Anda sedang hamil? Ayo ikut komunitas Ibu Hamil kami sekarang!

home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Awas! Ini Bahayanya Jika Ibu Kekurangan Yodium Saat Hamil

Awas! Ini Bahayanya Jika Ibu Kekurangan Yodium Saat Hamil

Ibu hamil memerlukan berbagai nutrisi untuk menjaga kesehatan ibu dan bayi dalam kandungan. Kekurangan salah satu zat gizi dapat berdampak pada ibu dan bayi. Kekurangan yodium saat hamil merupakan salah satu kondisi yang sering terjadi. Namun, sebenarnya apa yang membuat yodium penting untuk ibu hamil? Kemudian, berapa banyak yodium yang harus dipenuhi ketika sedang hamil?

Efeknya pada bayi jika ibu kekurangan yodium saat hamil

Yodium adalah zat mineral yang sangat berperan dalam memproduksi hormon tiroid. Sementara, hormon tiroid merupakan hormon yang memegang peran penting dalam perkembangan otak dan organ tubuh, pertumbuhan anak, pencernaan dan metabolisme makanan, mengatur suhu tubuh, dan mengendalikan kontraksi otot.

Ketika masa kehamilan tiba, yodium bertanggung jawab atas perkembangan otak dan saraf serta pertumbuhan janin. Dengan jumlah yodium yang cukup, sel saraf bayi dapat tumbuh dan berkembang dengan baik.

Sebaliknya, kekurangan yodium saat hamil akan membuat janin tidak tumbuh dan berkembang dengan sempurna, sehingga menyebabkan bayi lahir cacat dan berat badan lahir rendah. Selain itu, kekurangan yodium saat hamil juga dapat menyebabkan ibu mengalami keguguran atau bayi lahir mati.

Berapa banyak yodium yang dibutuhkan oleh ibu hamil?

Menurut Kementerian Kesehatan Indonesia, kebutuhan yodium pada wanita normal adalah 150 mcg per hari. namun ketika wanita tersebut memasuki masa kehamilan, maka kebutuhannya naik 70 mcg, menjadi 220 mcg per hari. Peningkatan kebutuhan ini dilakukan untuk mencegah ibu mengalami kekurangan yodium saat hamil.

Saat masa kehamilan tiba, yodium tidak hanya diperlukan untuk memenuhi kebutuhan sang ibu saja, namun yodium juga bertanggung jawab untuk perkembangan otak, sistem saraf, serta pembentukan hormon tiroid janin.

Bahkan pentingnya yodium bagi ibu hamil sudah dibuktikan dalam sebuah penelitian yang dimuat dalam jurnal The Lancet tahun 2013. Penelitian ini menyatakan bahwa ibu hamil yang diberikan asupan yodium yang baik akan memiliki anak dengan kemampuan membaca dan berbicara lebih baik ketimbang ibu hamil yang mengalami kekurangan yodium.

Makanan apa yang tinggi yodium?

Memang yodium telah ditambahkan ke dalam garam dapur agar masyarakat Indonesia tidak mengalami kekurangan yodium. Namun, bukan berarti Anda menjadi meningkatkan penggunaan garam pada masakan Anda. Hal itu hanya akan menimbulkan dampak buruk bagi Anda dan sang bayi yang ada di dalam kandungan.

Anda dapat menemukan yodium di beberapa sumber makanan seperti:

  • Makanan laut: ikan salmon, berbagai macam kerang.
  • Produk susu: susu sapi, yogurt, keju.
  • Sumber makanan lainnya: telur ayam, daging sapi, daging ayam, berbagai kacang-kacangan.

Apakah saya perlu minum suplemen yodium saat hamil?

Apabila pemilihan makanan Anda sudah baik dan makanan yang mengandung yodium telah ada di dalam menu makan Anda setiap hari, maka Anda sebenarnya tidak memerlukan suplemen tersebut. Anda dapat mengonsumsi suplemen yodium atau suplemen kehamilan yang mengandung yodium, jika kurang konsumsi yodium pada makanan. Namun, suplemen yodium saat hamil sebaiknya dikonsumsi dengan berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter Anda.

Punya cerita soal kehamilan?

Ayo gabung dengan komunitas Ibu Hamil Hello Sehat dan temukan berbagai cerita menarik seputar kehamilan.


health-tool-icon

Kalkulator Hari Perkiraan Lahir-Hello Sehat

Gunakan kalkulator ini untuk menghitung hari perkiraan lahir (HPL) Anda. Ini hanyalah prediksi, bukan sebuah jaminan pasti. Pada umumnya, hari melahirkan sebenarnya akan maju atau mundur seminggu dari HPL.

Durasi siklus haid

28 days

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

MB, Z. (2017). The effects of iodine deficiency in pregnancy and infancy. – PubMed – NCBI . [online] Ncbi.nlm.nih.gov. Available at: https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/22742605  [Accessed 10 Apr. 2017].

The British Dietetics Association. (2016). Iodine: Food Fact Sheet. [online] Available at: https://www.bda.uk.com/foodfacts/Iodine.pdf [Accessed 10 Apr. 2017].

WebMD. (2017). Iodine Deficiency Common in Pregnancy, Pediatricians Warn. [online] WebMD. Available at: http://www.webmd.com/baby/news/20140526/iodine-deficiency-common-in-pregnancy-pediatricians-warn#1  [Accessed 10 Apr. 2017].

Who.int. (2017). WHO | Micronutrient deficiencies. [online] Available at: http://www.who.int/nutrition/topics/idd/en/  [Accessed 10 Apr. 2017].

World Health Organization. (2017). Iodine supplementation in pregnant and lactating women. [online] Available at: http://www.who.int/elena/titles/iodine_pregnancy/en/  [Accessed 10 Apr. 2017].

 

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Nimas Mita Etika M Diperbarui seminggu yang lalu
Fakta medis diperiksa oleh Hello Sehat Medical Review Team
x