Cara Menggunakan Alat Tes Kehamilan (Test Pack) di Rumah

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh:

Setelah melakukan hubungan seksual tanpa kontrasepsi, tentu Anda penasaran apakah sudah hamil atau belum? Jika Anda belum sempat ke dokter atau rumah sakit, Anda bisa menggunakan alat tes kehamilan yang bisa digunakan di rumah. Alat ini dijual bebas di toko obat dan farmasi dan bisa Anda dapatkan dengan harga cukup terjangkau.

Cara kerjanya adalah dengan mendeteksi level hormon HCG (human chorionic gonadotropin), yaitu hormon yang diasosiasikan dengan kehamilan, pada urin Anda. Hormon ini diproduksi oleh sel yang nantinya akan berkembang menjadi plasenta; ia masuk pertama kali dalam aliran darah Anda ketika sel telur yang sudah dibuahi mulai menempel pada dinding rahim. Jumlah HCG dalam tubuh Anda kemudian akan meningkat dengan cepat dalam beberapa minggu kemudian. Ketika alat tes berhasil mendeteksi keberadaan hormon tersebut, alat itu akan menunjukkan hasil tes positif. Biasanya hasil tes alat kehamilan di rumah memiliki akurasi 99% atau lebih.

Bagaimana cara pakainya?

Sangat sederhana. Peganglah alat tes dalam aliran urin atau celupkan dalam wadah yang berisi urin. Di bagian yang menunjukkan hasil tes pada alat tesnya, nanti akan muncul garis yang mengindikasikan bahwa alatnya telah bekerja dan hasil tesnya akan segera keluar. Beberapa hasil tes akan ditunjukkan dengan munculnya satu garis lagi, tanda plus, atau perubahan warna – semua bergantung pada produk yang Anda gunakan. Cek dulu petunjuk pemakaiannya dengan saksama sebelum menggunakannya.

Faktor-faktor yang memengaruhi akurasi tes kehamilan pribadi

Akurasi alat tes kehamilan pribadi bergantung pada kondisi masing-masing individu dan beberapa alasan berikut:

  • Tanggal menstruasi dan waktu ovulasi yang mungkin saja tidak teratur
  • Hari ketika sel telur yang telah dibuahi sudah atau mulai menempel pada uterus
  • Beberapa alat tes memiliki tingkat sensitivitas yang berbeda terhadap hormon HCG. Jika sensitivitas alat terlalu rendah, urin pertama Anda (di pagi hari ketika baru bangun tidur) akan memberikan hasil yang positif (hamil) walaupun sebenarnya tidak.

Yang perlu diperhatikan saat Anda menggunakan alat tes kehamilan sendiri

Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan ketika membeli dan menggunakan alat tes kehamilan pribadi:

  • Perhatikan tanggal kedaluwarsa. Jangan pernah menggunakan produk yang telah melewati masa kedaluwarsa karena bahan kimia yang terkandung dalam produk atau alat akan berubah dan mengganggu akurasi hasil tes Anda nanti.
  • Simpanlah alat tes sesuai petunjuk yang diberikan. Beberapa alat harus disimpan dalam kulkas, atau tempat dingin, atau tempat kering tergantung pada aturan produk.
  • Baca instruksi dengan saksama sebelum menggunakan. Beberapa alat mungkin akan meminta Anda untuk menghindari beberapa makanan atau kegiatan sebelum melakukan tes.
  • Jika alat kehamilan ini butuh waktu beberapa lama untuk bekerja, tunggulah beberapa saat sesuai petunjuk untuk mendapatkan hasil yang akurat.
  • Beberapa hasil tes akan menyebabkan perubahan warna pada alat tes. Jika Anda tidak bisa membedakan warna dengan benar, mintalah bantuan pada orang lain.
  • Simpan hasil tesnya supaya Anda bisa berkonsultasi dengan dokter secara lebih mudah untuk mendapatkan nasihat dan menyampaikan pertanyaan.

Untuk informasi lebih lengkap, silakan hubungi dokter Anda.

BACA JUGA:

Pantau Perkembangan Janin Anda Dapatkan update mingguan di email Anda
untuk memantau perkembangan janin dalam kandungan.
Error message goes here
Pantau Bayi Saya
Tak tahu kapan akan melahirkan? Hitung di sini! *Dengan mendaftar, saya setuju dengan Syarat & Ketentuan Hello Sehat.
Anda hamil [num] minggu! Kami siap memandu Anda dalam perjalanan sebagai orangtua. Email pertama untuk Anda akan segera dikirim. Silakan klik tautan yang sudah kami kirim ke email Anda sebagai konfirmasi bahwa alamat email Anda sudah benar.
Sebelum mulai, silakan baca ini dulu:
Kapan hari pertama menstruasi terakhir Anda?
Hitung!
Error message goes here
Anda hamil [num] minggu! Perkiraan Melahirkan: [num] Dapatkan info setiap hari, sesuai dengan kebutuhan pribadi Anda dan bayi.
Error message goes here
Pantau sekarang!
Hitung ulang!
Yang juga perlu Anda baca