khasiat Minyak Esensial untuk Meredakan Stres

Ditinjau secara medis oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 05/06/2020
warna rambut

Warna Rambut Sesuai Karakteristik Diri, yang Manakah Anda?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 31/05/2020
gerimis bikin sakit

Benarkah Gerimis Lebih Bikin Sakit Daripada Hujan?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 31/05/2020
resep membuat bakwan

4 Resep Membuat Bakwan di Rumah yang Enak Tapi Sehat

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 28/05/2020