backup og meta
Kategori

1

Tanya Dokter
Simpan
Cek Kondisi

12 Buah untuk Promil yang Bantu Tingkatkan Kesuburan

Ditinjau secara medis oleh dr. Mikhael Yosia, BMedSci, PGCert, DTM&H. · General Practitioner · Medicine Sans Frontières (MSF)


Ditulis oleh Satria Aji Purwoko · Tanggal diperbarui 08/02/2023

    12 Buah untuk Promil yang Bantu Tingkatkan Kesuburan

    Ada beragam cara yang dilakukan pasangan suami-istri agar cepat hamil, salah satunya mengonsumsi buah-buahan. Beberapa jenis buah dipercaya baik untuk promil (program hamil) karena mengandung zat gizi penting yang membantu meningkatkan kesuburan pria dan wanita.

    Daftar buah untuk promil yang baik dikonsumsi

    Beberapa pasangan suami-istri mungkin langsung merencanakan kehamilan setelah menikah.

    Keinginan untuk segera memiliki momongan ini tentu harus dibarengi gaya hidup sehat, seperti dengan memperhatikan asupan makanan untuk meningkatkan kesuburan.

    Buah-buahan merupakan makanan sehat dengan gizi seimbang sehingga bisa dipertimbangkan selama Anda dan pasangan menjalani program hamil alias promil.

    Berikut ini beberapa jenis buah untuk promil yang baik untuk dikonsumsi pasangan suami-istri.

    1. Jeruk

    manfaat jeruk tangerine buah untuk promil suami istri

    Jeruk dan buah-buahan sitrus, seperti lemon dan jeruk bali, merupakan sumber vitamin C yang baik.

    Vitamin C merupakan antioksidan kuat. Jenis vitamin ini bisa membantu melawan radikal bebas yang berdampak buruk pada kesehatan sistem reproduksi. 

    Sebuah studi pada objek hewan dari University of Montreal, Kanada, juga menemukan bahwa senyawa putrescine dalam jeruk berpotensi meningkatkan kesehatan sel telur dan sperma.

    2. Buah beri

    Buah-buahan beri, termasuk stroberi, bluberi, dan rasberi, kaya akan antioksidan alami yang membantu meningkatkan kesuburan pada wanita maupun pria.

    Selain itu, buah beri juga mengandung vitamin C dan asam folat (vitamin B9) yang mendukung perkembangan janin dalam rahim ibu hamil di kemudian hari.

    3. Apel

    Buah apel punya kandungan vitamin A dan vitamin C yang baik untuk dikonsumsi saat promil.

    Konsumsi vitamin C pada pria membantu meningkatkan kualitas sperma. Zat gizi ini bisa mencegah aglutinasi sperma, yakni kondisi yang membuat sperma saling menempel satu sama lain.

    Sementara itu, vitamin A membantu menjaga jaringan dalam sistem reproduksi tetap sehat. Zat gizi ini juga mendukung perkembangan embrio normal selama kehamilan.

    4. Pisang

    Pisang mengandung asam folat yang membantu proses kehamilan. Buah untuk promil ini juga kaya vitamin dan mineral lain, seperti vitamin B6, kalium, dan mangan.

    Jenis buah ini juga mengandung bromelain, yakni enzim yang terbukti dapat meningkatkan dan menjaga kadar hormon testosteron normal pada pria.

    Testosteron membantu meningkatkan gairah seksual (libido), kinerja seksual, serta kesuburan.

    5. Jambu biji merah

    Jambu biji merah untuk program hamil

    Buah untuk program hamil lainnya yang mudah diperoleh yaitu jambu biji merah. Zat gizi yang bisa Anda dapatkan dengan mengonsumsi buah ini ialah vitamin C dan serat.

    Vitamin C dalam jambu merah secara signifikan meningkatkan jumlah, bentuk (morfologi), dan pergerakan (motilitas) sel sperma yang sehat pada pria.

    Studi yang dimuat dalam jurnal Frontiers in Pharmacology (2022) pun menunjukkan asupan serat mampu mencegah diabetes gestasional pada calon ibu hamil dengan kelebihan berat badan.

    6. Tomat

    Tomat juga bisa dijadikan sebagai pilihan buah untuk promil pria. Buah ini kaya likopen, yakni sejenis antioksidan kuat yang berpotensi dalam meningkatkan kualitas sperma pria.

    Para peneliti dari Cleveland Clinic menemukan konsumsi suplemen likopen 4–8 mg setiap hari selama 8 hingga 12 bulan meningkatkan kesehatan sperma dan angka kehamilan.

    7. Semangka

    Semangka mengandung antioksidan glutathione yang membantu melawan stres oksidatif akibat radikal bebas. Efek ini pada akhirnya bisa meningkatkan kualitas sel telur wanita.

    Buah untuk promil ini juga memiliki kandungan vitamin A, vitamin C, kalium, serta magnesium yang baik untuk kesuburan pasangan suami-istri.

    Tidak hanya itu, semangka juga dikenal sebagai afrodisiak alami yang mampu meningkatkan gairah seksual dan mengatasi disfungsi ereksi pada pria.

    8. Buah zuriat

    Sebagian kalangan percaya bahwa makan buah zuriat membantu cepat hamil. Namun, belum ada penelitian yang secara khusus membahas mengenai manfaat ini.

    Meski begitu, buah zuriat memang punya kandungan antioksidan yang cukup tinggi untuk program hamil.

    Antioksidan membantu meredakan stres oksidatif dalam tubuh. Stres oksidatif berkaitan dengan rusaknya sel telur dan sperma yang penting dalam proses kehamilan.

    9. Delima

    buah sehat delima

    Kandungan antioksidan buah delima atau pomegranate telah sejak lama dikaitkan dengan kesuburan.

    Sebuah penelitian yang dimuat dalam jurnal PLoS One (2014) menguji pemberian ekstrak buah delima dan rimpang lengkuas pada 70 pria dewasa dengan gangguan kesuburan.

    Setelah tiga bulan pengobatan, diketahui motilitas atau kemampuan sel sperma untuk bergerak meningkat sebesar 62% bila dibandingkan dengan sebelumnya.

    10. Nanas

    Konsumsi buah nanas membantu memenuhi kebutuhan vitamin C harian. Kekurangan vitamin C diketahui berkaitan dengan sindrom ovarium polikistik (PCOS) yang menghambat kehamilan.

    Nanas juga mengandung bromelain yang meningkatkan kesuburan pria. Enzim ini juga punya sifat antiinflamasi untuk mencegah peradangan kronis dalam tubuh Anda.

    11. Alpukat

    Alpukat merupakan buah yang baik untuk promil karena tinggi kandungan asam folat. Buah ini juga dikenal tinggi lemak tak jenuh tunggal yang mendukung perkembangan sel telur.

    Selain itu, alpukat juga tinggi vitamin K. Jenis vitamin ini membantu proses penyerapan gizi dan menjaga keseimbangan hormon yang penting saat mempersiapkan kehamilan.

    12. Buah kiwi

    Buah kiwi dikenal berkat cita rasanya yang masam dan menyegarkan. Jenis buah untuk promil ini juga memiliki kandungan vitamin C yang lebih tinggi daripada jeruk.

    Vitamin C akan bekerja sebagai antioksidan untuk mengurangi radikal bebas yang berbahaya.

    Zat gizi ini juga akan mengurangi peradangan yang diakibatkan stres oksidatif dalam tubuh. Stres oksidatif diketahui bisa menyebabkan gangguan kesuburan pada wanita dan pria.

    Konsumsi berbagai jenis buah seperti di atas pada dasarnya baik untuk pasangan suami-istri yang sedang menjalani program hamil.

    Namun, ada baiknya untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu, khususnya bila Anda atau pasangan mengidap kondisi medis atau mengonsumsi obat-obatan tertentu.

    Kesimpulan

    • Buah baik untuk dikonsumsi selama promil karena mengandung beragam vitamin, mineral, dan zat gizi penting lainnya.
    • Namun, ada banyak faktor yang memengaruhi proses kehamilan, termasuk frekuensi hubungan intim dan kondisi kesehatan secara keseluruhan.
    • Apabila Anda dan pasangan sudah mencoba berbagai cara tetapi tanda hamil belum tiba, ada baiknya untuk berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter.

    Catatan

    Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

    Ditinjau secara medis oleh

    dr. Mikhael Yosia, BMedSci, PGCert, DTM&H.

    General Practitioner · Medicine Sans Frontières (MSF)


    Ditulis oleh Satria Aji Purwoko · Tanggal diperbarui 08/02/2023

    advertisement iconIklan

    Apakah artikel ini membantu?

    advertisement iconIklan
    advertisement iconIklan