Cara Memilih Vitamin Terbaik Untuk Masa Pra-Kehamilan

Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 01/10/2019 . 4 menit baca
Bagikan sekarang

Tidak ada kata terlalu dini untuk memulai merawat bayi Anda dan tidak ada waktu yang lebih tepat untuk memulai semuanya selain sekarang – sebelum prekonsepsi, sebelum kehamilan terjadi. Tidak ada yang lebih mudah atau lebih cerdas dibandingkan dengan meminum vitamin sebelum kehamilan. Konsumsi vitamin sehari-hari dapat meyakinkan tubuh Anda bahwa ia mempunyai nutrisi penting yang kelak akan dibutuhkan oleh si calon bayi, dan bahwa kehamilan yang akan terjadi nanti adalah kehamilan yang sehat. Terlebih jika Anda mengkonsumsi vitamin sekarang, maka kejadian seperti mual dan muntah selama trimester pertama kehamilan akan berkurang!

Jika alasan tersebut masih kurang, coba pikirkan hal ini: beberapa vitamin penunjang masa pra-kehamilan dapat meningkatkan fertilitas atau kesuburan – sesuatu yang tentu saja Anda harapkan. Berikut ini beberapa cara untuk memilih vitamin terbaik untuk masa pra-kehamilan Anda:

1. Cek label suplemen

Carilah vitamin yang mempunyai sedikitnya 400 mcg asam folat (atau vitamin B9). Mengonsumsi nutrisi terpenting bagi kehamilan, baik itu sebelum maupun selama masa awal, secara signifikan dapat mengurangi kemungkinan bayi menderita neutral-tube defect atau cacat lahir akibat tidak sempurnanya pertumbuhan dan perkembangan sistem tabung saraf pada masa janin, contohnya spina bifida. Di sisi lain, kalsium juga merupakan nutrisi penting untuk perempuan baik yang sedang berusaha hamil maupun yang tidak; terlebih jika sedang mengalami proses pertumbuhan tulang di dalam tubuh, yaitu tulang si calon bayi. Apabila Anda tidak mendapatkan kalsium yang cukup dari susu, yogurt, atau makanan lain yang kaya akan kandungan kalsium (karena Anda butuh 1.000 mg per hari), pastikan vitamin Anda mampu menyediakannya. Zat besi juga termasuk mineral yang penting pada masa sebelum kelahiran, dan Anda perlu sekitar 30 – 40 mg. Jika Anda menderita anemia, konsultasikan dengan doker untuk mengetahui apakah Anda perlu dosis yang lebih tinggi. Jangan lupa untuk mengecek nutrisi lain yang penting seperti zinc/seng dan mangan (untuk kesuburan), yodium untuk perkembangan otak dan tiroid calon bayi, dan vitamin B6 untuk mengurangi morning sickness. Apabila Anda seorang vegetarian atau vegan selama masa kehamilan, pastikan Anda benar-benar rajin dan teliti ketika memilih suplemen dengan kandungan nutrisi yang tepat.

2. Pastikan suplemen Anda mudah larut

Beberapa suplemen pra-kelahiran tidak mudah larut dengan cepat setelah diminum. Artinya, nutrisi yang terkandung di dalam suplemen akan lewat begitu saja dalam tubuh tanpa diproses. Lakukan tes ini di rumah: letakkan suplemen Anda dalam cangkir yang berisi cuka (setengah saja) dan aduklah selama kurang lebih 5 menit. Dalam jangka waktu kurang dari 30 menit (atau 45 menit, jika suplemen Anda mengandung gelatin atau pembungkus yang lumayan keras), pil atau suplemen Anda harus larut atau, paling tidak, terpisah menjadi partikel yang lebih kecil.

3. Pastikan Anda mampu mencernanya

Jika Anda sulit menelannya, gantilah suplemen tersebut dengan suplemen lain yang mempunyai kapsul pembungkus lebih halus. Pil tanpa kalsium cenderung lebih kecil (karena kalsium memakan tempat lebih banyak) jika Anda tertarik untuk mencobanya, namun pastikan Anda mendapatkan mineral ini dengan cara lain. Suplemen pra-kehamilan yang dapat dikunyah juga menjadi pilihan Anda; hanya saja jangan berharap rasanya enak. Apabila Anda merasa kebanyakan gas atau sulit buang air besar (sembelit) usai mengkonsumsi suplemen tersebut, efek yang seperti demikian muncul karena kandungan zat besi dalam suplemen. Konsultasikan dengan dokter untuk alternatif lain.

4. Jangan mengonsumsinya secara berlebihan

Terlalu banyak konsumsi vitamin juga tidak bagus. Tetaplah berpatokan pada dosis yang dianjurkan dan jangan mengonsumsi suplemen ekstra lainnya tanpa sepengetahuan atau resep dokter. Konsultasikan dengan dokter jika Anda mengonsumsi suplemen herbal karena tidak semua suplemen herbal aman dikonsumsi saat Anda berusaha hamil.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

    Apakah artikel ini membantu Anda?
    happy unhappy"

    Yang juga perlu Anda baca

    Kebutuhan Vitamin untuk Balita Usia 2-5 Tahun

    Memilih vitamin untuk balita memang harus hati-hati. Kalau salah, bisa sebabkan alergi dan masalah lain. Berikut penjelasan seputar vitamin untuk balita.

    Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Riska Herliafifah
    Parenting, Nutrisi Anak 13/04/2020 . 8 menit baca

    8 Jenis Suplemen Penambah Energi yang Dapat Mendukung Stamina

    Terkadang, Anda memerlukan tambahan energi untuk mendukung stamina tubuh. Apa saja jenis suplemen penambah energi yang dapat dikonsumsi?

    Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
    Ditulis oleh: Ihda Fadila
    Hidup Sehat, Tips Sehat 04/04/2020 . 5 menit baca

    Apakah Vitamin Bisa Membantu Cegah Tertular COVID-19?

    Dengan semakin banyaknya kasus positif COVID-19, penjualan suplemen dan vitamin ikut meroket. Tapi apakah konsumsi vitamin bisa cegah tertular COVID-19?

    Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
    Ditulis oleh: Ulfa Rahayu
    Coronavirus, COVID-19 18/03/2020 . 6 menit baca

    Efek Kehamilan Palsu Terhadap Kondisi Ibu dan Cara Menghadapinya

    Kehamilan palsu tentu menimbulkan efek bagi kondisi fisik dan emosional ibu. Sebagai orang terdekat, inilah cara yang tepat untuk mendukungnya.

    Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
    Ditulis oleh: Diah Ayu
    Kehamilan & Kandungan, Kehamilan 08/02/2020 . 4 menit baca

    Direkomendasikan untuk Anda

    diare tanda hamil muda

    Diare Jadi Tanda Anda Sedang Hamil Muda, Benar atau Tidak?

    Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
    Ditulis oleh: Diah Ayu
    Dipublikasikan tanggal: 23/05/2020 . 5 menit baca
    suplemen penambah berat badan

    Selain Menambah Nafsu Makan, 3 Suplemen Ini Bisa Menaikkan Berat Badan

    Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
    Ditulis oleh: Nabila Azmi
    Dipublikasikan tanggal: 09/05/2020 . 3 menit baca
    mudah lapar tanda hamil

    Mudah Lapar Tanda Kehamilan, Benarkah?

    Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
    Ditulis oleh: Maria Amanda
    Dipublikasikan tanggal: 25/04/2020 . 4 menit baca
    vitamin pencernaan anak

    Vitamin Terbaik untuk Sistem Pencernaan Anak

    Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Aprinda Puji
    Dipublikasikan tanggal: 23/04/2020 . 6 menit baca