4 Manfaat Mandi Air Garam Epsom Saat Hamil (Plus Cara Aman Menggunakannya)

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum

Merasa pegal-pegal, sakit punggung, dan mudah lelah rasanya sudah menjadi teman setia bagi para ibu hamil. Sebagian wanita hamil mungkin akan mengambil langkah cepat dengan mandi air hangat untuk membantu meredakan gejalanya. Katanya, kalau Anda menambahkan garam Epsom ke dalam air hangat, rasa nyeri dan pegal saat hamil bisa semakin cepat reda, lho. Namun, apakah mandi air garam ini aman untuk ibu hamil? Yuk, cari tahu lewat ulasan berikut ini.

Apa itu garam Epsom?

diet tanpa garam

Sama seperti namanya, garam Epsom ditemukan pertama kali di sebuah kota di Inggris yang bernama Epsom. Karena itu pula, banyak orang yang menyebut garam Epsom dengan sebutan garam Inggris.

Walaupun bentuk dan warnanya putih mirip seperti jenis garam pada umumnya, garam Epsom sebetulnya bukan termasuk garam. Ini karena garam Epsom tidak mengandung natrium klorida. Garam Epsom terbuat dari campuran magnesium dan sulfat, dua mineral alami yang dikristalisasi dan berbentuk seperti garam.

Apakah mandi air garam Epsom saat hamil itu aman?

berendam air panas

Katanya, mandi air garam Epsom dapat membantu meringankan berbagai masalah kehamilan, seperti sakit punggung, pegal-pegal, sakit kaki, hingga susah tidur. Walaupun manfaatnya cukup menarik, tapi beberapa ibu hamil masih merasa takutert bahwa kandungan garamnya dapat membahayakan janinnya. Benarkah demikian?

Kabar baiknya, mandi air garam Epsom itu aman untuk kesehatan Anda dan janin dalam kandungan, lho. Bahkan, garam epsom dipercaya sebagai obat alami untuk meredakan nyeri dan masalah kehamilan lainnya, seperti dikutip dari Healthline.

Namun, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan dulu sebelum mulai mencoba berendam air garam ini. Gunakan suhu air yang hangat dan tidak terlalu panas, setidaknya mendekati suhu tubuh (38 sampai 39 derajat Celcius), supaya tubuh Anda tetap merasa nyaman dan tidak kepanasan.

Bagi Anda yang mengalami kehamilan berisiko tinggi, sebaiknya Anda tidak dianjurkan untuk mandi air garam Epsom maupun jenis garam lainnya. Maka itu, pastikan Anda sudah mengantongi izin dokter kandungan sebelum mencoba mandi air garam Epsom saat hamil, ya.

Berbagai manfaat mandi air garam Epsom saat hamil

1. Meredakan nyeri otot dan pegal

Mandi garam Epsom dapat membantu meringankan nyeri otot, nyeri punggung, dan pegal-pegal yang umum terjadi saat hamil. Selain itu, jenis garam ini juga sering direkomendasikan untuk mengobati kram kaki, masalah umum yang membuat ibu hamil jadi sulit bergerak atau berjalan.

Tak hanya mengandalkan garam Epsom, yuk ikuti kiat-kiat mengatasi kaki kram saat hamil di Hello Sehat.

2. Menenangkan kulit yang tegang

Banyak wanita hamil yang merasa puas setelah mandi air garam Epsom. Pasalnya, garam ini dapat membantu menenangkan kulit yang tegang. Adanya luka dan bekas sengatan matahari pada kulit Anda juga bisa teratasi dengan kandungan garam Epsom yang menakjubkan.

3. Meredakan stres

Ibu hamil tidak boleh stres dengan alasan apa pun karena dapat memengaruhi kesehatan bayi dalam kandungan. Supaya tidak cepat stres, cobalah untuk berendam dalam larutan garam Epsom. Kandungan magnesiumnya diyakini sebagai obat stres alami yang bisa membantu menenangkan pikiran yang penat saat hamil.

4. Mengurangi pembengkakan (edema)

Marybetts Sinclair, seorang penulis Modern Hydrotherapy for Therapist Massage, mengungkapkan bahwa mandi garam Epsom sangat bermanfaat untuk mengatasi edema. Menurut American Pregnancy Association, edema itu sendiri adalah pembengkakan pada kaki, pergelangan kaki, tangan, dan pergelangan tangan akibat peningkatan cairan tubuh saat hamil.

Bagaimana cara mandi air garam Epsom yang aman untuk ibu hamil?

Untuk meraup semua manfaat mandi air garam Epsom tersebut, segera isi bak mandi Anda dengan air hangat. Masukkan dua cangkir atau setara 480 gram garam Epsom dan tunggu beberapa saat sampai garamnya larut.

Jangan lama-lama berendam air hangat, cukup rendam tubuh Anda selama 12-15 menit saja sembari memijat-mijat bagian tubuh yang pegal. Anda juga bisa meminta bantuan suami atau orang lain untuk memijat pundak atau bagian tubuh lainnya yang sulit dijangkau. Biarkan kandungan garam Epsom meresap ke kulit dan rasakan sendiri manfaatnya.

Baca Juga:

Sumber
Pantau Perkembangan Janin Anda Dapatkan update mingguan di email Anda
untuk memantau perkembangan janin dalam kandungan.
Error message goes here
Pantau Bayi Saya
Tak tahu kapan akan melahirkan? Hitung di sini! *Dengan mendaftar, saya setuju dengan Syarat & Ketentuan Hello Sehat.
Anda hamil [num] minggu! Kami siap memandu Anda dalam perjalanan sebagai orangtua. Email pertama untuk Anda akan segera dikirim. Silakan klik tautan yang sudah kami kirim ke email Anda sebagai konfirmasi bahwa alamat email Anda sudah benar.
Sebelum mulai, silakan baca ini dulu:
Kapan hari pertama menstruasi terakhir Anda?
Hitung!
Error message goes here
Anda hamil [num] minggu! Perkiraan Melahirkan: [num] Dapatkan info setiap hari, sesuai dengan kebutuhan pribadi Anda dan bayi.
Error message goes here
Pantau sekarang!
Hitung ulang!
Yang juga perlu Anda baca