Hati-hati, Pijat Refleksi Saat Hamil Bisa Berbahaya

Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 24 November 2020 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Pijat refleksi dipercaya banyak orang dapat membuat tubuh lebih sehat, menurunkan tingkat stres, serta memperlancar aliran darah. Pijat refleksi mengandalkan titik-titik di bagian telapak tangan dan kaki yang dianggap berhubungan dengan semua organ tubuh. Tujuan menekan titik-titik tersebut adalah memaksimalkan kerja organ tubuh sehingga tubuh menjadi lebih sehat. Namun apa yang terjadi jika ibu hamil yang melakukannya? Apakah masih bermanfaat seperti pada wanita normal lainnya? Atau apakah pijat refleksi saat hamil malah menimbulkan dampak buruk?

Apakah aman melakukan pijat refleksi saat hamil?

Mungkin ini telah menjadi pertanyaan besar bagi Anda yang sedang hamil saat ini. Anda menganggap dengan pijat refleksi maka tubuh akan lebih rileks, stres berkurang, dan lebih sehat. Sampai saat ini memang penelitian ilmiah yang meneliti dampak refleksi pada ibu hamil masih sangat terbatas. Walaupun begitu, beberapa ahli menyatakan bahwa refleksi saat hamil dapat menimbulkan kontraksi.

Teori dasar dari refleksi adalah menekan titik-titik di telapak tangan dan kaki yang berhubungan langsung dengan organ, kelenjar, serta berbagai bagian penting dari tubuh. Tekanan pada titik tersebut dapat merangsang dan menstimulasi semua bagian tubuh, seperti meningkatkan produksi hormon pada kelenjar, memperlancar sirkulasi darah, membuat organ bekerja lebih baik, dan membuat mood menjadi lebih stabil.

Tetapi, menurut para ahli medis China, refleksi dapat menimbulkan kontraksi pada hamil, sehingga refleksi tidak boleh dilakukan bagi ibu hamil yang masih berusia di bawah 38 minggu. Karena jika melakukan refleksi saat usia kurang dari 38 minggu, ia berisiko untuk mengalami kelahiran prematur dan keguguran.

Selain itu, jika melakukan refleksi saat hamil tidak dengan orang yang profesional, maka bisa saja terjadi ‘salah tekan’ dan malah mengakibatkan dampak buruk bagi kesehatan. Sehingga, sebaiknya tidak melakukan refleksi saat hamil muda karena akan berisiko keguguran.

Titik-titik mana saja yang dapat merangsang kontraksi jika melakukan refleksi saat hamil?

Walaupun begitu, refleksi tetap bisa dilakukan saat hamil namun ketika ibu hamil mengalami kesulitan kontraksi. Refleksi dianggap dapat mempercepat kontraksi dan memperlancar persalinan. Titik-titik yang menjadi kunci dari terapi ini adalah:

Tumit kaki, ketika menekan titik ini maka akan timbul rasa sakit. Sebaiknya tetap terus menekan titik ini hingga rasa nyeri tersebut berkurang.

Area sekitar jari kaki. Menekan bagian kaki antara jempol dengan telunjuk dapat membantu ibu hamil untuk berkontraksi dengan lebih cepat. Fokus pada bagian tersebut dan tekan dengan lembut. Bahkan menekan area ini setelah proses persalinan terjadi dipercaya dapat meringankan rasa sakit yang dialami oleh ibu.

Jempol kaki, bagian ini adalah bagian yang paling penting dalam menimbulkan kontraksi persalinan. Sebenarnya jempol kaki terhubung langsung dengan kelenjar pituitari yang berfungsi untuk mengeluarkan hormon oksitosin. Hormon oksitosin merupakan hormon yang muncul secara alam ketika bayi sudah siap untuk dilahirkan. Saat hormon ini dihasilkan maka secara otomatis tubuh akan membuat rahim berkontraksi.

Kalkulator Hari Perkiraan Lahir

Kalkulator ini dapat memperkirakan kapan hari persalinan Anda.

Cek HPL di Sini
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Kenapa Gerakan Janin Berkurang Menjelang Persalinan?

Memasuki minggu ke-16, janin akan semakin aktif bergerak. Namun, menjelang persalinan, gerakan bayi akan berkurang. Apa sebabnya, ya?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Trimester 3, Kehamilan & Kandungan, Kehamilan 1 Maret 2021 . Waktu baca 4 menit

Pengalaman 4 Kali Gagal Program Bayi Tabung, Kini Kami Dianugerahi 4 Bayi Kembar

Program kehamilan normal tak bisa kami jalani sebagaimana pasangan lainnya. Kami terpaksa mengikuti program bayi tabung.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Ulfa Rahayu
Menanti Momongan 1 Maret 2021 . Waktu baca 8 menit

Mengenal Jenis-Jenis Pijat dan Manfaatnya untuk Kesehatan

Badan pegal bisa jadi lebih segar setelah dipijat. Ada beragam jenis pijat yang memberikan manfaat yang berbeda-beda. Anda lebih suka yang mana?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
Pengobatan Alternatif, Pengobatan Herbal dan Alternatif 24 Februari 2021 . Waktu baca 5 menit

Memahami Fungsi Hormon FSH dan LH pada Sistem Reproduksi

Fungsi hormon FSH dan LH berperan penting pada sistem reproduksi pria dan wanita. Ketahui apa saja fungsi kedua hormon tersebut lebih lanjut.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Kesuburan, Kehamilan 23 Februari 2021 . Waktu baca 7 menit

Direkomendasikan untuk Anda

demam tanda hamil

Apakah Demam Dapat Berarti Salah Satu Tanda Kehamilan?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: dr. Jessica Yulianti
Dipublikasikan tanggal: 4 Maret 2021 . Waktu baca 6 menit
cara membaca hasil usg

Agar Lebih Akurat, Begini Cara Membaca Hasil USG Kehamilan

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Dipublikasikan tanggal: 3 Maret 2021 . Waktu baca 9 menit
minyak kelapa untuk bayi

Manfaat Minyak Kelapa untuk Bayi, Mulai dari Mengatasi Eksim Sampai Melebatkan Rambut

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 2 Maret 2021 . Waktu baca 5 menit
perkembangan jantung janin

Mengenal 4 Tahap Perkembangan Jantung Janin di Tiap Trimester

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 2 Maret 2021 . Waktu baca 7 menit