Bagaimana Penyakit Kronis Bisa Bikin Susah Hamil?

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 22 September 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Terkadang, masalah sulit hamil bukan berarti Anda atau pasangan terlahir tidak subur. Penyakit kronis yang Anda atau pasangan miliki saat ini bisa menurunkan kesuburan. Begitu juga obat yang dikonsumsi untuk mengatasi kondisi tersebut. Lalu, penyakit kronis apa saja yang bisa bikin susah hamil?

Apa saja penyakit kronis yang bisa bikin susah hamil?

Tak semua penyakit bisa menurunkan kesuburan. Beberapa kondisi kesehatan yang sudah terbukti dapat menurunkan kesuburan adalah:

1. Endometriosis

Endometriosis adalah peradangan kronis yang disebabkan oleh pertumbuhan dinding rahim yang tidak wajar pada tuba falopi. Endometriosis banyak menyerang wanita usia subur. 

Rahim yang terus-menerus meradang dapat mencegah bakal janin untuk menempel dan bertumbuh. Kondisi inilah yang membuat Anda sulit hamil jika memiliki endometriosis.

2. Gangguan hormon

Gangguan hormon menyebabkan keseimbangan hormon tubuh jadi tidak normal. Gangguan ini pun bisa memengaruhi produksi hormon seks dan reproduksi Anda yang pada akhirnya jadi mengganggu kerja sistem reproduksi. Hal ini bisa menyebabkan Anda susah hamil.

Beberapa contoh penyakit kronis yang disebabkan oleh gangguan hormon adalah disfungsi tiroid (hipertiroid atau hipotiroid) dan PCOS.

3. Kanker

Pengobatan kanker dapat menyebabkan keseimbangan hormon dalam tubuh jadi terganggu, yang kemudian jadi menurunkan kesuburan Anda ketika terkena kanker. Misalnya, pengobatan kanker serviks dapat menghancurkan organ yang berkaitan dengan reproduksi, seperti ovarium, tuba falopi, rahim, dan leher rahim.

Pengobatan tersebut juga dapat merusak organ yang terlibat dalam produksi hormon, termasuk ovarium yang juga bertugas memproduksi dan menyimpan sel telur. Pengobatan kanker membuat ovarium Anda tidak dapat meregenerasi sel-sel telur, yang berarti Anda mungkin tidak dapat hamil setelah pengobatan kanker serviks.

Selain itu, hamil saat menjalani pengobatan kanker mungkin akan menimbulkan risiko pada kesehatan janin. Maka itu, sebaiknya diskusikan dengan dokter Anda.

4. Penyakit autoimun

Penyakit autoimun seperti lupus bisa bikin susah hamil. Hal ini disebabkan karena penyakit ini akan membuat sistem kekebalan Anda menyerang sel-sel normal di dalam tubuh. Akibatnya, jaringan sehat pun jadi rusak, termasuk pada jaringan organ reproduksi. Saat ini terjadi, maka peluang untuk hamil akan menurun. Namun, bukan tidak mungkin Anda bisa hamil di kemudian hari. Sebaiknya konsultasikan hal ini ke dokter untuk mengetahui solusi terbaiknya.

5. Diabetes

Diabetes adalah penyakit kronis yang tidak dapat disembuhkan, namun bisa dan harus dikendalikan. Jika tidak dikendalikan, ada banyak risiko komplikasi diabetes yang mengintai Anda. Salah satunya adalah masalah kesuburan.

Ketika gula darah terus meningkat dan diabetes jadi tak terkendali, maka hormon di dalam tubuh juga mengalami gangguan. Gangguan hormon ini yang kemudian membuat peluang hamil menurun.

6. Obesitas

Meski memang bukan suatu penyakit, namun obesitas adalah kondisi yang bisa menyebabkan kesuburan menurun jika tidak diatasi. Orang yang punya berat badan berlebih sudah pasti memiliki tumpukan lemak yang juga banyak. Lemak-lemak ini akan memengaruhi hormon reproduksi yang kemudian bisa bikin sulit hamil.

Maka itu, Anda harus memiliki berat badan yang ideal agar cepat hamil. Jika Anda belum tahu apakah Anda kelebihan berat badan atau tidak, Anda bisa mengeceknya di kalkulator BMI ini atau pada tautan berikut bit.ly/indeksmassatubuh.

Apa yang harus dilakukan jika mengalami penyakit tersebut padahal ingin cepat hamil?

Tentunya hal pertama yang harus dilakukan adalah berkonsultasi dengan dokter. Biasanya, dokter akan menangani kondisi kesehatan yang Anda alami terlebih dahulu, baru memberikan pengobatan untuk meningkatkan kesuburan.

Lagipula, terkadang ada beberapa kondisi kesehatan yang membuat kesehatan Anda berisiko jika dipaksakan untuk hamil. Maka itu, sebaiknya diskusikan hal ini pada dokter untuk mengatahui solusi terbaik dari masalah Anda.

Kalkulator Masa Subur

Ingin Cepat Hamil? Cari tahu waktu terbaik untuk bercinta dengan suami lewat kalkulator berikut.

Kapan Ya?
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Menopause

Pada akhirnya setiap wanita akan mengalami menopause. Untuk itu, cari tahu informasi lengkap seputar menopause di artikel ini.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Kesehatan Wanita, Menopause 12 Januari 2021 . Waktu baca 12 menit

Inilah Fungsi 4 Hormon Penting untuk Manusia Bertahan Hidup

Anda mungkin sudah tahu kalau hormon yang tak seimbang bisa menimbulkan masalah kesehatan. Tapi, tahukah Anda apa saja fungsi hormon esensial dalam tubuh?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: dr. Angelina Yuwono
Kesehatan, Informasi Kesehatan 11 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit

Apa Benar Kebanyakan Olahraga Bikin Wanita Susah Hamil?

Olahraga memang sangat penting untuk dilakukan. Namun katanya dilakukan berlebihan atau kebanyakan olahraga malah bikin susah hamil. Apa benar?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Kesehatan Wanita, Penyakit pada Wanita 30 Desember 2020 . Waktu baca 4 menit

Mengupas 8 Mitos agar Cepat Hamil yang Banyak Dipercaya

Tidak semua informasi mengenai cara agar cepat hanil adalah fakta. Bisa jadi, itu hanya mitos belaka secara turun temurun yang dipercayai agar cepat hamil.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Program Hamil, Kesuburan, Kehamilan 28 Desember 2020 . Waktu baca 6 menit

Direkomendasikan untuk Anda

salah menggunakan test pack

5 Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Memakai Test Pack

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Dipublikasikan tanggal: 21 Januari 2021 . Waktu baca 7 menit
program dan cara cepat hamil

7 Cara Cepat Hamil yang Perlu Dilakukan Anda dan Pasangan

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Dipublikasikan tanggal: 20 Januari 2021 . Waktu baca 7 menit
makanan penyubur sperma

10 Makanan Penyubur Sperma agar Pasangan Cepat Hamil

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Dipublikasikan tanggal: 18 Januari 2021 . Waktu baca 7 menit
Kapan kehamilan bisa terdeteksi

Kapan Kehamilan Bisa Mulai Terdeteksi dengan Test Pack?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Dipublikasikan tanggal: 18 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit