Anda sedang hamil? Ayo ikut komunitas Ibu Hamil kami sekarang!

home

Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

Hamil Dengan Thalassemia, Apa Saja Risikonya Bagi Ibu dan Janin?

Hamil Dengan Thalassemia, Apa Saja Risikonya Bagi Ibu dan Janin?

Penyakit thalassemia adalah penyakit kelainan pada darah turunan yang membuat seseorang tidak mampu menghasilkan protein dalam darah (hemoglobin). Hal ini membuat orang dengan thalassemia berisiko alami kekurangan darah hingga anemia. Lantas, bagaimana jika wanita dengan thalassemia hamil? Apakah thalassemia pada kehamilan akan memengaruhi kondisi ibu dan janin? Apakah bisa ibu yang hamil dengan thalassemia melahirkan secara normal? Apa saja yang harus diperhatikan? Simak ulasannya berikut ini.

Apakah hamil dengan thalassemia berdampak buruk bagi janin dan ibu?

Biasanya, orang dengan thalassemia membutuhkan transfusi darah secara rutin. Hal ini disebabkan karena penyakit ini membuat pasien tidak dapat menghasilkan hemoglobin yang membawa oksigen serta makanan di dalam darah. Kondisi ini bisa menjadi masalah besar bagi kesehatan ibu dan janin. Berikut adalah kondisi yang dapat dialami wanita dengan thalassemia yang perlu diperhatikan sebelum dan selama kehamilan:

Sementara itu, kesehatan janin juga bisa terganggu. Risiko yang dihadapi bayi ketika ibunya hamil dengan thalassemia adalah:

  • Gangguan pertumbuhan
  • Berat badan lahir rendah
  • Lahir cacat
  • Spina bifida

Meskipun begitu, belum tentu ibu dengan thalassemia akan mengalami hal-hal tersebut. Maka itu, thalassemia pada kehamilan harus selalu dipantau.

Pengobatan apa yang dilakukan jika hamil dengan thalassemia?

Tidak ada perbedaan pengobatan pada ibu yang thalassemia dan sedang hamil dengan wanita thalassemia yang tak hamil. Pengobatannya tergantung pada jenis thalassemia yang diderita, bisa saja Anda mendapatkan obat minum biasa hingga harus melakukan transfusi darah secara rutin.

Transfusi darah secara rutin perlu Anda lakukan jika Anda memiliki thalassemia alfa, karena jenis thalassemia ini akan membuat Anda mengalami anemia kronis. Sementara itu, bila Anda mengalami thalassemia beta, maka pengobatan yang diberikan akan lebih bervariasi.

obat batuk untuk ibu hamil

Ibu yang hamil dengan thalassemia juga harus mengonsumsi lebih banyak suplemen asam folat guna mencegah risiko spina bifida pada bayi ketika ia lahir. Asam folat yang dibutuhkan bagi ibu dengan thalassemia adalah sekitar 5 mg per hari. Bahkan, suplemen ini sudah dianjurkan ketika Anda sudah mulai merencanakan untuk hamil. Untuk tahu kapan pastinya Anda dapat mengonsumsi suplemen ini, diskusikan dengan dokter.

Selain itu, pemeriksaan kehamilan juga harus dilakukan secara rutin dan lebih sering. Dokter menganjurkan untuk melakukan USG lebih awal, yaitu ketika 7-9 usia kehamilan. Saat kehamilan memasuki usia 18 minggu, maka Anda dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan biometri janin setiap 4 minggu sekali hingga usia kehamilan mencapai 24 minggu.

Apakah thalassemia pada kehamilan akan berdampak pada proses melahirkan nantinya?

Anda masih bisa melahirkan normal (melalui vagina). Jika memang kondisi Anda dan janin baik-baik saja, maka tak perlu ada operasi caesar. Thalassemia pada kehamilan bukanlah tanda bahwa Anda pasti harus operasi caesar nantinya.

Tidak ada prosedur khusus yang dilakukan ketika proses persalinan dilakukan. Hal ini akan disesuaikan dengan kondisi Anda dan janin. Namun, ibu dengan thalassemia berisiko mengalami gangguan fungsi jantung dan memiliki jumlah hemoglobin yang sangat rendah selama proses persalinan berlangsung.

Namun, jangan takut, dokter tentunya akan berusaha untuk meminimalkan risiko yang terjadi selama persalinan. Bila Anda ada ketakutan tersendiri, diskusikan pada dokter sebelum hari persalinan datang.

Apakah anak yang lahir nanti sudah pasti mengalami thalassemia juga?

Mengingat bahwa thalassemia adalah penyakit genetik atau keturunan, maka ada kemungkinan si kecil akan mengalami kelainan darah ini juga. Namun, hal ini tergantung dengan jenis gen yang ia bawa. Bisa saja si kecil hanya sebatas “pembawa” gen thalassemia, yaitu ada gen thalassemia di dalam tubuhnya tapi tidak aktif, sehingga si kecil hanya menjadi pembawa gen saja.

Sementara itu, tak menutup kemungkinan ia akan mewarisi penyakit thalassemia langsung – bukan sekadar membawa gen – bila hal ini terjadi, maka sebaiknya segera periksakan si kecil pada dokter anak.

health-tool-icon

Penambahan Berat Badan Kehamilan

Perhitungan ini dapat digunakan untuk perempuan yang ingin melihat kisaran kenaikan berat badan yang sehat selama kehamilan berdasarkan berat badan mereka sebelum hamil.

28
Punya cerita soal kehamilan?

Ayo gabung dengan komunitas Ibu Hamil Hello Sehat dan temukan berbagai cerita menarik seputar kehamilan.


Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Leung, T., & Lao, T. (2012). Thalassaemia in pregnancy. Best Practice & Research Clinical Obstetrics & Gynaecology, 26(1), 37-51. http://dx.doi.org/10.1016/j.bpobgyn.2011.10.009

Baby Centre (2018). Thalassaemia in pregnancy. [online] BabyCentre UK. Available at: https://www.babycentre.co.uk/a1026605/thalassaemia-in-pregnancy  [Accessed 22 Jan. 2018].

Royal College of Obstetricians & Gynaecologist. (2014). Management of Beta Thalassemia in Pregnancy. [online] Available at: https://www.rcog.org.uk/globalassets/documents/guidelines/gtg_66_thalassaemia.pdf  [Accessed 22 Jan. 2018].

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5019437/

https://www.rcog.org.uk/globalassets/documents/guidelines/gtg_66_thalassaemia.pdf

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Nimas Mita Etika M Diperbarui 16/08/2021
Ditinjau secara medis oleh dr. Tania Savitri