home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

8 Jenis Makanan yang Baik untuk Sperma

8 Jenis Makanan yang Baik untuk Sperma

Jika Anda ingin meningkatkan kualitas sperma secara alami, Anda dapat melakukannya dengan memperbanyak asupan nutrisi. Akan tetapi, bukan dari sembarang nutrisi, melainkan dari makanan yang baik untuk sperma atau makanan yang dapat meningkatkan kualitas sperma Anda. Jenis makanan tersebut juga mudah ditemukan sehari-hari. Ingin tahu apa saja jenis makanan tersebut? Berikut informasi lengkapnya.

Berbagai jenis makanan yang baik untuk sperma

Makanan yang dapat Anda pilih untuk meningkatkan kualitas sperma, di antaranya adalah sebagai berikut:

Tiram

Salah satu makanan yang dapat meningkatkan kualitas sperma adalah tiram. Pasalnya, di dalam makanan ini terdapat salah satu nutrisi yang baik demi meningkatkan kualitas sperma. Nutrisi tersebut adalah seng.

Pasalnya, tidak hanya meningkatkan kualitas, seng juga dapat membantu Anda meningkatkan jumlah sperma yang Anda produksi. Oleh karena itu, pria yang tidak subur biasanya memiliki kadar seng yang lebih rendah dibanding pria yang subur. Dengan meningkatkan asupan seng untuk kesehatan sperma ini, Anda mungkin bisa meningkatkan kesuburan Anda.

Selain pada tiram, Anda juga bisa menemukan seng dalam beberapa jenis makanan lain seperti daging merah, sereal yang telah difortifikasi, kepiting, dan produk olahan susu.

Sayuran hijau

Makanan lain yang dapat Anda konsumsi demi meningkatkan kualitas sperma adalah sayuran hijau. Pasalnya, di dalam gandum utuh terdapat nutrisi lain yang baik untuk sperma, salah satunya adalah folat atau vitamin B9. Nutrisi dalam makanan yang baik untuk sperma ini sebenarnya juga bisa dikonsumsi wanita baik saat mempersiapkan kehamilan, maupun saat sedang hamil.

Sementara itu, pria membutuhkan folat untuk meningkatkan kualitas sperma agar bisa membuahi sel telur. Demi mendapatkan nutrisi yang baik untuk sperma ini, Anda juga bisa menemukannya dalam berbagai jenis makanan termasuk buah-buahan seperti buah jeruk, kacang-kacangan dan juga biji-bijian.

Tidak hanya itu, kandungan folat yang baik untuk meningkatkan kualitas sperma juga bisa Anda temui pada makanan lain seperti sereal yang telah difortifikasi, hingga gandum utuh.

Makanan laut

Makanan lain yang bisa Anda konsumsi untuk meningkatkan kualitas sperma adalah makanan laut, khususnya ikan. Di dalam makanan laut terdapat salah satu nutrisi yang baik untuk meningkatkan kualitas sperma, yaitu vitamin B12.

Jika vitamin B9 atau folat baik untuk dikonsumsi demi meningkatkan sperma, maka Anda juga bisa mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin B12. Mengapa demikian? Hal ini disebabkan vitamin B12 yang bisa Anda temukan dalam makanan ini juga bisa meningkatkan kualitas sperma secara keseluruhan.

Sebuah penelitian yang dimuat di dalam jurnal Biomoleculesjuga menyatakan bahwa mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin B12 dapat meningkatkan jumlah, motilitas, hingga mengurangi kerusakan dari DNA sperma.

Selain makanan laut, Anda bisa mengonsumsi makanan yang kaya vitamin B12, seperti daging hingga produk olahan susu.

Buah-buahan

Untuk meningkatkan kualitas sperma, Anda juga bisa mengonsumsi berbagai buah-buahan. Namun, bukan sembarang buah, ya. Sebaiknya, pilih buah yang kaya akan vitamin C. Pasalnya, nutrisi yang juga tidak kalah penting dengan nutrisi lain dalam makanan yang dapat meningkatkan kualitas sperma adalah vitamin C.

Sebagai antioksidan, vitamin C memiliki peranan penting pada kesuburan pria. Pasalnya, dengan mengonsumsi vitamin C dalam makanan yang baik dalam meningkatkan kualitas sperma, Anda dapat meningkatkan motilitas, jumlah, dan morfologi dari sel sperma.

Untuk mendapatkan asupan vitamin C dalam makanan yang baik untuk sperma, Anda bisa mengonsumsi buah-buahan sitrus seperti jeruk dan lemon. Tidak hanya itu, Anda juga bisa mengonsumsi buah-buahan lain seperti kiwi dan stroberi. Selain itu, mengonsumsi paprika, sayur-sayuran lain seperti tomat, brokoli, hingga kentang juga baik untuk kesehatan sperma.

Jamur

Mengonsumsi jamur juga bisa membantu Anda meningkatkan kualitas sperma. Di dalam jenis makanan ini terdapat salah satu vitamin yang baik untuk sperma, yaitu vitamin D.

Vitamin D tidak hanya diperlukan untuk kesehatan tulang dan gigi, tetapi vitamin D juga diperlukan untuk meningkatkan kualitas sperma Anda. Ternyata, vitamin D termasuk dalam nutrisi yang baik untuk sperma dapat mendukung pergerakan sperma.

Anda bisa mendapatkan vitamin D dari sinar matahari pagi. Namun, Anda juga bisa mendapatkan vitamin D dari sumber lain. Ada banyak makanan lain selain kacang-kacangan dan biji-bijian yang kaya akan vitamin D dan bisa Anda konsumsi.

Di antaranya adalah ikan berlemak, margarin yang kaya vitamin D, keju, kuning telur, hingga jamur.

Kacang-kacangan dan biji-bijian

Di dalam kacang-kacangan dan biji-bijian terdapat nutrisi yang baik untuk sperma, salah satunya adalah vitamin E. Tahukah Anda bahwa vitamin E juga salah satu jenis antioksidan yang dapat ditemukan dalam makanan dan baik dalam meningkatkan kesuburan sperma pada tubuh pria? Ya, vitamin E memang salah satu nutrisi dalam makanan yang dapat membantu menghalangi kerusakan sperma.

Anda juga bisa mendapatkannya dari sayuran hijau seperti brokoli dan bayam, serta makanan-makanan lain yang juga tak kalah sehat.

Sayur-sayuran

Sayur-sayuran adalah salah satu jenis makanan yang kaya akan nutrisi yang baik dalam meningkatkan sperma. Sebagai contoh, di dalam sayur-sayuran terdapat berbagai antioksidan yang baik untuk kesehatan sperma, seperti vitamin C dan E.

Sebenarnya, tidak hanya vitamin C dan vitamin E saja yang dapat ditemukan dalam makanan dan dapat meningkatkan kesehatan sperma. Antioksidan secara umum memang baik demi meningkatkan kualitas sperma dan dapat ditemukan dalam makanan yang bisa Anda konsumsi.

Antioksidan membantu meningkatkan kualitas sperma dengan membantu tubuh melawan radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan sel di dalam tubuh. Selain vitamin C dan E, Anda bisa menemukan antioksidan yang baik dalam meningkatkan kualitas sperma pada makanan lain seperti buah-buahan.

Telur

Tahukah Anda di dalam telur terdapat kandungan nutrisi asam lemak omega-3? Jika Anda mengonsumsi makanan kaya asam lemak omega-3 yang baik untuk kesehatan sperma, ada beberapa hal yang bisa Anda tingkatkan. Di antaranya, Anda dapat membantu meningkatkan jumlah, motilitas, hingga morfologi dari sperma.

Tidak hanya itu, mengonsumsi asam lemak omega-3 juga dapat meningkatkan aliran darah ke organ reproduksi di dalam tubuh Anda. Anda bisa mengonsumsi makanan yang kaya akan asam lemak omega-3 dan baik untuk sperma selain telur. Sebagai contoh, Anda bisa mengonsumsi ikan, khususnya salmon, makerel, tuna, dan sarden.

Selain itu, makanan lain yang juga baik untuk sperma dan mengandung asam lemak omega-3 adalah biji-bijian seperti chia seeds dan flaxseed. Lalu minyak yang berasal dari tanaman seperti minyak canola, soybean dan juga flaxseed. Lalu, Anda juga bisa meningkatkan asupan asam lemak omega-3 dengan mengonsumsi makanan yang dapat meningkatkan kualitas sperma seperti telur dan yoghurt.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Haller, M. (2012). The Stronger-Sperm Diet. http://www.menshealth.com/health/the-stronger-sperm-diet 

Fertility diet for men. Retrieved 30 January 2020, from http://www.babycentre.co.uk/a4188/fertility-diet-for-men#section3 

Banihani S. A. (2017). Vitamin B12 and Semen QualityBiomolecules7(2), 42. doi:10.3390/biom7020042

Vandergriendt, C. (2018). Try This: 15 Foods for Strong, Healthy Sperm. Retrieved 30 Januari 2020, from https://www.healthline.com/health/mens-health/food-for-strong-sperm

Foto Penulis
Ditinjau oleh dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh Annisa Hapsari
Tanggal diperbarui 21/01/2017
x