Apa yang Akan Terjadi Jika Tubuh Ibu Terlalu Kurus Sebelum Hamil?

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 25 November 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Apakah berat badan Anda sudah dalam rentang normal? Jika Anda ingin hamil, berat badan menjadi suatu hal yang harus Anda persiapkan. Berat badan normal sebelum hamil dapat meningkatkan peluang Anda untuk memiliki kehamilan yang sehat. Namun, jika berat badan Anda gemuk atau kurus sebelum hamil, komplikasi saat kehamilan bisa saja terjadi. Hal ini tidak hanya berdampak buruk bagi Anda, tetapi juga calon bayi Anda.

Pentingnya berat badan sebelum hamil

Tidak hanya berdampak buruk bagi kehamilan Anda, berat badan sebelum hamil juga dapat memengaruhi kesuburan Anda. Menurut National Institutes of Health, mempunyai berat badan kurang, kelebihan berat badan, atau obesitas dapat meningkatkan risiko ketidaksuburan.

Berat badan sebelum hamil juga menentukan berapa berat badan yang harus Anda capai saat hamil agar Anda mempunyai kehamilan yang sehat. Jika Anda memiliki tubuh kurus sebelum hamil, artinya Anda harus meningkatkan berat badan Anda saat hamil lebih banyak. Namun, ini bukanlah suatu hal yang mudah, terlebih jika Anda mengalami masalah saat hamil, seperti morning sickness atau hiperemesis gravidarum.

Oleh karena itu, disarankan bagi Anda untuk mempersiapkan tubuh Anda terlebih dahulu sebelum hamil agar Anda lebih mungkin memiliki kehamilan yang sehat. Salah satunya yaitu dengan cara mendapatkan berat badan normal Anda. Anda dikatakan mempunyai berat badan normal jika Anda memiliki Indeks Massa Tubuh (IMT) sebesar 18,5-24,9.

Bagaimana jika memiliki tubuh kurus saat hamil?

Mempunyai berat badan kurang atau kurus sebelum hamil membuat Anda cenderung tetap kurus saat hamil. Berat badan kurang saat hamil tentu dapat berdampak pada kehamilan Anda. Jika Anda mempunyai berat badan kurang saat mulai hamil atau jika Anda tidak berhasil menaikkan cukup berat badan saat hamil, Anda akan berisiko lebih besar untuk mempunyai kelahiran prematur dan janin lebih kecil dari usia kehamilan (small for gestational age/ SGA). Pada  akhirnya, Anda akan melahirkan bayi dengan berat badan lahir rendah (BBLR).

Hal tersebut dapat menempatkan bayi pada sejumlah masalah. BBLR dapat meningkatkan risiko bayi Anda untuk meninggal dunia setelah dilahirkan. Sebuah penelitian dari University of Maryland School of Public Health tahun 2013 menunjukkan bahwa wanita yang tidak cukup menaikkan berat badannya selama kehamilan mempunyai risiko lebih tinggi untuk kehilangan bayinya pada satu tahun pertama kehidupan. Penelitian ini meneliti tentang hubungan antara kenaikan berat badan ibu saat hamil, IMT ibu sebelum hamil dan selama kehamilan, serta angka kematian bayi.

Tidak hanya itu, bayi BBLR juga dapat meningkatkan risiko masalah nutrisi dan perkembangan di awal-awal kehidupannya. Hal ini kemudian dapat meningkatkan risiko kesehatan di masa dewasanya, seperti obesitas, diabetes, dan penyakit jantung. Semakin kecil berat bayi yang lahir, maka risiko bayi mengalami masalah kesehatan di kehidupannya kelak juga semakin besar.

Apa yang harus dilakukan jika punya tubuh kurus sebelum hamil?

Yang harus dilakukan adalah menaikkan berat badan Anda sampai mencapai berat badan normal (cek menggunakan IMT) sebelum hamil. Ini dapat dilakukan dengan cara meningkatkan asupan makan Anda, dengan memerhatikan makanan bergizi seimbang tentunya.

Jika Anda sudah terlanjur hamil tapi berat badan Anda masih kurang, maka Anda harus berusaha menaikkan berat badan Anda lebih banyak selama kehamilan. Ini membantu untuk mencegah berbagai komplikasi yang bisa ditimbulkan akibat berat badan kurang selama kehamilan. Jika Anda mempunyai berat badan kurang sebelum hamil (IMT kurang dari 18,5), Anda harus menaikkan berat badan selama kehamilan sebesar 13-18 kg.

Kalkulator Hari Perkiraan Lahir

Kalkulator ini dapat memperkirakan kapan hari persalinan Anda.

Cek HPL di Sini
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Risiko yang Mungkin Terjadi Jika Ibu Bertubuh Gemuk Sebelum Hamil

Salah satu hal yang harus Anda persiapkan sebelum hamil adalah berat badan. Bagaimana jika saya mempunyai tubuh yang gemuk sebelum hamil? Apa akibatnya?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Masalah Kehamilan, Kehamilan & Kandungan, Kehamilan 8 Mei 2017 . Waktu baca 4 menit

Apa yang Terjadi Kalau Ibu Hamil Kelebihan Berat Badan?

Ibu dengan kelebihan berat badan saat hamil memang berisiko mengalami berbagai gangguan kehamilan. Bagaimana kalau ibu sudah gemuk sejak sebelum hamil?

Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Masalah Kehamilan, Kehamilan & Kandungan, Kehamilan 10 Januari 2017 . Waktu baca 4 menit

9 Resep Jus dan Smoothies untuk Menambah Kesuburan

Sedang berusaha punya anak? Persiapkan tubuh Anda dengan nutrisi yang terkandung di dalam jus dan smoothis ini untuk menambah kesuburan.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Program Hamil, Kesuburan, Kehamilan 7 Desember 2016 . Waktu baca 8 menit

Seberapa Penting Konsumsi Suplemen untuk Ibu Hamil?

Suplemen untuk ibu hamil sering kali menjadi solusi untuk menambah nutrisi yang dibutuhkan ibu dan janin. Namun, apakah semua ibu hamil memerlukannya?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Riska Herliafifah
Prenatal, Kehamilan & Kandungan, Kehamilan 27 Oktober 2016 . Waktu baca 7 menit

Direkomendasikan untuk Anda

diet untuk ibu hamil

Bolehkah Ibu Menjalani Diet Saat Hamil?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Dipublikasikan tanggal: 19 Agustus 2020 . Waktu baca 8 menit
radang gusi menyebabkan BBLR

Radang Gusi Saat Hamil Tidak Diobati, Benarkah Meningkatkan Risiko BBLR?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Dipublikasikan tanggal: 19 Januari 2020 . Waktu baca 4 menit
berat badan ideal hamil

5 Tips Mencapai Berat Badan Ideal Agar Dapat Hamil dengan Aman

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Diah Ayu
Dipublikasikan tanggal: 25 Agustus 2019 . Waktu baca 4 menit
makanan agar cepat hamil / makanan penyubur kandungan

Panduan Memilih Makanan Agar Cepat Hamil

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Annisa Hapsari
Dipublikasikan tanggal: 7 Maret 2018 . Waktu baca 15 menit