home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Hati-Hati dengan Missed Abortion, Keguguran Tanpa Gejala

Apa itu missed abortion?|Gejala missed abortion|Penyebab missed abortion|Mendiagnosis missed abortion|Apa saja perawatan missed abortion?
Hati-Hati dengan Missed Abortion, Keguguran Tanpa Gejala

Saat terjadi masalah pada trimester awal kehamilan, menjadi hal yang wajar jika ibu khawatir akan mengalami keguguran. Ada pula salah satu jenis keguguran, yaitu missed abortion atau keguguran tanpa gejala. Apa saja penyebab, gejala, dan pengobatan yang bisa dilakukan? Simak dulu penjelasan lengkapnya pada artikel ini.

 

health-tool-icon

Kalkulator Hari Perkiraan Lahir-Hello Sehat

Gunakan kalkulator ini untuk menghitung hari perkiraan lahir (HPL) Anda. Ini hanyalah prediksi, bukan sebuah jaminan pasti. Pada umumnya, hari melahirkan sebenarnya akan maju atau mundur seminggu dari HPL.

Metode kalkulasi

Durasi siklus haid

28 hari

Apa itu missed abortion?

Mengutip dari Pregnancy, Birth, and Baby, salah satu jenis keguguran adalah missed abortion atau biasa disebut sebagai missed miscarrieage, silent miscarriage, serta keguguran tanpa gejala.

Missed abortion atau keguguran tanpa gejala ini cukup membuat ibu menjadi syok karena tidak ada tanda-tanda keguguran pada umumnya seperti nyeri perut juga perdarahan.

Keguguran tanpa gejala atau terlewat ini terjadi saat janin tidak mengalami perkembangan hingga meninggal dalam kandungan dan tetap berada dalam rahim.

Perlu orangtua ketahui bahwa sekitar 10% kehamilan dapat mengalami keguguran. Lalu, sekitar 80% keguguran pun terjadi pada trimester pertama.

Gejala missed abortion

Seperti pada penjelasan di atas, missed abortion atau missed misscarriade ini tidak memperlihatkan gejala apa pun.

Pada sebagian orang, mungkin hanya akan mengalami keluarnya bercak atau flek, tetapi bisa jadi tidak ada sama sekali.

Lalu, pada sebagian kasus keguguran tanpa gejala ini pun ibu masih merasakan keluhan saat hamil karena plasenta masih memproduksi hormon kehamilan.

Sebagai contoh, nyeri payudara, mual atau morning sickness, hingga rasa lelah yang tidak biasa.

Ibu juga perlu memahami beberapa tanda atau gejala keguguran pada umumnya, seperti:

  • perdarahan vagina,
  • kram perut,
  • keluarnya cairan serta jaringan plasenta, hingga
  • kurangnya gejala kehamilan.

Konsultasikan kembali dengan dokter mengenai gejala atau tanda missed abortion karena setiap orang mempunyai kondisi kesehatan yang berbeda. Tidak menutup kemungkinan paparan tanda atau gejala tersebut pun berbeda.

Penyebab missed abortion

Belum diketahui secara pasti apa penyebab terjadinya salah satu komplikasi kehamilan missed abortion atau keguguran tanpa gejala.

Ada kemungkinan dokter juga tidak bisa menjelaskan secara pasti alasannya karena embrio yang tidak mengalami perkembangan.

Namun, Anda juga perlu mengetahui bahwa sekitar 50% penyebab keguguran adalah jumlah kromosom yang tidak normal pada embrio.

Umumnya, sel telur dan sperma mempunyai 23 pasang kromosom sehingga totalnya menjadi 46 kromosom.

Apa saja faktor risiko keguguran tanpa gejala?

Faktor lainnya yang meningkatkan risiko terjadinya missed abortion adalah saat ibu mempunyai endokrin, kelainan autoimun, hingga perokok berat.

Pernah mengalami trauma atau cedera fisik juga menjadi salah satu faktor risiko keguguran tanpa gejala.

Hal yang penting untuk selalu ibu ingat adalah tidak menyalahkan diri sendiri karena keguguran bisa terjadi pada siapa saja.

Mendiagnosis missed abortion

Sesuai dengan namanya, keguguran terlewat atau tanpa gejala ini pun akan terlihat saat Anda menjalani pemeriksaan kehamilan rutin melalui USG.

Setelah itu, dokter akan memastikan apakah ada tanda-tanda perkembangan janin hingga memeriksa detak jantung.

Tak hanya itu saja, dokter juga akan melakukan tes hCG karena dalam kehamilan normal, angkanya dapat meningkat dua kali lipat setiap dua hingga tiga hari.

Pemeriksaan melalui USG juga akan melihat apakah terlihat ada perkembangan pada janin atau tidak.

Apa saja perawatan missed abortion?

Ketika dokter sudah benar-benar memastikan bahwa Anda mengalami keguguran tanpa gejala, ia akan memberikan penjelasan mengenai apa saja perawatan terbaik yang bisa dilakukan.

Tentunya, dokter kemungkinan akan memberikan Anda dan pasangan waktu untuk memilih perawatan selanjutnya.

Berikut adalah perawatan serta pengobatan yang kemungkinan akan dokter lakukan untuk missed abortion, seperti:

1. Expectant management

Ini adalah pilihan untuk menunggu agar janin atau embrio dalam rahim Anda keluar secara alami. Sekitar 65% wanita berhasil melakukan cara ini.

Jika embrio tidak juga keluar pada waktu menunggu yang sudah dokter tentukan, kemungkinan Anda perlu pengobatan atau pembedahan.

2. Medical management

Pilihan lainnya saat cara alami belum berhasil adalah mengonsumsi obat seperti misoprostol. Obat ini dapat membantu memicu tubuh untuk mengeluarkan jaringan dari missed abortion.

Pemberian obat harus sesuai dengan resep dokter. Setelah itu, Anda juga bisa memilih untuk pulang ke rumah atau tinggal di rumah sakit.

3. Surgical management

Pembedahan adalah pilihan terakhir jika dua pilihan lainnya tidak berhasil untuk membersihkan sisa embrio yang masih ada dalam tubuh Anda.

Tindakan yang akan dokter lakukan adalah dilation & curettage (kuret) yang berfungsi untuk mengangkat jaringan yang tersisa dalam rahim.

Selama 1 – 2 minggu, setelah sisa jaringan telah keluar sepenuhnya, dokter tidak menyarankan untuk memasukkan apa pun ke dalam vagina untuk mencegah infeksi.

Apa pun jenis kegugurannya, kondisi missed abortion ini juga bisa mengakibatkan trauma tersendiri bagi orangtua terutama pada ibu.

Apabila Anda membutuhkan bantuan dukungan selain dari keluarga dan orang-orang terdekat, tidak ada salahnya untuk melakukan konseling.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Types of miscarriage. (2021). Retrieved 20 May 2021, from https://www.pregnancybirthbaby.org.au/types-of-miscarriage

Missed miscarriage – The Miscarriage Association. (2021). Retrieved 20 May 2021, from https://www.miscarriageassociation.org.uk/information/miscarriage/missed-miscarriage/

What really happens during a miscarriage. (2021). Retrieved 20 May 2021, from https://www.pregnancybirthbaby.org.au/what-really-happens-during-a-miscarriage

Early Pregnancy Loss. (2021). Retrieved 20 May 2021, from https://www.acog.org/womens-health/faqs/early-pregnancy-loss

Miscarriage: Signs, Symptoms, Treatment and Prevention. (2020). Retrieved 20 May 2021, from https://americanpregnancy.org/healthy-pregnancy/pregnancy-complications/signs-of-miscarriage-916/

Missed miscarriage. Tommy’s. (2021). Retrieved 20 May 2021, from https://www.tommys.org/baby-loss-support/miscarriage-information-and-support/types-of-miscarriage/missed-miscarriage-information-and-support

 

Foto Penulis
Ditulis oleh Atifa Adlina pada 22/08/2016
x