Hai Para Suami, Ini 15 Tanda Istri Anda Sedang Hamil

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 13 Juni 2020 . Waktu baca 6 menit
Bagikan sekarang

Entah Anda dan pasangan sedang merencanakan kehamilan atau tidak, kehamilan merupakan suatu kejutan yang indah bagi keluarga. Bagi para suami, Anda juga bisa melihat tanda-tandanya, bahkan mungkin sebelum istri Anda sendiri menyadari kalau dirinya sedang mengandung. Semakin cepat Anda menyadari tanda-tanda istri hamil, Anda sekeluarga bisa mempersiapkan kehamilan dengan lebih baik lagi. Selain itu, istri juga pasti jadi tambah senang karena Anda betul-betul perhatian padanya.

1. Kram perut

Ciri-ciri kehamilan yang satu ini memang agak sulit disadari. Pasalnya, setiap bulan istri Anda mungkin mengalami kram perut yang serupa akibat menstruasi. Kram perut kehamilan dan menstruasi memang mirip, tapi yang harus Anda perhatikan adalah kapan kram perut ini dirasakan. Jika istri Anda biasanya menstruasi pada akhir bulan sementara pada pertengahan bulan dia sudah mengeluhkan kram perut, Anda perlu bersiap-siap. Perhatikan juga bila istri Anda tak kunjung haid padahal sudah lewat dari tanggal biasanya. Sebaiknya Anda pastikan di rumah sudah ada persediaan alat tes kehamilan.

2. Payudara jadi lebih besar

Jaringan-jaringan dalam payudara sangat dipengaruhi oleh hormon yang berubah ketika istri Anda hamil. Payudara akan jadi membengkak dan terasa berat. Maka jika Anda melihat perubahan pada payudara istri Anda, bisa jadi istri Anda sedang mengandung.

3. Payudara yang sangat peka

Selain membesar, payudara istri Anda juga akan terasa lebih peka. Payudaranya mungkin terasa tidak nyaman atau nyeri. Beberapa wanita mengeluhkan rasa nyeri pada bagian puting, tetapi ada juga yang merasa nyeri di seluruh area payudara. Anda juga mungkin menyadari bahwa pada payudara istri Anda mulai nampak garis-garis pembuluh darah berwarna kebiruan.

4. Muncul masalah kulit

Wanita hamil akan menunjukkan beberapa perubahan pada kulitnya. Masalah kulit yang mungkin terjadi adalah muncul jerawat atau ruam yang disebabkan oleh hormon yang tidak seimbang, bibir yang kering dan pecah-pecah, serta kulit terasa gatal. Ketika hamil, kulit istri Anda akan jadi lebih sensitif. Jadi kalau istri Anda mulai mengalami berbagai masalah kulit tanpa alasan yang jelas, jangan buru-buru pergi ke dokter kulit. Mungkin saja yang Anda dan istri butuhkan adalah dokter kandungan.  

5. Mudah lelah

Perhatikan jika istri Anda jadi gampang merasa lelah. Misalnya ketika naik tangga, berjalan-jalan di pusat perbelanjaan, atau beres-beres rumah. Selain itu, sering tidur siang dan selalu ingin tidur cepat di malam hari juga merupakan tanda istri hamil.

6. Sering buang air kecil

Apabila istri Anda tiba-tiba jadi lebih sering pergi ke toilet, setiap satu jam misalnya, bisa jadi istri Anda hamil. Saat wanita mengandung, produksi hormon hcG (Human Chorionic Gonadotropin) dalam tubuh akan memicu peredaran darah ke sekitar panggul dan ginjal. Akibatnya, istri Anda jadi sering merasakan desakan untuk buang air kecil.

7. Peka terhadap bau

Wanita yang sedang hamil akan jadi sangat peka terhadap bau di sekitarnya. Entah itu aroma yang sedap atau tidak, istri Anda bisa langsung merasa tidak nyaman. Bahkan bau yang tadinya disukai istri Anda seperti pewangi mobil bisa membuatnya mual.

8. Pola makan berubah

Salah satu tanda istri hamil adalah perubahan pola makan. Biasanya ibu hamil akan jadi lebih sering mencari camilan. Makanan yang sebelumnya disukai juga bisa tiba-tiba jadi tidak enak di lidahnya. Anda juga perlu bersiap-siap jika istri Anda mulai mengurangi porsi makannya karena perutnya terasa begah.

9. Mual

Banyak ibu hamil yang akan mual dan muntah-muntah, terutama di pagi hari. Namun, tak semua wanita akan mengalami hal ini pada saat hamil. Beberapa juga baru akan merasakan mual di tengah-tengah atau akhir kehamilan. Kebanyakan suami hanya menyadari mual dan muntah-muntah sebagai tanda kehamilan, tapi bukan berarti kalau istri tidak merasa mual maka dia tidak sedang hamil.

10. Sakit kepala

Akibat perubahan hormon dan bertambahnya volume darah yang mengalir dalam tubuh, istri Anda akan merasa pusing dan sakit kepala. Hati-hati, jika sakit kepala yang dirasakan memang karena kehamilan, Anda dan istri harus memerhatikan obat sakit kepala apa yang dikonsumsi karena beberapa obat berisiko memberikan efek samping pada ibu hamil. Inilah mengapa sebagai suami Anda juga perlu betul-betul menyadari berbagai tanda istri hamil.

11. Suasana hati berubah-ubah

Bagi para suami, jangan langsung frustrasi ketika istri Anda mulai mengalami perubahan suasana hati yang cukup drastis. Justru hal ini bisa menjadi kabar baik yang sudah dinanti-nantikan sejak lama. Wanita hamil memang akan menjadi lebih sensitif secara emosional karena perubahan hormon dalam tubuh.

12. Gangguan pernapasan

Beberapa wanita mengeluhkan napas yang jadi pendek-pendek ketika hamil. Mereka jadi tampak terengah-engah seolah kehabisan napas. Janin yang tumbuh dalam rahim istri Anda juga membutuhkan oksigen, maka istri Anda harus berbagi. Di samping itu, selama janin terus berkembang, paru-paru dan diafragma juga akan terasa sedikit tertekan sehingga istri Anda berisiko mengalami kesulitan bernapas.

13. Sembelit dan kembung

Istri Anda sering mengelus perutnya karena terasa tidak nyaman? Bisa jadi dia mengalami sembelit dan kembung karena kehamilan. Ini karena produksi hormon progresteron pada ibu hamil yang meningkat hingga 10 kali lipat. Sistem pencernaan pun akan jadi terganggu.

14. Suhu tubuh meningkat

Untuk para pasangan yang sedang mengusahakan kehamilan, mungkin setiap masa ovulasi istri Anda sering mengukur suhu tubuh. Jika suhu tubuh meningkat dan istri Anda jadi lebih hangat dari biasanya, Anda dan istri mungkin telah berhasil melakukan pembuahan.

15. Nyeri pinggang

Jika istri Anda tiba-tiba mengeluhkan nyeri pinggang padahal tidak melakukan aktivitas berat tertentu, mungkin istri Anda sedang hamil. Nyeri pinggang terjadi karena ligamen mulai mengendur dan istri Anda mulai jadi sering menggunakan punggung sebagai pusat tumpuan berat badan.

Kalkulator Masa Subur

Ingin Cepat Hamil? Cari tahu waktu terbaik untuk bercinta dengan suami lewat kalkulator berikut.

Kapan Ya?
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Minum Paracetamol Saat Hamil, Apakah Aman?

Terkadang ibu hamil mungkin merasa demam dan nyeri. Hal ini membuat ibu hamil memerlukan paracetamol. Namun, apakah aman minum paracetamol saat hamil?

Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Kehamilan & Kandungan, Kehamilan, Hidup Sehat, Tips Sehat 18 November 2020 . Waktu baca 3 menit

Apakah Pemanis Buatan Aman untuk Ibu Hamil?

Pemanis buatan saat hamil mungkin diperlukan oleh ibu yang memiliki diabetes gestasional atau yang kelebihan berat badan. Tapi, apakah memang lebih aman?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Kehamilan & Kandungan, Kehamilan 18 November 2020 . Waktu baca 3 menit

Seberapa Besar Kemungkinan Bayi Prematur Bertahan Hidup?

Kebanyakan bayi prematur lahir pada usia kehamilan 34-36 minggu. Lalu, bagaimana kemungkinan bayi prematur bertahan hidup jika usianya masih 24 minggu?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Yuliati Iswandiari
Melahirkan, Perkembangan Janin, Kehamilan, Hidup Sehat, Fakta Unik 17 November 2020 . Waktu baca 3 menit

Mengenal Sistem Rhesus dalam Golongan Darah Anda

Jika ibu memiliki rhesus negatif sedangkan janinnya memiliki rhesus positif, ada berbagai komplikasi yang bisa terjadi, termasuk kematian bayi.

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Fajarina Nurin
Penyakit Kelainan Darah, Golongan Darah 17 November 2020 . Waktu baca 5 menit

Direkomendasikan untuk Anda

waktu bermain video game

Berapa Lama Waktu Bermain Video Game yang Pas untuk Anak?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 26 November 2020 . Waktu baca 4 menit
nutrisi trimester ketiga

Nutrisi yang Harus Dipenuhi Ibu Hamil di Trimester Ketiga

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Dipublikasikan tanggal: 26 November 2020 . Waktu baca 4 menit

Apa Akibatnya Jika Ibu Mengandung Bayi Besar?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Dipublikasikan tanggal: 25 November 2020 . Waktu baca 5 menit
berapa kali hamil

Berapa Kali Hamil dan Melahirkan yang Aman Bagi Kesehatan?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 25 November 2020 . Waktu baca 4 menit