4 Gangguan Kesehatan Penyebab Wanita Susah Hamil

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum

Penyebab wanita susah hamil umumnya terjadi karena ada gangguan kesehatan pada organ reproduksi atau  memiliki masalah kesuburan. Tak jarang, hal ini membuat pasangan suami istri susah memiliki momongan. Untuk itu Anda perlu memeriksakan diri ke dokter. Berikut beberapa penyebab wanita susah hamil yang menyebabkan masalah kesuburan.

Gangguan kesehatan yang dapat menjadi penyebab wanita susah hamil

Berikut ini adalah beberapa kondisi kesehatan yang mungkin berpotensi membuat seorang wanita lebih susah hamil dan harus berupaya lebih keras untuk mendapatkan momongan.

1. Gangguan ovulasi

Tahukah Anda apa yang dimaksud dengan gangguan ovulasi? Kondisi yang menjadi salah satu penyebab wanita susah hamil ini terjadi saat ovulasi tidak terjadi, atau terjadi di waktu-waktu yang tidak teratur. Umumnya, wanita akan mengalami ovulasi atau masa subur setiap 21-35 hari sekali.

Namun, wanita yang memiliki siklus ovulasi lebih lama dari 35 hari dianggap mengalami oligoovulation. Sementara itu, wanita yang tidak mengalami ovulasi sama sekali disebut mengalami anovulasi.

Berikut ini adalah beberapa kondisi yang bisa menyebabkan timbulnya gangguan ovulasi, sehingga mungkin menjadi penyebab wanita mengalami kesulitan untuk hamil.

Polycystic ovary syndrome (PCOS)

Polycystic ovary syndrome (PCOS) adalah kondisi kesehatan yang bisa menjadi penyebab seorang wanita jadi susah hamil. Kondisi ini menyerang rahim seorang wanita, organ reproduksi yang menghasilkan hormon estrogen dan progesterone. Kedua hormon tersebut mengatur siklus menstruasi perempuan setiap bulannya.

Sebagai salah satu penyebab wanita susah hamil, PCOS ditandai dengan adanya kista di rahim, tingginya kadar hormon androgen di dalam tubuh wanita, hingga menstruasi yang tidak teratur. Pada orang yang mengalami kondisi penyebab wanita susah hamil ini, terdapat banyak kantung yang berisi cairan di dalam rahimnya.

Pada kantung-kantung tersebut terdapat telur yang masih belum dewasa. Namun, telur-telur tersebut tidak akan berubah menjadi dewasa sehingga tidak bisa memicu terjadinya ovulasi. Ketidakmampuan tubuh mengalami ovulasi memicu hormon estrogen, progesteron, FSH, dan LH berubah.

Sebagai contoh, kadar hormon estrogen dan progesteron menjadi lebih rendah dibanding hormon lainnya, sementara, hormon androgen meningkat lebih banyak dari biasa.  Kelebihan hormon pria mengganggu siklus menstruasi pada wanita, sehingga wanita yang mengalami PCOS lebih jarang mengalami menstruasi. Hal ini menjadi penyebab wanita susah hamil.

Hypothalamic dysfunction

Kondisi kesehatan lain yang mungkin dialami wanita dan menjadi penyebab wanita susah hamil adalah hypothalamic dsyfunction. Kondisi ini bisa terjadi jika dua hormon yang dihasilkan di dalam kelenjar pituitari bertugas untuk menstimulasi proses ovulasi setiap bulannya, mengalami perubahan.

Perubahan ini biasanya dipengaruhi oleh berbagai hal, mulai dari stres, berat badan yang tidak ideal, baik kurang atau berlebih, atau perubahan berat badan yang terlalu drastis. Tidak hanya berubah, kondisi ini bisa memengaruhi proses ovulasi. Sehingga, berpotensi menyebabkan seorang wanita yang mengalaminya menjadi sulit hamil.

Premature ovarian failure

Kondisi ini juga bisa menjadi penyebab wanita lebih susah hamil. Pasalnya, premature ovarian failure terjadi saat rahim tidak lagi berfungsi secara normal sebelum Anda berusia 40 tahun. Saat kondisi penyebab wanita susah hamil ini terjadi, rahim tidak dapat memproduksi hormon estrogen atau melepaskan sel telur secara normal. Hal ini bisa menjadi penyebab wanita tidak subur atau susah hamil.

Kondisi yang bisa menjadi penyebab wanita susah hamil ini sering kali disalah artikan sebagai premature menopause. Namun, kedua kondisi yang bisa menjadi penyebab dari wanita yang susah hamil ini sebenarnya tidak sama.

Wanita yang mengalami premature ovarian failure mengalami menstruasi yang tidak teratur selama bertahun-tahun dan masih memiliki kemungkinan untuk mengalami kehamilan. Sementara itu, wanita yang mengalami premature menopause berhenti mengalami menstruasi, sehingga tidak pernah bisa  hamil lagi.

Hormon prolaktin yang berlebih

Hormon prolaktin adalah hormon yang membantu meningkatkan produksi Air Susu Ibu (ASI). Hormon ini dilepaskan saat seorang bayi yang baru lahir minum ASI langsung dari payudara ibunya.

Terlalu banyak hormon prolaktin di dalam tubuh  bisa menjadi penyebab wanita susah hamil. Selain itu, normalnya, wanita yang tidak sedang hamil atau tidak sedang menyusui memiliki kadar hormon prolaktin yang rendah.

Hormon ini mungkin menjadi menyebabkan wanita mengalami kesulitan hamil dan masalah kesuburan lainnya dengan cara yang berbeda-beda. Sebagai contoh, hormon prolaktin dapat menghambat wanita untuk mengalami ovulasi. Jika hal ini terjadi, maka siklus menstruasi wanita akan berhenti.

Sementara itu, untuk kasus yang lebih parah lagi, kadar prolaktin yang terlalu tinggi dapat mengganggu terjadinya proses ovulasi terus menerus. Dengan begitu, ovulasi akan semakin susah untuk terjadi sehingga menurunkan kemungkinan hamil.

2. Kerusakan pada tuba falopi

Kerusakan yang berdampak pada tuba falopi juga berpotensi menjadi penyebab wanita susah hamil. Pasalnya, saat tuba falopi rusak, maka sel sperma tidak bisa bertemu dengan sel telur karena kerusakan tersebut menghalangi jalan telur yang telah dibuahi menuju rahim.

Kerusakan tuba falopi yang bisa menyebabkan wanita kesulitan untuk hamil, seperti:

Radang panggul (pelvic inflammatory disease)

Salah satu kondisi kesehatan yang bisa menyebabkan kerusakan tuba falopi adalah radang panggul. Radang panggul adalah suatu infeksi yang terjadi pada organ reproduksi wanita. Panggul berlokasi di bagian bawah perut, termasuk tuba falopi, leher rahim, dan rahim.

Kondisi yang bisa menjadi penyebab wanita susah hamil ini bisa terjadi karena beberapa jenis bakteri yang menjadi penyebab penyakit menular seksual seperti gonorrhea dan chlamydia. Biasanya, bakteri masuk ke dalam vagina dan menyebabkan infeksi. Seiring berjalannya waktu, infeksi tersebut melebar hingga ke organ panggul.

Jika Anda mengalami radang panggul, maka Anda harus waspada. Kondisi ini bisa membahayakan nyawa Anda apabila infeksi telah menyebar melalui darah. Di samping itu, kondisi ini juga bisa menyebabkan kerusakan permanen pada tubuh Anda dengan cara membentuk jaringan luka pada bagian dalam dari organ reproduksi wanita.

Jaringan ini dapat menghalangi tuba falopi sepenuhnya, hingga mencegah sel sperma dan sel telur bertemu. Maka dari itu, radang panggul juga bisa menyebabkan wanita sulit hamil.

Infeksi tuberkulosis pada organ reproduksi

Tahukah Anda bahwa tuberkulosis bisa menjadi penyebab wanita susah hamil? Ya, ternyata infeksi tuberkulosis bisa berdampak pada dinding rahim. Infeksi ini biasanya tidak didampingi oleh beberapa gejala tuberkulosis lainnya, misalnya batuk atau dada terasa sakit.

Infeksi ini termasuk TB laten yang berarti sistem imun di dalam tubuh wanita tersebut menahan agar bakteri tuberkulosis tetap terkontrol. Maka dari itu infeksi yang bisa menjadi ini terkadang tidak nampak, sehingga orang yang mengalaminya mungkin tidak sadar.

Sayangnya, jika dibiarkan tanpa pengobatan, kondisi yang dapat menjadi penyebab wanita menjadi susah hamil ini menyebabkan tuba falopi mengalami kerusakan sehingga sel sperma dan sel telur tidak dapat bertemu.

3. Endometriosis

Kondisi kesehatan lain yang berpotensi menjadi penyebab wanita susah hamil adalah endometriosis. Kondisi ini terjadi saat jaringan yang biasanya tumbuh di dalam rahim justru tumbuh di beberapa lokasi dalam tubuh lainnya. Pertumbuhan jaringan ini dapat menyebabkan luka yang menyumbat tuba falopi, sehingga menghambat pertemuan sel sperma dan sel telur.

Endometrioris  dapat menyebabkan beberapa kondisi kesehatan lain yang juga menjadi menyebabkan wanita susah hamil, seperti radang panggul, mengubah fungsi sistem imun, mengubah kualitas sel telur, dan masih banyak lagi lainnya.

Pada saat Anda menjalani operasi, dokter akan mengevaluasi jumlah, lokasi, dan kedalaman dari kondisi yang menjadi penyebab wanita susah hamil ini serta memberi Anda nilai yang menentukan tingkat keparahan dari endometriosis yang Anda alami.

Semakin parah kondisi endometriosis yang seorang wanita alami, maka semakin besar kemungkinan kondisi ini menjadi memperkecil kemungkinan hamil. Bahkan, meski telah menjalani pengobatan untuk mengatasi masalah kesuburan, kondisi ini mungkin akan tetap mengganggu kesuburan.

4. Gangguan kesehatan rahim dan leher rahim

Masalah kesehatan yang terdapat pada rahim dan leher rahim dapat menjadi penyebab wanita susah hamil. Berikut beberapa kondisi yang mungkin menimpa rahim dan leher rahim yang dapat menganggu kesuburan.

Fibroid

Fibroid adalah tumor jinak yang terbentuk dari otot halus yang terdapat di rahim.  Fibroid merupakan suatu kondisi yang mungkin dialami oleh banyak wanita. Bahkan, satu dari 5 wanita di usia produktif berpotensi mengalami kondisi ini.

Masalahnya, meski Anda tidak mengalami gejala tertentu, kondisi ini berpotensi menyebabkan masalah pada fungsi reproduksi hingga menjadi mengganggu kesuburan. Bahkan, wanita yang telah hamil juga bisa mengalami keguguran karenanya.

Meskipun belum bisa diketahui dengan pasti penyebab munculnya fibroid, umumnya hal ini terjadi akibat adanya masalah pada hormon estrogen yang secara alami ada di dalam tubuh Anda.

Biasanya, fibroid dibedakan berdasarkan lokasinya di dalam rahim, apakah di dinding rahim, rongga rahim, atau  pada permukaan rahim.

  • Fibroid submucosal, yaitu fibroid yang tumbuh pada rongga rahim.
  • Fibroid intramural, yaitu fibroid yang tumbuh di dinding rahim.
  • Fibroid subserosal, yaitu fibroid yang tumbuh pada permukaan luar rahim.

Sebenarnya, kondisi yang dapat menjadi penyebab wanita susah hamil ini tidak menyebabkan kanker dan tidak membutuhkan pengobatan tertentu jika tidak muncul gejala-gejala tertentu.

Ukuran tumor jinak akan cenderung mengecil saat Anda menopause. Hal ini disebabkan saat Anda memasuki masa menopause, kadar hormon estrogen akan menurun, sehingga ukuran fibroid akan ikut mengecil dengan sendirinya.

Namun, jika Anda mengalami rasa sakit di area panggul, perdarahan, atau Anda merasa tidak nyaman setiap kali menstruasi, Anda mungkin harus memeriksakan kondisi Anda ke dokter.

Bentuk rahim yang tidak normal sejak lahir

Masalah rahim yang berpotensi menjadi penyebab wanita susah hamil adalah bentuk rahim yang sudah tidak normal sejak lahir. Kondisi ini biasanya disebut congenital uterine anomalies atau uterine abnormalities.

Sebenarnya, kondisi yang bisa menjadi ini termasuk jarang sekali terjadi. Namun, jika Anda mengalami kondisi ini, ada kemungkinan Anda mengalami keguguran saat hamil atau melahirkan secara prematur.

Meski kondisi ini adalah bawaan lahir, namun kondisi ini tidak memiliki gejala tertentu. Hanya saja, bentuk rahim yang tidak normal bisa menyebabkan Anda merasakan sakit saat sedang menstruasi.

Jika Anda mengalami kondisi ini, bukan berarti Anda pasti tidak bisa hamil. Akan tetapi, beberapa masalah kesuburan dan keguguran disebabkan oleh bentuk rahim yang tidak normal ini.

Gaya hidup yang mungkin jadi penyebab wanita susah hamil

Selain kondisi kesehatan, ada beberapa gaya hidup yang mungkin juga menjadi penyebab wanita susah hamil.

1. Stres

Kadang, apa yang sangat ingin kita harapkan, tetapi belum bisa kita dapatkan dapat membuat kita stres. Anda mungkin terlalu memikirkan bagaimana caranya agar Anda cepat punya anak. Secara sadar atau tidak sadar, pikiran tersebut terus menghantui Anda bahkan dapat membuat Anda stres.

Kondisi ini dapat mempengaruhi fisik dan mental Anda. Padahal, jika Anda tidak ingin merasa sulit untuk hamil, salah satu hal yang bisa wanita lakukan adalah menghindari penyebab. Yang Anda butuhkan adalah perasaan tenang dan nyaman.

Jika Anda dan suami memiliki kesuburan yang normal namun tidak kunjung hamil, ada kemungkinan besar yang menyebabkan hal tersebut adalah stres. Menurut Via Bitidis, seorang dokter naturopati, keseimbangan dan ketenangan merupakan bagian penting dalam upaya untuk mencoba hamil.

Ketika Anda stres, sistem adrenal Anda mengambil alih tubuh Anda sehingga tubuh Anda tidak mendukung Anda untuk hamil. Anda harus menenangkan diri Anda terlebih dahulu, jangan mudah terpengaruh dengan lingkungan, dan masukkan hal-hal positif dalam diri Anda, sebelum mencoba untuk hamil.

Anda mungkin bisa melakukan kegiatan-kegiatan yang membuat Anda senang, seperti berolahraga, yoga, pergi ke spa, bermain atau sekadar mendengarkan musik, untuk mengurangi stres Anda.

2. Kurang tidur

Kurang tidur dapat menjadi salah satu penyebab wanita susah hamil dalam banyak cara. Waktu tidur yang kurang dapat memberi stres pada tubuh.

Kurang tidur juga dapat mengganggu siklus sirkadian tubuh Anda yang dapat menyebabkan terganggunya keseimbangan hormon dalam tubuh, sehingga hal ini menyebabkan siklus menstruasi menjadi berantakan.

Kondisi yang bisa menjadi penyebab wanita susah hamil juga berhubungan dengan obesitas yang dapat mempengaruhi kesuburan Anda. Selain itu, obesitas juga dapat menurunkan sistem kekebalan tubuh Anda, membuat Anda lebih rentan untuk terkena penyakit infeksi.

Jika dibiarkan, kondisi ini juga dapat mempengaruhi siklus reproduksi Anda. Hal yang sama juga berlaku untuk kaum pria, kurang tidur dapat menyebabkan sakit infeksi yang ditandai dengan demam tinggi. Demam yang tinggi ini dapat merusak sperma yang diproduksi, sampai suhu tubuh kembali normal.

3. Berat badan

Berat badan dapat memengaruhi kesuburan, sehingga menjadi salah satu penyebab wanita susah untuk hamil. Berat badan yang kurang dapat menyebabkan sel telur yang dilepaskan oleh indung telur Anda terjadi pada waktu yang tidak seharusnya, membuat siklus menstruasi menjadi berantakan. Hal ini kemudian akan membuat Anda kesulitan dalam menentukan masa subur Anda.

Sebaliknya, berat badan yang berlebihan juga dapat menjadi penyebab wanita susah hamil, sehingga menurunkan kesempatan Anda untuk hamil, walaupun Anda memiliki siklus ovulasi yang teratur.

Berat badan berlebih (obesitas) dapat menyebabkan ketidakseimbangan hormon dan masalah ovulasi, sehingga juga dapat mempengaruhi kesuburan Anda.

Selalu menjaga berat badan Anda dalam rentang normal, mengonsumsi makanan yang bergizi, dan melakukan olahraga teratur, dapat membantu Anda mempersiapkan tubuh dan pikiran Anda untuk hamil.

4. Salah menentukan masa subur

Banyak wanita tidak mengetahui masa suburnya dan juga tidak dapat memprediksi masa suburnya. Hal ini membuat Anda sulit dalam menentukan kapan seharusnya Anda dan pasangan melakukan hubungan untuk dapat menghasilkan kehamilan.

Waktu yang tepat merupakan salah satu aspek penting bagi Anda untuk mencoba hamil. Walaupun Anda subur, tetapi jika Anda melakukan hubungan di waktu yang tidak tepat, kondisi ini bisa menjadi penyebab susah hamil.

Anda bisa melakukan hubungan intim dengan pasangan Anda 2-3 hari sebelum tubuh Anda melepaskan sel telur, sehingga dapat meningkatkan peluang Anda untuk hamil.

Sebaiknya, Anda mulai mencatat kapan waktu menstruasi Anda dan bagaimana siklus Anda untuk menentukan kapan waktu paling subur Anda. Melakukan hubungan intim pada masa paling subur Anda dapat membuka peluang besar bagi Anda untuk hamil.

Selain itu, sebaiknya Anda tidak menggunakan pelumas saat berhubungan intim karena pelumas dapat menurunkan kemampuan gerak dari sperma, sehingga bisa menjadi penyebab wanita susah hamil.

Baca Juga:

Share now :

Direview tanggal: Agustus 29, 2016 | Terakhir Diedit: Maret 23, 2020

Sumber
Yang juga perlu Anda baca