Yang Boleh dan Tidak Boleh Dilakukan Selama Bed Rest Saat Hamil

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 26 Agustus 2017 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Beberapa calon ibu membutuhkan bed rest saat hamil, terutama mereka yang punya tekanan darah tinggi saat hamil. Hal ini bisa membuat kondisi Anda dan janin saat hamil menjadi lebih baik. Lalu, bagaimana sebaiknya menjalankan bed rest saat hamil?

Apa yang boleh dilakukan selama bed rest saat hamil?

Bed rest bisa dilakukan dalam cara yang berbeda-beda antar ibu hamil sesuai anjuran dokter. Ada yang harus bed rest di rumah sakit dalam waktu singkat, namun ada juga yang boleh dilakukan di rumah. Intinya selama bed rest Anda harus mengurangi aktivitas yang biasanya dilakukan dalam jangka waktu tertentu.

Namun, bed rest bukan berarti Anda hanya rebahan di atas tempat tidur tanpa melakukan apapun. Justru jika Anda hanya diam saja di tempat tidur seharian, ini mungkin akan membawa dampak buruk bagi Anda, seperti stres, otot kaku, sirkulasi darah tidak lancar, dan lainnya. Untuk itu, sebaiknya Anda tetap melakukan kegiatan saat bed rest.

Tapi tentu tak sembarangan aktivitas yang bisa dilakukan. Kegiatan yang boleh Anda lakukan harus disesuaikan dengan kondisi Anda dan alasan Anda mengapa harus bed rest. Namun pada umumnya, kegiatan yang masih boleh Anda lakukan saat bed rest adalah jalan-jalan sore/dalam rumah, mandi, menyapu, dan melakukan aktivitas ringan lainnya.

Apakah masih boleh olahraga saat bed rest?

Saat Anda mengurangi aktivitas Anda dan hanya berada di atas tempat tidur, tentu kerja otot Anda menjadi menurun. Hal ini membuat massa otot bisa berkurang, serta otot dan sendi terasa kaku karena jarang digunakan. Selain itu, berbaring dalam waktu lama juga dapat membuat sirkulasi darah Anda tidak lancar dan meningkatkan risiko penggumpalan darah.

Untuk itu, walaupun Anda hanya berbaring di atas tempat tidur, Anda disarankan untuk tetap bergerak atau sedikit melakukan olahraga ringan. Mengubah posisi dari satu sisi ke sisi lainnya saat tidur mungkin membantu untuk merangsang otot dan mengurangi tekanan, jika Anda hanya diperbolehkan di atas tempat tidur. Berbaring miring juga dapat memaksimalkan aliran darah ke rahim.

Meremas bola, menggoyang-goyangkan tangan dan kaki ke atas dan ke bawah, memutar lengan adalah beberapa gerakan lain yang mungkin Anda bisa lakukan saat hanya berada di tempat tidur. Anda juga bisa melakukan olahraga ringan lainnya jika diperbolehkan turun dari tempat tidur, seperti memutar-mutar kaki Anda, mengencangkan otot lengan dan kaki Anda, berjalan, dan lainnya. Namun, hindari melakukan olahraga yang menggunakan otot perut.

Apa yang tidak boleh dilakukan selama bed rest saat hamil?

Melakukan aktivitas berat adalah hal utama yang harus Anda hindari saat sedang bed rest. Mengangkat benda berat, menggendong anak, menyelesaikan tugas kantor sampai larut malam, dan melakukan aktivitas rumah yang berat mungkin harus Anda hindari dalam beberapa waktu.

Beberapa ibu hamil yang mengalami plasenta previa juga harus menghindari aktivitas yang memberi tekanan pada panggul. Aktivitas tersebut, seperti berhubungan seksual, menggunakan tampon, jongkok berkali-kali, jalan cepat, atau melakukan gerakan olahraga yang melibatkan bagian bawah tubuh.

Sebaiknya juga hindari stres saat bed rest. Tidak melakukan aktivitas apapun saat bed rest mungkin akan membuat Anda bosan dan sedikit stres. Untuk mencegah hal ini, lakukanlah kegiatan yang Anda suka dan tetap lakukan kegiatan ringan yang biasa Anda lakukan. Misalnya, mandi di pagi hari, menonton TV, membaca, dan lainnya.

Kalkulator Hari Perkiraan Lahir

Kalkulator ini dapat memperkirakan kapan hari persalinan Anda.

Cek HPL di Sini
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Imunisasi Tetanus (TT) pada Ibu Hamil, Aman atau Tidak?

Idealnya, suntik tetanus (TT) dilakukan saat wanita belum hamil. Kalau terlambat, apakah boleh melakukan imunisasi TT pada ibu hamil? Ini jawabannya!

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Masalah Kehamilan, Kehamilan & Kandungan, Kehamilan 25 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit

Kenali Linea Nigra, Garis Hitam “Khas” di Perut Ibu Hamil

Seiring membesarnya ukuran perut saat hamil, garis linea nigra juga akan semakin terlihat. Kenapa garis ini bisa muncul dan apakah dimiliki semua ibu hamil?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Trimester 2, Kehamilan & Kandungan, Kehamilan 19 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit

Eklampsia, Komplikasi Penyakit Preeklampsia yang Tidak Ditangani

Eklampsia adalah komplikasi dari preeklampsia. Cari tahu gejala, penyebab, diagnosis, pengobatan, serta cara mencegah eklampsia di Hello Sehat.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Masalah Kehamilan, Kehamilan & Kandungan, Kehamilan 2 Januari 2021 . Waktu baca 11 menit

6 Bahaya pada Tubuh Jika Mengonsumsi Garam Terlalu Banyak

Ada beberapa bahaya tingginya asupan garam pada tubuh. Bukan hanya memicu darah tinggi, tapi juga memicu kanker dan kerusakan ginjal. Simak selengkapnya.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
Fakta Gizi, Nutrisi 24 Desember 2020 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

tekanan darah naik turun

Penyebab Tekanan Darah Naik Turun: Ketahui yang Normal dan yang Mengkhawatirkan

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Dipublikasikan tanggal: 17 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit
pekerjaan rumah tangga saat hamil

Pekerjaan Rumah Tangga Ini Dilarang Bagi Ibu Hamil

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 3 Februari 2021 . Waktu baca 3 menit
obat batuk untuk ibu hamil

Apa Saja Obat Batuk untuk Ibu Hamil yang Aman Sekaligus Manjur?

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Fidhia Kemala
Dipublikasikan tanggal: 2 Februari 2021 . Waktu baca 8 menit
syarat bed rest saat hamil

Kapan Ibu Hamil Harus Bed Rest? Apa Saja Syarat dan Manfaatnya?

Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
Dipublikasikan tanggal: 28 Januari 2021 . Waktu baca 9 menit